Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial
Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

Di zaman digital saat ini banyak media sosial (medsos) banyak muncul. Media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twtter, YouTube, sampai LinkedIn pasti punyai peranan positif kita, terhitung Anda. Salah satunya imbas positif dari pemakaian media sosial untuk membuat sebuah personal branding.

Saat sebelum mengulas Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial , cari tahu dahulu apakah arti dari personal branding. Menurut Wikipedia, personal branding ialah proses di mana beberapa orang dan profesi mereka berlaku seperti sebuah produk. Personal branding sering dihubungkan dengan kesuksesannya profesi seorang. “Personal Branding ialah langkah dan proses kita pasarkan diri ke seseorang atau komune sebagai sasaran kita.”

Gelombang medsos semakin kuat. Tiap hari tidak terlepas dari yang bernama medsos. Up-date status, posting photo, video, atau content menarik lain tidak cuma untuk keberadaan semata-mata, tetapi juga membuat personal branding. Sekarang penilaian seseorang pada individu seorang didasari pada sikap mereka di medsos.

Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial
Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

Tidak perduli apa tipe sektor profesi yang Anda jalani atau sedang dirintis, kedatangan Anda di beberapa medsos sangatlah penting untuk menebarkan pesan ke orang lain mengenai siapa diri kamu. Jika kamu berasa kegiatan share, menyenangi atau ikuti suatu hal di medsos tidak begitu penting, karena itu bersiap untuk duduk dan nikmati beberapa ribu bahkan juga orang di luaran sana yang sukses memperoleh perhatian dari pihak lain disekelilingnya.

Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

1. Pakai Nama yang Sama untuk Semua Sosial Media

Di medsos, Anda bisa menggambarkan siapa diri Anda yang sebetulnya. Pakai info dan photo asli Anda. Tidak boleh memakai beberapa nama yang bukan info diri Anda, seperti memakai nama dan photo aktris. Pemakaian nama yang serupa ini berlaku untuk semuanya media sosial yang Anda punyai, supaya tiap orang yang ingin cari info mengenai Anda di Facebook, YouTube, Twitter, Instagram, atau LinkedIn lebih gampang diketemukan. Dengan lakukan cara ini saja, Anda telah lakukan personal branding untuk nama Anda sendiri.

Baca Juga  Panduan untuk Brand yang ingin bekerja sama dengan konten kreator

2. Mengupdate Profile Sosial Media Secara Periodik

Yakinkan Anda selalu mengupdate profile di medsos, apa itu deskripsi, biografi, atau photo profile. Profile yang up todate mempunyai peluang semakin besar akan disaksikan seseorang. Dengan mengupdate profile media sosial secara periodik, Anda pun membuat percaya seseorang jika account yang Anda urus ialah betul-betul merek Anda sendiri dan bukan diatur oleh faksi lain.

3. Temukan dan Posting Content Sama sesuai Passion

Makin banyak Anda ponsting content di media sosial, makin banyak juga orang yang hendak mengenal diri Anda. Tapi ada banyak hal yang harus diingat, tidak seluruhnya media sosial mengiizinkan pemakainnya untuk posting dengan jumlah banyak dalam kurun waktu bersisihan.

Sebutlah saja Facebook. Anda tidak bisa up-date status dalam saat yang bersisihan seperti Twitter. Yakinkan Anda publish di media sosial dan waktu yang akurat. Dapatkan lebih dulu spirit Anda apa, dan ingin dikenali sebagai apa? Traveller, diagram designer, pengulas? Upload suatu hal yang terkait dengan bakat dan minat Anda.

4. Tergabung dalam Group atau Komunitas

Komune adalah tempat mengangsu dan membagi pengetahuan yang telah Anda punyai. Tergabung dengan komune atau group yang mempunyai misi sama dengan Anda, pasti menambahkan wacana dan meluaskan jaringan Anda. Yakinkan Anda kerap ajukan pertanyaan dalam group itu supaya beberapa orang ketahui talenta dan personal Anda.

Kerjakan hubungan sebanyak-banyaknya dengan beberapa orang yang punyai misi serta visi yang serupa dengan Anda. Coba kadang-kadang untuk sekedar “say hi” ke beberapa orang, khususnya yang Anda kira sebagai role mode di medsos. Kemungkinan besar mereka akan menyaksikan profile Anda dan mereferensikan diri Anda pada orang lain.

Baca Juga  Trik Cepat Mempelajari Facebook Ads

5. Pilih Media yang Tepat

Bila Anda telah tahu spirit apa, saat ini waktunya pilih media yang pas untuk mengangkat personal branding Anda. Sebagai contoh Anda seorang photografer, karena itu media yang pas untuk Anda ialah Instagram dan Tumbler. Beberapa media lain, seperti Twitter, Website, dan Google+ bermanfaat untuk lakukan promo dan beberapa hasil photo yang sudah diupload ke Instagram. Yakinkan Anda memakai tiap media sosial sesuai jatahnya masing-masing.

6. Ikuti Akun-akun yang Bermanfaat

Langkah lain membuat personal branding di medsos, dengan ikuti akun-akun yang bermanfaat yang sesuai karakter Anda. Jika Anda sukai menulis mengenai keuangan, selainnya Anda ikuti account informasi dalam atau luar negeri, Anda bisa juga follow account lembaga yang berkaitan, seperti Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, Kewenangan Jasa Keuangan (OJK), dan account lain yang hendak memberikan dukungan personal pernyataan Anda.

7. Meminta Testimoni dari Orang yang Anda Kenal

Di LinkedIn, Anda tidak cuma bisa share mengenai beberapa hal yang Anda meminati, menerangkan dengan detil diri Anda, terhitung pengalaman bekerja, dan yang lain untuk memberikan dukungan profesi Anda. Dalam pemakaian medsos itu, Anda bisa minta referensi kemampuan dari beberapa orang yang mengenal mengenal Anda dan tersambung keduanya.

Testimoni ini dapat ditambahkan pada bagian profile. Referensi itu menjadi rekomendasi yang bisa dibaca jaringan atau orang yang lain berkunjung LinkedIn Anda, hingga memberikan keyakinan pada diri Anda.