Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Liputanberitaku.com — Flasdisk tidak bisa dibaca di saat dibutuhkan pasti membuat cemas. Apa lagi jika didalamnya ada file penting. Jangan panik, berikut ini kami megulas cara mengatasi flashdisk tidak terbaca. Flashdisk atau yang dapat dikenal juga dengan USB Flash Drive ialah sebuah alat untuk simpan document penting. Ukuran mulai yang imut dengan berat yang enteng jadikan alat ini lebih banyak dihandalkan sampai sekarang untuk simpan data.

Sayangnya, alat penyimpanan document yang ini rawan terserang virus atau hancur. Lebih apesnya kembali, bila dia tidak dapat terbuka walau sebenarnya ada file utama di dalamnya. Ada beragam cara mengatasi flashdisk tidak terbaca

 

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

1. Cek Port USB pada Laptop

Sambungkan flashdisk ke port USB di netbook. Ada peluang port USB pada computer sedang memiliki masalah. Hingga tidak bisa membaca flashdisk. Anda dapat menyambungkan flashdisk ke port USB yang lain berada di netbook itu, atau memeriksa flashdisk dengan menyambungkan pada individual komputer (PC) yang lain. Bila langkah ini sukses di piranti lain, karena itu port USB yang berada di netbook kamu hancur atau piranti sedang memiliki masalah. Saat sebelum menyambungkan flashdisk, yakinkan jika port betul-betul bersih dan terbebas dari debu. Menjaga port USB Anda supaya tidak kendur atau bisa digerakkan ke atas dan ke bawah.

2. Periksa Kondisi Flashdisk

Selainnya memeriksa port USB, langkah yang selanjutnya ialah memeriksa flashdisk. Anda dapat menyambungkan flashdisk lain ke port USB yang berada di PC. Bila flashdisk lain sukses bisa dibaca tetapi flashdisk Anda tidak, ada peluang flashdisk Anda yang alami kerusakan.

3. Gunakan Disk Management Tool

Langkah yang setelah itu penyekenan atau scanning flashdisk memakai Disk Manajemen Tool. Langkah ini mempunyai tujuan untuk membenahi flashdisk yang alami kerusakan. Bila memang diketemukan kerusakan atau ada virus, secara automatis Windows akan lakukan rekondisi atau pembaruan pada flashdisk.

Pertama kali, sambungkan flashdisk pada port USB PC/netbook. Click kanan pada lambang Windows dan tentukan Disk Manajemen. Tentukan disk flashdisk kamu lalu click kanan. Sesudah kamu click kanan, tentukan Properties lalu nantikan sampai ada tab baru. Click Tools dan tentukan feature Cek. Click Scan and Repair Drive dan nantikan sampai usai. Coba sambungkan flashdisk Anda sesudah memakai langkah ini.

4. Buka Flashdisk dengan Device Manager

Disamping itu, Anda bisa juga memeriksa flashdisk dengan Piranti Manajer. Langkah ini dapat dilaksanakan bila PC/netbook dapat membaca flashdisk Anda tapi file yang ada tidak dapat dibaca. Triknya, mencari Piranti Manajer di penelusuran yang berada di Windows atau juga bisa dengan tekan “Windows + X”, selanjutnya tentukan Piranti Manajer. Sesudah buka Piranti Manajer, click Disk Drivers. Mencari drive flashdisk lalu uninstall drive flashdisk itu. Paling akhir, tentukan Scan for Hardware Changes untuk mengupdate peralihan di drive. Re-start PC/netbook kamu dan coba sambungkan flashdisk-nya kembali.

5. Ketahui Status Flashdisk dengan Command Prompt

Pertama, click simbol Windows lalu tulis command prompt. Jika sudah ada tab jendela hitam, tulis chkdsk G:. Anda harus mengganti huruf G dengan huruf yang sesuai drive flashdisk kamu, misalkan F, H dan yang lain. Selanjutnya, pencet enter dan saksikan apa yang diperlihatkan oleh command prompt. Bila flashdisk kamu memiliki masalah, bakal ada pernyataan jika Windows mendapati error dan lain-lain.

6. Format Flashdisk dengan Disk Management

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca ini memang termasuk berlebihan karena Anda akan kehilangan file dalam flashdisk. Tetapi menjadi langkah yang efisien sebab bisa saja virus yang menyebabkan tidak terbacanya flashdisk. Pertama, click Windows + X atau mencari Disk Manajemen di penelusuran Windows.

Ke-2 , tentukan lokasi flashdisk yang hendak diformat. Click kanan pada drive itu lalu tentukan pola. Anda akan diperingatkan mengenai flashdisk bila pilih pola, tentukan “Yes” lalu nantikan proses pola sampai usai. Sesudah diformat coba kembali untuk memakai flashdisk itu.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca, semoga bermanfaat