Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur
Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur

Liputanberitaku.com — Ternak burung parkit banyak disukai oleh beberapa orang karena kicauannya yang merdu, desain badan yang unik dan imut, dan warna gabungan bulu-bulu yang elok. Karena jumlahnya yang menyenangi burung parkit jadikan sebagian orang lakukan wirausaha di bidang ternak parkit.

Tetapi, banyak peternak yang mengeluhkan bahwa burung parkit yang dimilikinya sulit sekali untuk bertelut. Oleh karenanya sebelum memulai ternak burung parkit, sebaiknya kamu ketahui beberapa hal yang perlu didalami agar burung parkit kamu dapat cepat bertelur dan cepat menghasilkan beberapa pundi rupiah.

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur

Berikut ialah cara bertenak burung parkit yang perlu kalian kenali saat sebelum betul-betul masuk ke dunia ternak parkit, agar burung parkit cepat bertelur :

1. Memastikan Parkit yang diternakan Jantan dan Betina

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur yang pertama adalah memastikan jenis kelamin burung parkit jantan dan betina. Biasanya dipasar burung bisa kita temui burung parkit yang dipasarkan secara berpasangan. Hal itu banyak menarik sebagian orang untuk berternak burung parkit. Tetapi sesudah lama dipiara tidak juga bertelur.

Ternyata penyebabnya karena burung parkityang kamu piara mempunyai tipe kelamin yang serupa.Oleh karenanya pastikan terlebih dahulu burung parkit yang dipiara ialah jantan dan betina.

2. Pilih Parkit yang Cukup Umur

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur berikutnya adalah parkit yang akan diternak harus cukup umur. Ada banyak hal yang perlu jadi perhatian saat sebelum lakukan ternak burung parkit, satu diantaranya harus tahu apa burung parkit yang kamu membeli cukup usia untuk lakukan perkawinan atau memang belum agar tidak sedih diakhit karena burung yang kamu membeli tidak juga bertelur.

Burung parkit yang siap untuk berproduksiyaitu berumur di atas delapan bulan, diikuti dengan pola bulu-bulu yang lain di antara parkit dewasa dan parkit muda disamping itu peralihan warna pada pangkal hidung/cere.

3. Memudahkan Burung Parkit Beradaptasi dengan Kandang

Karena burung parkit ialah burung yang mudah mengalami stress, maka pemilik harus usaha untuk membahagiakan burung parkit kepunyaannya. Saat burung parkit alami stress umumnya burung tidak mau berkawin hingga sulit sekali untuk bertelur.

Salah satunya cara untuk menangani stress pada burung yakni dengan mempersiapkan kandang yang bersih, kandang yang lumayan luas, dan selalu bersihkan kandang dengan teratur.

4. Membuat Kandang Jauh dari Jangkauan Hewan Lain

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur selanjutnya adalah dengan cara membuat kandang jauh dari jangkauan hewan lain. untuk menghindari stress yang terjadi pada burung parkit, kamu harus juga menbuat kandang yang jauh dari capaian hewan lain khususnya dari predator yang dapat memakan burung parkit kamu. Jika kamu tempatkan kandang jauh dengan hewan lain, burung parkit kamu semakin lebih rileks dan nyaman hingga burung akan gampang kawin dan bertelur.

5. Membuat Kandang yang Memiliki Sirkulasi Udara Cukup

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur selanjutnya adalah membuat kandang dengan sirkulasi yang cukup. Agar burung parkit mendapatkan udara yang fresh dan cukup, kandang harus ditaruh di lokasi yang cukup udara tidak lembab atau sesak dan harus mempunyai perputaran udara yang cukup. Udara yang sehat dan fresh bisa jaga kesehatan dan jaga keadaan mental burung. Bila keadaan burung fit, proses perkawinan akan berjalan mulus.

6. Menempatkan Kandang di Lokasi yang Terkena Sinar Matahari

Cahaya matahari yang bagus untuk kesehatan burung parkit yakni jam 06.00 sampai 10.00. jadi yakinkan kandang untuk burung parkit ditaruh di lokasi yang terserang oleh cahaya matahari langsung. Jika burung memperoleh cahaya matahari cukup, burung semakin lebih sehat siap untuk kawin dan bertelur.

7. Ukuran Kandang yang Disesuaikan dengan Jumlah dan Besar Burung

Kandang burung yang sempit bisa membuat burung jadi stress, karena ruangan gerak yang terbatas dan udara yang ada kurang hingga membuat burung parkit sulit bernapas. Saat kondisi itu didiamkan, burung parkit akan sulit bertelur karena tidak ingin lakukan perkawinan.

8. Memberi Obat Penghilang Stress

Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur adalah dengan cara memberi obat anti stress. jika burung parkit kamu alami stress, beri obat pembasmi stress. Obat pembasmi stress ini bisa kamu beli ke pasar atau toko burung paling dekat. Harga obat ini cukup bervariatif,kamu tinggal keadaankan saja sesuai keperluan.

Cara memakainya dengan menambahkan obat stress itu ke air seperlunya dan diminumkan ke burung.Cukup beri obat stress saat burung parkit kamu alami stress ataupun waktu pertama penyesuaian dengan kandang, tidak boleh sering.

9. Memberi Pakan Tauge

Kandungan protein dalam tauge bisa menolong perkembangan burung parkit, khususnya menolong dalam periode perkawinan. Selama saat perkawinan burung parkit perlu gizi yang cukup khususnya protein, agar bisa hasilkan telur yang berkualitas dan telur bisa menetas dengan prima.

Pakan tauge bisa diberi dalam satu minggu dua barangkali sebagai makanan rutinnya. Untuk menghindar kebosenan makan yang itu melulu, kamu dapat menyisipnya dengan makanan yang lain memiliki kandungan protein dan gizi yang lain.

10. Memberikan Pakan Kangkung

Selainnya tauge, kangkung memiliki kandungan perotein yang lumayan tinggi untuk periode perkembangan dan menolong periode perkawinan burung parkit. Agar hasilkan telur yang berkualitas baik dan saat menetas hasilkan anakan yang sehat. Tauge dan kangkung dapat kamu beri secara berganti-gantian agar burung parkit kamu tidak berasa bosen.

11. Memberikan Pakan Jagung Muda

Faedah pakan jagung muda sama dengan tauge dan kangkung untuk penuhi keperluan protein yang dibutuhkan oleh burung parkit pada proses perkembangan dan periode perkawinan. Jagung muda bisa kamu beri ke burung parkit satu minggu 2x, sama dengan tauge dan kangkung. Sehari bekasnya dapat kamu gabungkan ke-3 pakan itu sehari sekalian.

12. Memberikan Larutan Gula Merah

Agar burung parkit gampang untuk hamil, karena itu burung parkit membutuhkan tenaga yang besar untuk lakukan kawin. Burung parkit yang mempunyai tenaga kurang kuat umumnya tidak ingin untuk lakukan perwainan.

Ramuan menambah tenaga untuk burung parkit yakni berbentuk kombinasi air dan gula merah.Tidak boleh terlalu sering memberi ramuan menambah tenaga ini, cukup memberinya saat burung parkit kamu kelihatan tidak semangat, kurang bertenaga dan cenderung menjauhi dari lawan jenisnya.

13. Memberikan Pelet yang Dicampur Tumbukan Daun Kemangi

Cara lain untuk membuat burung parkit bertenaga saat lakukan perkawinan yakni dengan memberi pakan pelet yang digabung dengan tumbukan daun kemangi.Bisa dipastikan burung parkit kamu akan mempunyai tenaga yang besar dan siap untuk lakukan perkawinan setiap waktu.

Itulah beberapa Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur yang harus kamu kenali saat sebelum lakukan ternak burung parkit, supaya burung parkit kamu cepat bertelur. Mudah-mudahan bisa membantu kalian yang hendak lakukan ternak parkit. Sampai jumpa di artikel seterusnya dan terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel saya ini.

 

 

web counters