Cara Bikin Pakan Ternak Sapi

Cara Bikin Pakan Ternak Sapi

Liputanberitaku.com — Masih ingatkah anda saat Indonesia sempat dirundung krisis daging sapi di kuartal ke-3 tahun 2015 kemarin. Saat itu harga daging sapi naik dengan benar-benar tajam menyentuh hampir angka 120 ribu rupiah per kg. Warga yang di saat itu akan menyambut Hari Raya Idul Adha sempat ketar-ketir dengan keadaaan itu. Untungnya pemerintahan langsung memberi beberapa langkah antisipatif hingga harga daging sapi tidak terus-terusan naik. Nah pada artikel kali ini Liputanberitaku.com akan mengulas tentang Cara Bikin Pakan Ternak Sapi, yuk simak sampai habis.

Untuk menghasilkan sapi-sapi yang berkualitas beberapa peternak sapi selalu memberi pakan ternak sapi yang telah mempunyai standarisasi tertentu. Umumnya beberapa peternak sapi telah mempunyai tempat jual pakan ternak sapi yang jadi berlangganan. Tetapi ada banyak peternak yang jalankan cara beternak yang konservatif. Ya, mereka bukan hanya menternakan sapinya saja tapi juga membuat pakan ternaknya di antara aktivitas mereka

Ada tiga Cara Bikin Pakan Ternak Sapi yang dapat dilakukan dengan seorang peternak untuk membuat pakan ternak yang berkualitas. Salah satunya ialah seperti berikut :

Cara Bikin Pakan Ternak Sapi

Pakan Dalam Bentuk Konsentrat

Pakan ini sebagai pakan ternak sapi yang campurannya paling kompleks dibanding dengan tipe pakan ternak sapi lainnya. Pakan berbentuk ekstrak ini mempunyai gizi yang tinggi sekali hingga sapi, domba atau kambing yang diternak sehat dengan alami. Saat sebelum saya menerangkan formasi dari ekstrak yang umumnya dipakai sebagai pakan penggemuk sapi, saya akan menerangkan perbedaan pemberian pakan hijau dengan ekstrak. Perbedaan pemberian pakan hijau dengan pakan ekstrak ialah 30% : 70%. Untuk kawan-kawan yang belum ketahui apakah itu pakan hijau, pakan hijau ialah pakan ternak yang dari peragian atau amoniasi jerami padi. Nach, berikut ini ialah kombinasi dari konsentrak untuk pakan ternak sapi :

Dedak atau Tangkai Rumbia

Dedak yang dipakai untuk bahan ekstrak prosentasenya sejumlah 70%-75% dari prosentase keseluruhnya ekstrak. Pemberian dedak atau bekatul dalam ekstrak sebagai sisi dari pemberian serat kasar dalam pakan ternak. Pemakaian dedak dalam ekstrak dapat diganti berbahan yang lain pun tidak kalah bagusnya yakni tangkai rumbia. Pemakaian tangkai rumbia untuk ekstrak karena tangkai rumbia mempunyai kandungan sagu didalamnya. Disamping itu tangkai rumbia mempunyai harga yang tidak begitu mahal bila dibanding dengan dedak.

Bungkil Kelapa

Komposisi yang dipakai untuk menambah bungkil kelapa dengan ekstrak yang lain sejumlah 10-15%. Bungkil kelapa sebagai hasil tersisa pemerasan minyak kelapa yang didapat dari daging kelapa yang sudah dikeringkan lebih dulu. Bungkil kelapa ini berperan sebagai protein.

Jagung Giling

Komposisi jagung giling mempunyai peranan sebagai lemak kasar yang tidak ada pada dedak atau tangkai rumbia. Besaran formasi yang dipakai untuk menambah jagung giling ke ekstrak sejumlah 8%-10%.

Tepung Tulang

Komposisi yang dipakai untuk pencampuran ekstrak sejumlah 2%-5%. Tepung tulang ini berperan sebagai kalsium dan menambah protein.

Pakan Hijau

Yang diartikan dengan pakan hijau ialah pakan yang berasal dan dengan bahan dasar dari jerami padi. Sistem pembikinan pakan hijau ini ada banyak cara tetapi pada artikel ini yang hendak disentil cuman 2 sistem saja, yakni :

Pakan Ternak Fermentasi Jerami

Cara Bikin Pakan Ternak Sapi ini betul-betul serupa dengan pembikinan tape. Ya, jerami padi yang dipakai sebagai pakan ternak difermentasikan dengan memakai ragi atau rumen. Cara mempersiapkannya dengan :

  1. Persiapkan jerami selanjutnya sebar ke arah tempat yang sudah disiapkan
  2. Pijakk Jerami selanjutnya padatkan dengan cara dipijak-pijak
  3. Kerjakan penyiraman sampai jerami basah
  4. Taburi starbio di atas timbunan jerami padi yang telah basah sampai rata bila anda memakai remi yang ditambahkan air samakan dengan ukurannya lebih dulu baru disiramkan ke atas timbunan jerami.
  5. Kerjakan proses yang serupa sampai jerami habis.
  6. Tutup timbunan jerami dengan memakai plastik atau terpal
  7. tahap selanjutnya biarkan sepanjang 2-3 minggu
  8. Sesudah 2-3 minggu didiamkan, angin-anginkan lebih dulu saat sebelum dipakai.

Pakan Ternak Straw Mix

Pakan Ternak Straw Mix akan membantu anda saat musim kemarau datang dan pakan hijau seperti jerami padi akan susah untuk didapatkan. Straw Mix ialah cara yang terbaik dipakai untuk musim-musim itu. Triknya yakni dengan menambah jerami dengan tetes dan ekstrak agar kandungan nutrisi yang diperlukan oleh sapi, kambing dan domba dapat tercukupi secara baik.

Cara Bikin Pakan Ternak Sapi :

  1. Potong jerami jadi beberapa bagian kecil dan memakai pisau potong
  2. Masukan jerami ke ember
  3. Masukan tetes campur dengan jerami sampai teraduk rata
  4. Tambah ekstrak ke ember, aduk juga secara rata
  5. Pakan ternak straw mix bisa diberi langsung pada ternak.

Demikian artikel tentang Cara Bikin Pakan Ternak Sapi Favorit, semoga bermanfaat bagi sobat liputan semuanya, terimakasih