Tips merawat rambut kering dan rusak
Tips merawat rambut kering dan rusak

Tips merawat rambut kering dan rusak

Tips merawat rambut kering dan rusak

Liputanberitaku.com — Ada bermacam Tips merawat rambut kering dan rusak yang dapat dilakukan. Dengan mengaplikasikan perawatan yang pas, rambut bisa jadi lebih gampang ditata dan terlihat lebih sehat.

Untuk menangani rambut kering dan mengembang, Anda harus mendapati shampo dan conditioner yang tepat. Disamping itu, Anda bisa memakai beberapa bahan perawatan rambut alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, untuk membikin rambut jadi lebih lembap dan gampang ditata.

Tips merawat rambut kering dan rusak

Penyebab Rambut Kering dan rusak

Rambut kering terjadi saat kulit kepala tidak bisa menghasilkan minyak yang cukup buat melembapkan rambut, atau rambut kehilangan kelembapannya karena kerusakan kutikula (susunan perlindungan rambut).

Disamping itu, beberapa hal ini bisa mengakibatkan rambut jadi kering dan megar:

  • Sering mencuci rambut atau memakai sampo berbahan kimia
  • Kebiasaan mengeringkan rambut dengan blow.
  • Kerap melakukan styling memakai pelurus rambut atau pengeriting rambut.
  • Membiarkan rambut terkena cahaya matahari, angin, dan udara yang kering tanpa perlindungan yang cukup.
  • Kerap melakukan perawatan rambut yang memakai bahan kimia, seperti pewarnaan, pengeritingan, atau pelurusan rambut secara tetap.

Tips merawat rambut kering dan rusak

Berikut ialah Tips merawat rambut kering dan rusak, diantaranya:

1. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Tips merawat rambut kering dan rusak yang pertama adalah jangan mencuci rambut terlalu sering. Untuk Anda yang mempunyai rambut kering dan megar, jauhi membersihkan rambut tiap hari karena rutinitas ini malah bisa membuat rambut semakin bertambah kering dan hancur. Sebaiknya anda membersihkan rambut 1-2 kali dalam satu minggu, atau mencucinya saat rambut telah terasa kotor.

2. Gunakan sampo yang tepat

Tips merawat rambut kering dan rusak berikutnya adalah pilihlah shampo yang tepat. Saat keramas, pakai shampo yang sesuai tipe rambut, dan dalam masalah ini ialah shampo yang dibikin khusus untuk menangani rambut kering dan megar. Buat menjaga kelembapan dan kandungan air di kulit kepala, Anda dapat pilih shampo yang memiliki kandungan dimethicone.

Perlu Anda kenali jika salah satunya penyebab berlangsungnya rambut kering ialah kulit kepala yang kering. Keadaan ini kuat diakitkan dengan timbulnya ketombe. Untuk menghindar atau menanganinyanya, Anda dapat pilih shampo yang mengandung cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone.

Anda bisa juga pilih shampo yang memiliki kandungan zinc pyrithione dan mentol. Selainnya dapat menahan dan menangani ketombe, ke-2 kandungan ini berguna untuk kurangi rasa gatal, mengurangi minyak berlebihan di kulit kepala yang bisa mengakibatkan ketombe basah, dan memberi kesan menyegarkan di kulit kepala.

3. Gunakan kondisioner sesudah keramas

Tips merawat rambut kering dan rusak berikutnya adalah menggunakan conditioner sesudah keramas. Pakailah conditioner sesudah bersihkan rambut dengan shampo. Conditioner bisa membuat kultikula rambut masih tetap sehat dan jaga kandungan minyak alami di rambut Anda. Disamping itu, conditioner dapat membuat rambut jadi lembap serta lebih sehat.

4. Oleskan minyak alami

Disamping memakai conditioner, Anda bisa juga memoleskan minyak berbahan alami ke rambut yang kering dan megar. Minyak zaitun sebagai salah satunya minyak alami yang dapat menjaga kelembapan rambut, dan menghaluskan dan perkuat rambut sampai ke akarnya.

Selainnya minyak zaitun, Anda dapat manfaatkan minyak kelapa untuk menangani rambut kering dan megar. Minyak kelapa dipercaya bisa melembapkan rambut sekalian membuat perlindungan rambut dari kerusakan.

5. Beri perlindungan yang cukup buat rambut

Jagalah rambut Anda dari panas dan pancaran cahaya matahari kelamaan. Bila cuaca sedang panas, pakailah topi saat Anda melakukan aktivitas di luar ruang. Anda bisa juga memakai penutup kepala saat mandi atau saat berenang di kolam renang atau laut, membuat perlindungan rambut Anda dari klorin dan air garam.

6. Batasi penggunaan alat styling rambut

Tips merawat rambut kering dan rusak berikutnya adalah dengan membatasi penggunaa alat styling pada rambut, Untuk menangani dan menahan rambut kering dan megar, Anda dianjurkan untuk batasi pemakaian alat styling rambut, seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang memberi panas ke rambut. Pemakaian alat styling rambut yang sering bisa menghancurkan rambut Anda, lho.

7. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga merupakan Tips merawat rambut kering dan rusak. Tidak hanya lakukan perawatan di luar, Anda harus juga menjaga rambut dari dalam, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, misalkan ikan salmon. Konsumsi ikan salmon bisa menolong membuat rambut lebih sehat dan bercahaya. Disamping itu, Anda dapat konsumsi sayur bayam untuk menangani rambut yang ringkih, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Cobalah bermacam Tips merawat rambut kering dan rusak di atas untuk menangani rambut kering dan mengembang. Tetapi bila masalah rambut kering ini tidak juga terselesaikan, tanyakan ke dokter spesialis supaya dapat diketahui penyebabnya dan diberi penanganan yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

web counters