Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat — Cara mengatasi wajah berminyak penting dilakukan agar produksi sebum dapat terkendali dan kelembapan kulit terjaga. Cara mengatasi kulit berminyak adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara mengatasi wajah berminyak sangat penting dilakukan agar produksi sebum dapat terkontrol serta kelembapan kulit tetap terjaga. Kulit berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Maka dari itu, cara mengatasi kulit berminyak tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Produksi sekomedo, hingga jerawat. Sebum adalah komponen yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di bawah kulit dan berfungsi ubum yang berlebih bisa menjadi penyebab kulit berminyak dan berujung pada kulit kusam, pori-pori tersumbat, ntuk melembapkan kulit.

Namun, jangan menganggap sebum adalah musuh kulit berminyak karena sebum ternyata juga bermanfaat untuk melembapkan kulit.

Jadi, perhatikan cara merawat wajah berminyak agar produksi sebum dapat terkontrol serta untuk mencegah jerawat muncul.

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat
Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya jika dilakukan secara berlebihan atau tidak tepat, kulit wajah bisa menjadi kering, iritasi, bahkan mungkin menimbulkan jerawat.
Nah, untuk mengetahui cara mengatasi kulit berminyak dengan benar dan efektif, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Rutin mencuci muka

Mencuci muka dapat menjadi salah satu cara mengatasi wajah berminyak. Cuci muka secara rutin adalah salah satu cara mengatasi kulit berminyak. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, mencuci muka secara rutin dapat mencari salah satu cara mengatasi wajah berminyak. Anda bisa mencuci muka saat pagi dan sore hari, serta setelah berolahraga.

Hindari sabun cuci muka dengan wewangian, alkohol, dan kandungan yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Akibatnya, kulit jadi lebih banyak memproduksi sebum. Sebagai gantinya, gunakan sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut, ya. Contohnya, pencuci muka untuk kulit berminyak yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Anda bisa mencuci wajah maksimal 2 kali sehari sebagai cara merawat muka berminyak. Caranya, mulailah membilas wajah dengan air hangat. Lalu, gunakan sabun pembersih wajah seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat.

2. Keringkan wajah dengan benar

Setelah mencuci muka, keringkan wajah Anda dengan cara menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut.
Sebisa mungkin jangan menggosok wajah dengan gerakan menarik atau menggunakan kain yang kasar.
Sebab, hal tersebut bisa mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga wajah menjadi semakin berminyak.

3. Gunakan toner

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat berikutnya adalah menggunakan toner. Anda bisa memilih toner untuk kulit berminyak dengan kandungan alkohol untuk membuat kulit wajah sedikit lebih kering. Anda bisa juga coba menggunakan toner dengan astringent alami, seperti witch hazel, yang mampu menenangkan kulit dan mengatur produksi sebum di wajah.

Pada beberapa orang, menggunakan toner dengan astringent alami dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan menghilangkan sisa produk make up yang dapat menyumbat pori-pori.

4. Pakai pelembap

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat selanjutnya adalah pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak
Jenis pelembap yang tepat dapat mengatasi kulit berminyak.

Orang dengan jenis kulit berminyak mungkin menghindari penggunaan pelembap lantaran dianggap bisa membuat kulit terlihat lebih berminyak. Padahal menggunakan pelembap yang tepat bisa menjadi cara merawat wajah berminyak, kusam, dan berjerawat.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, pilihlah jenis pelembap tanpa kandungan minyak guna menjaga kulit tetap lembap tanpa terasa berminyak. Anda juga bisa menggunakan pelembap dari bahan alami. Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa gel lidah buaya dapat menjadi pilihan pelembap yang baik untuk mengobati jerawat sekaligus sebagai cara merawat kulit wajah berminyak.

Sejumlah kandungan dalam gel lidah buaya memiliki efek menenangkan pada kulit. Kendati demikian, pastikan gel lidah buaya tidak mengandung alkohol yang justru dapat membuat kulit wajah Anda kering dan iritasi.

5. Oleskan tabir surya (sunscreen)

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat selanjutnya adalah dengan rutin mengoleskan tabir surya atau sunscreen. Penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah kulit keriput dan flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, pilihlah tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida.
Hindari menggunakan sunscreen untuk kulit berminyak yang berbahan dasar minyak dan wewangian.
Gunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin sebagai cara merawat kulit berminyak setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah.

6. Gunakan blotting paper (kertas minyak)

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat selanjutnya ialah menggunakan kertas minyak. Kertas minyak berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih. Cara mengatasi kulit berminyak saat beraktivitas di siang hari adalah menggunakan blotting paper atau kertas minyak. Ini berfungsi untuk menyerap minyak dari kulit.

Fungsi kertas minyak wajah memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit. Namun, cara merawat muka berminyak ini bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari agar wajah tidak terlalu mengilap.

7. Pakai masker lumpur

Masker lumpur dapat menjadi cara mengatasi kulit wajah berminyak.. Masker lumpur adalah masker wajah yang memiliki kandungan mineral, seperti smectite atau bentonite, yang dapat membantu mengurangi dan mengangkat produksi minyak berlebih di wajah. Dengan ini, wajah Anda akan terlihat kurang mengkilap, tanpa membuat kulit menjadi iritasi.

Gunakan masker lumpur seminggu sekali dan oleskan pelembap ringan sesudahnya. Selain masker lumpur, Anda bisa menggunakan masker alami untuk kulit berminyak sebagai cara mengatasi kulit berminyak di wajah.
Cara merawat kulit wajah berminyak ini mampu membuat wajah tidak terlalu mengilap, tanpa membuat kulit menjadi iritasi.

Gunakan masker lumpur atau clay mask seminggu sekali dan oleskan pelembap ringan sesudahnya. Selain masker lumpur, Anda bisa menggunakan masker alami untuk kulit berminyak sebagai cara merawat kulit berminyak di wajah. Salah satunya adalah masker oatmeal dan madu.

Kandungan antibakteri dalam madu dan antioksidan pada oatmeal dapat membantu mengurangi produksi minyak dan melembutkan kulit wajah. Manfaat masker putih telur untuk wajah pun bisa Anda dapatkan untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Anda bisa mencampurkan putih telur dan air perasan lemon. Kandungan vitamin C pada air lemon diyakini mampu membuat kulit lebih sehat.

8. Rutin lakukan eksfoliasi

Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat yang tak kalah penting adalah rutin lakukan scrub wajah. Eksfoliasi secara rutin bisa jadi cara mengatasi wajah berminyak. Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat menjadi cara merawat wajah berminyak.

Langkah ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati di wajah yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat.
Cara merawat kulit berminyak ini juga bisa untuk mencegah munculnya masalah jerawat.
Selain itu, eksfoliasi juga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori kulit wajah.

9. Hindari kebiasaan menyentuh wajah

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang tak kalah penting adalah dengan menghindari kebiasaan menyentuh wajah. Sebab, kebiasaan ini dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan Anda ke wajah. Anda hanya boleh menyentuh wajah saat membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit wajah. Namun, pastikan kedua tangan Anda sudah bersih sebelum menyentuh wajah, ya.

 

Jika kulit berminyak masih sulit ditangani walaupun sudah melakukan Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat di atas, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan rekomendasi perawatan lebih lanjut.