Berumur 226 Tahun Inilah Ikan Koi Tertua Dalam Sejarah

liputanberitaku.com— Berumur 226 Tahun Inilah Ikan Koi Tertua Dalam Sejarah- Pada usianya yang ke 226 tahun, Ikan koi Bernama Hanako dinobatkan sebagai ikan koi tertua yang pernah terdaftar. Nama Ikan Koi Hanako Diambil Dari Kata “Higoi “ yang berarti wanita cantik berwarna merah tua di Jepang. Nama Hanako diterjemahkan sebagai “gadis bunga” dalam bahasa Jepang. Hanako Lahir pada 1751, Hanako Horeki lahir di bulan pertama tahun 1751 , Yang saat itu masih era Tokugawa. Hanako meninggal pada 7 Juli 1977, pada usia 226 tahun. Ikan Koi Hanako menjadikan Hanako tidak hanya dinobatkan sebagai Ikan koi tertua, tetapi juga ikan air tawar dengan umur terpanjang yang pernah ada. Rekor ini belum pernah ada yang melampaui hingga saat ini.

Berumur 226 Tahun Inilah Ikan Koi Tertua Dalam Sejarah

Ikan Koi Hanako kora

Usia sebenarnya Hanako ini telah diverifikasi dengan menganalisis cincin pada sisiknya. Mirip dengan bagaimana ahli dendrologi menentukan usia pohon dengan menghitung jumlah cincin pada pohon tersebut, cincin pertumbuhan tahunan menurut skala Hanako dihitung menggunakan mikroskop cahaya. Lingkaran pertumbuhan pada alat skala telah menunjukkan pola pertumbuhan yang luas diikuti dengan pertumbuhan yang lebih ketat. Perbedaan lebar cincin mencerminkan variasi musim panas dan musim dingin.

Selama musim panas, ikan makan lebih banyak dan tumbuh lebih banyak, sehingga menghasilkan pola lingkaran pertumbuhan yang lebih besar. Pertumbuhan yang lebih ketat berarti metabolisme yang lebih lambat dalam cuaca dingin yang membekukan pertumbuhannya. Untuk menganalisis usia sebenarnya Hanako, ia diekstraksi dari sebuah danau di pegunungan dalam di provinsi Mino. Dua sisik diambil dari bagian tubuh yang berbeda dengan penjepit. Berumur 226 Tahun Inilah Ikan Koi Tertua Dalam Sejarah

Setiap cincin pertumbuhan di dalam neraca dianalisis dengan cermat selama dua bulan oleh Profesor Masayoshi Hiro, Laboratorium Ilmu Hewan, Universitas Wanita Nagoya. Profesor Hiro dan Dr. Komei Koshihara, yaitu pemilik terakhir Hanako koi, keduanya terkejut ketika diketahui bahwa Hanako berusia 215 tahun pada saat itu.

Setelah penemuan ini, sisa lima koi di danau yang sama juga diperiksa. Setelah analisis selama setahun, hasilnya menunjukkan bahwa ikan lain di kolam tersebut juga berumur lebih dari 100 tahun, mantap !!! .

 

Asal Mula Terkenalnya Hanako

Hal ini bisa di ketahui lantaran Pada 25 Mei Tahun 1966, Dr. Komei Koshihara menyiarkan cerita Koi Hanako ke seluruh bangsa Jepang melalui siaran stasiun radio Nippon Hoso Kyokai.

Saat itu, Hanako berusia 215 tahun dengan berat badan 7,5 kilogram, dan panjang 70 inci. Dia menjelaskan bahwa ikan koi ini telah diturunkan oleh nenek dari pihak ibu, jadi ikan ini adalah ikan warisan. Dr. Koshihara menggambarkan Hanako adalah sebagai teman terdekatnya.

Meskipun tidak ada yang tahu alasan pasti untuk umurnya yang sangat panjang, mungkin air jernih pegunungan Jepang serta rawatan yang penuh perhatian dari pemiliknya adalah kunci Hanako bisa hidup lama.

 

Umur Rata-rata Ikan Koi

Ikan koi dikenal memiliki umur yang sangat panjang. Namun, umur mereka bisa sangat bervariasi tergantung pada lingkungan dan genetika ikan tersebut. Di alam liar, ikan mas memiliki harapan hidup sekitar 30-40 tahun. Di penangkaran, rata-rata masa hidup ikan koi adalah 70 tahun. Faktanya, cukup umum untuk menyaksikan koi yang berusia lebih dari satu abad di Negara Jepang. Inilah salah satu alasan mengapa ikan koi sangat dikagumi di Jepang dan di seluruh dunia.

Faktor lingkungan mendukung umur Ikan Koi bisa panjang , dan juga air bersih dan filter kolam yang baik, makanan koi yang berkualitas, dan musim dingin yang panjang. Musim dingin secara drastis memperlambat metabolisme ikan koi. DanSelama waktu itu banyak ikan koi yang metabolismenya menurun. Faktanya, selama musim dingin berlangsung, disarankan untuk benar-benar berhenti memberi makan seperti yang dijelaskan dalam panduan memberi makan Ikan Koi.

Faktor genetik juga memainkan peran penting dalam potensi umur ikan koi. Di Jepang, ikan mas hias ini disebut Nishikigoi. Mereka dibiakkan untuk ciri-ciri tertentu seperti bentuk tubuh dan warna. Tentu saja, ukuran besar adalah hal yang diinginkan penggemar ikan koi di seluruh dunia, tetapi hanya jika bentuk dan warna bodinya dipertahankan ikan koi bias bernilai sangat mahal.

Di luar Jepang, ikan koi sering dipelihara dengan ciri-ciri yang berbeda. Misalnya, ikan koi  yang terkenal cenderung tumbuh lebih keras dan lebih cepat. Oleh karena itu, ikan koi yang telah hidup lebih dari 200 tahun seperti Hanako sangatlah langka.

Selain paus, satwa liar, dan kepiting tuat, ikan koi adalah salah satu hewan dengan tulang belakang terpanjang di Bumi. Koi Hanako adalah contoh yang bagus tentang berapa lama ikan koi bisa hidup. Faktanya, ini adalah ikan air tawar yang bias hidup lama hingga 226 tahun saat ini.