Mitos Tanggal 13 Yang Jatuh pada Hari Jumat Adalah Hari Sial?

Liputanberitaku.com — Mitos Tanggal 13 Yang Jatuh pada Hari Jumat Adalah Hari Sial?- Pernahkah kamu mendengar mitos tentang tanggal 13 yang jatuh pada hari Jumat adalah hari sial? Menelusuri asal mitos tersebut, ternyata hal ini mengajak kita untuk kembali ke masa ratusan tahun silam. Dirangkum dari newsshopper.co.uk, berikut sejumlah alasan tanggal 13 di hari Jumat menandakan nasib buruk.

Mitos Skandinavia

Bangsa Skandinavia percaya bahwa angka 13 yang menandakan nasib buruk berkaitan dengan mitologi Loki. Loki merupakan salah satu tokoh yang terkenal dalam kepercayaan Skandinavia karena tipu muslihatnya. Sehingga, mereka percaya bahwa angka 13 adalah angka jahat yang membawa malapetaka besar bagi umat manusia.

Hari Hangman

Rumor hari Jumat tanggal 13 sebagai hari sial diperkuat dengan dijadikannya waktu itu sebagai hari eksekusi yang dilakukan pada para penjahat selama bertahun-tahun. Hari eksekusi tersebut dikenal dengan nama Hari Hangman. Selain itu, selama ratusan tahun angka 13 juga dikaitkan dengan nasib sial.

Hukuman Ksatria Templar

kisah “sial” dari tanggal 13 di hari Jumat berawal dari 13 Oktober 1307. Ini merupakan tanggal di mana Paus dari gereka Khatolik dan Raja Prancis memerintahkan untuk menghukum mati para ksatria templar. Selain itu mereka memerintahkan untuk melakukan penyiksaan dan penyaliban pada pemimpin mereka.

Fitnah tanggal 13

Konon katanya angka 13 sengaja difitnah oleh para pemimpin agama patriarki. Ini karena angka 13 mewakili feminitas di mana berkaitan dengan siklus menstruasi selama 1 tahun.

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli