Awal Dari Panggilan Darurat Kazakhstan Untuk Bantuan Dari Federasi Rusia

Ada kerusuhan di Kazakhstan setelah ribuan orang turun ke jalan dalam beberapa hari terakhir untuk memprotes kenaikan harga bahan bakar gas cair atau LPG. Pemerintah bahkan memberlakukan keadaan darurat.
Video yang beredar di media sosial menunjukkan orang-orang menyerbu gedung-gedung pemerintah di Almaty, kota terbesar di Kazakhstan.

Protes dipicu oleh kenaikan jumlah bahan bakar cair atau elpiji. LPG ini digunakan oleh banyak orang Kazakh sebagai bahan bakar kendaraan mereka.

 

Memang, pada Minggu, demonstrasi digelar di beberapa kota kecil di Kazakhstan (2/1).

Kemudian pada Rabu (5/1) terjadi demonstrasi di Almaty. Kata sandi anti-pemerintah diteriakkan dan kendaraan diserang.

Sebelum unjuk rasa, harga elpiji per liter berkisar 120 tenge atau sekitar Rp 3.900. Oleh karena itu, kemudi adalah 50 mil laut, atau Rp 1600. dikurangi menjadi kira-kira.

 

Provinsi Mangystau mengandalkan LPG sebagai bahan bakar utama kendaraan. Setiap kenaikan harga akan mempengaruhi harga makanan dan kebutuhan lainnya.

Kemarahan mereka kemudian menyebar karena sejumlah faktor. Akar penyebabnya termasuk ketidakpuasan dengan pemerintahan otoriter, korupsi yang meluas dan konsentrasi kekayaan di antara elit politik, ketimpangan sosial dan ekonomi, dan kurangnya implementasi demokrasi yang efektif.

Menurut data pemerintah yang dikutip oleh New York Times, gaji rata-rata di Kazakhstan adalah US$570 atau 8,1 juta rupee per bulan, meski ada juga yang berpenghasilan jauh lebih kecil.

Mereka juga meminta pemerintah memanggil mantan presiden Nursultan Nazarbayev dari 1989 hingga 2019.

 

Dalam pemerintahan saat ini ia memimpin Dewan Keamanan dan Kepala Negara; peran konstitusional yang hak istimewanya merupakan politik dan bebas dari hukum.

Kerusuhan meningkat sedemikian rupa sehingga polisi menggunakan gas air mata. Suasana menjadi lebih kacau.
Kementerian Dalam Negeri Kazakh mengatakan delapan pasukan keamanan tewas dan 317 terluka.

Tak lama kemudian, Presiden Kazakh Kassim-Yomart Tokayev mengumumkan keadaan darurat di kota-kota besar seperti Almaty, Mangystau dan ibu kota, Nur Sultan.

Kemudian, pada hari yang sama, ia meningkatkan status menjadi darurat nasional.

Status tersebut berlaku mulai 5 hingga 19 Januari. Peraturan tersebut juga akan menerapkan jam malam antara pukul 11 ​​malam hingga 7 pagi waktu setempat. Pembatasan di dalam dan di luar kedua kota juga diawasi dengan ketat.

 

Pada hari yang sama, Tokayev menerima surat pengunduran diri dari pemerintahan Perdana Menteri Askar Mamin. Posisi ini kemudian digantikan oleh Alikhan Smailov.

Situasi memanas mendorong Tokajev untuk mencari bantuan dari Blok Keamanan yang dipimpin Rusia (CSTO) untuk memadamkan protes di negaranya.

 

CSTO adalah aliansi militer dan keamanan pimpinan Rusia yang terdiri dari negara-negara bekas Uni Soviet seperti Belarus, Armenia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan.

Tokayev sekarang telah mengambil alih masalah keamanan nasional dan menggulingkan kepala Dewan Keamanan Nasional, Karim Masimov, karena kekacauan ini.

Dalam pidato yang disiarkan Kamis (6/1), Tokayev mengatakan bahwa “geng teroris” yang dilatih di luar negeri menduduki dan menduduki infrastruktur dan senjata negara.