Memasak Nasi Merah Untuk Diet dan 4 Ide Menu

Beras merah sering direkomendasikan sebagai pengganti nasi putih saat diet. Untuk pelaku diet, beralih dari nasi putih ke nasi merah rendah kalori, tetapi memiliki efek menyusui.

Hanya saja ada yang belum terbiasa dengan rasa beras merah yang teksturnya hambar dan asam. Padahal sebenarnya ada cara memasak nasi merah diet agar lebih empuk dan enak saat disantap.

Beras merah adalah gandum utuh yang kaya serat. Dengan asupan serat yang tepat, ini mengurangi sembelit dan dapat meningkatkan fungsi usus.

Cara memasak nasi merah untuk diet

Tekstur beras merah diketahui tidak lebih lembut dari beras putih bahkan cenderung mengering jika cara pengolahannya tidak tepat.

Ada tips memasak nasi merah agar lebih lembut dan tidak kering jika sedang diet dan tidak ingin mencampurnya dengan nasi putih. Berikut cara memasak nasi merah untuk diet yang bisa Anda coba.

  1. Tuang 2 cangkir beras merah ke dalam mangkuk
  2. Rendam dalam air biasa dan biarkan istirahat selama 1 jam tetapi tidak lebih dari 2 jam. Perendaman adalah trik yang bisa Anda gunakan untuk
  3. membuat beras merah lebih lembut dan lembut saat dimasak.
  4. Kemudian tiriskan air rendaman dan cuci beras merah dua kali dengan air mengalir
  5. Masak di rice cooker seperti nasi biasa dengan 2 gelas air, lalu tekan tombol masak untuk memasak
  6. Jika beras merah sudah matang, diamkan dulu sebentar sambil tetap tutup rice cookernya selama 10-15 menit.
  7. Kemudian aduk nasi dengan lembut dan pindahkan nasi merah ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya
  8. Kukus kembali beras merah selama 5-10 menit dengan api sedang
  9. Matikan api dan nasi merah lembut sudah bisa disajikan.
  10. Dengan cara ini, beras merah yang dihasilkan tidak akan alot dan lebih beradaptasi dengan lidah.

Dengan cara ini, beras merah yang dihasilkan tidak akan alot dan lebih beradaptasi dengan lidah.

Resep nasi merah selanjutnya bisa menjadi variasi menu diet sehat Anda, sehingga Anda tidak bosan makan nasi merah yang itu-itu saja.

1. Nasi goreng dengan nasi merah
Nasi merah yang hambar bisa dibuat menjadi nasi goreng. Sangat mudah untuk membuat nasi merah matang dan bahan lainnya seperti daun bawang, bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, gula, garam, dan sedikit kecap.

Masak semua bahan lalu tambahkan isian sesuai selera. Anda bisa menambahkan sayuran cincang seperti wortel dan mustard; telur, bakso ayam atau bakso ikan dan daging ayam untuk menambah asupan serat dan protein Anda.

 

2. Bubur ayam dengan nasi merah
Jika Anda bosan mengubah nasi sisa menjadi nasi goreng, Anda bisa mengubahnya menjadi bubur nasi merah yang enak dan bergizi dengan nasi merah.

Bubur ayam dengan nasi merah sangat mudah dibuat. Campur beras merah dengan air, daun salam dan sedikit garam, masak hingga menjadi bubur. Jika ingin mempercepat proses memasak, Anda bisa mengocok beras merah hingga lembut sebelum dimasak.

Saat bubur matang, taruh ayam atau ayam cincang tanpa kulit di atasnya dan tambahkan sedikit merica.

3. Nasi merah bakar
Ide nasi whole grain enak selanjutnya adalah nasi bakar. Nasi bakar nasi dengan topping dan bungkus daun pisang.

Nasi merah bakar dibuat dengan cara membuat nasi merah yang dimasak dengan ayam pedas dan ayam cincang dengan daun kemangi. Kemudian siapkan daun pisang untuk membungkus dan taruh nasi merah diatasnya. Bakar dengan batu bara atau teflon.

Cita rasa rempah yang gurih, berpadu dengan aroma harum kemangi yang meresap ke dalam nasi bakar, pasti akan menggugah selera Anda. Selain ayam, Anda bisa menggunakan isian lain sesuai keinginan, seperti tuna, tuna, teri atau cumi.

4. Nasi merah dari tim nasi
Nasi tim merupakan hidangan khas masyarakat peranakan Tionghoa berupa nasi dengan ayam berbumbu manis dan gurih. Itu dikukus, membuatnya lebih sehat.

Membuat nasi dari tim nasi merah sangat sederhana. Siapkan bahan-bahan seperti potongan ayam tanpa tulang, jamur dan telur ayam rebus, semua dibumbui dengan bawang putih, sedikit kecap, dan kecap manis.

Kemudian siapkan mangkuk tahan panas. Taburi dengan 2-3 sendok makan hiasan matang dan tambahkan dengan nasi merah. Tutup mangkuk dengan aluminium foil dan didihkan sebentar sampai matang.