Cara Transaksi Jalan Tol Tanpa Menyentuh Yang Berlaku Tahun Ini
Cara Transaksi Jalan Tol Tanpa Menyentuh Yang Berlaku Tahun Ini

Cara Transaksi Jalan Tol Tanpa Menyentuh Yang Berlaku Tahun Ini

Pemerintah berencana memperkenalkan metode baru yang memungkinkan pengguna jalan tol membayar tanpa menyentuh dan menggantikan proses intersepsi normal.
Metode pembayaran tol nirsentuh yang disebut sistem multi-lane free flow (MLFF) ini diterapkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan antrian tol.

Sistem pembayaran terbaru ini memungkinkan pengguna jalan tol untuk melakukan pembayaran dalam waktu yang sangat singkat. Pengemudi bahkan tidak perlu menghentikan kendaraannya saat melakukan pembayaran, seperti yang terjadi saat ini.

Dalam sistem pembayaran nirsentuh ini, pengguna dapat memilih di antara tiga cara.

 

Pertama, berupa unit kendaraan atau aplikasi ponsel E-OBU yang terintegrasi dengan sistem pembayaran melalui GPS.

Cara ini sangat disarankan bagi pengguna jalan yang memiliki smartphone dan jarang berganti kendaraan.

Untuk menggunakan metode ini, pengguna harus terlebih dahulu mendaftarkan data kendaraan dan informasi pribadi ke dalam sistem. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi MLFF yang telah diunduh sebelumnya ke ponsel Anda.

Pengguna dapat memilih dari berbagai metode pembayaran setelah mendaftar. Kemudian, setelah pendaftaran selesai, pengguna dapat langsung menggunakan E-OBU dengan menekan tombol start.

E-OBU bekerja dengan mengirimkan sinyal GPS ke panel kontrol MLFF. GPS mendeteksi posisi kendaraan dan secara otomatis mengurangi saldo.

 

Pilihan kedua adalah menggunakan On-Board Unit atau OBU yang direkomendasikan bagi pengguna kendaraan yang sering berganti-ganti pengemudi.

Cara ini dilakukan dengan membeli perangkat OBU dan mendaftarkan kendaraan di sistem. OBU bekerja dengan cara yang hampir sama dengan E-OBU, yaitu mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS.

Perbedaan kedua metode tersebut terletak pada perangkat yang digunakan, OBU adalah perangkat yang terhubung dengan kendaraan, sedangkan software E-OBU berupa telepon genggam.

 

Baca Juga  Cara Download Lagu MP3 dari YouTube yang Praktis

Metode ketiga dan terakhir dalam sistem MLFF adalah tiket elektronik. Cara ini disarankan bagi pengguna jalan yang jarang berkendara di jalan tol.

Tiket elektronik dapat dibeli oleh pengguna di situs resmi atau di aplikasi MLFF sebelum melakukan perjalanan, dengan memilih titik masuk dan keluar tol.

Sejumlah pemeriksaan sedang dilakukan untuk mencegah pengguna jalan masuk tanpa membayar.

Pertama, ada portal dengan kaki vertikal, kamera, dan perangkat lunak untuk mengidentifikasi kendaraan yang lewat.

Perangkat mengirimkan data kendaraan ke sistem MLFF pusat dan kemudian mengidentifikasi setiap kendaraan yang terdaftar. Oleh karena itu, semua kendaraan yang lewat tanpa pembayaran didaftarkan oleh sistem MLFF.

Selain itu, sistem MLFF akan terintegrasi dengan kendaraan tol yang ditempatkan secara acak. Dan jika terjadi pelanggaran, sistem pusat MLFF mengirimkan informasi kepada pelaku dan mengenakan biaya tambahan.