Cara Merawat Rambut Untuk Wanita berhijab

Banyak orang yang percaya bahwa hijab adalah pelindung rambut. Hal ini dikarenakan rambut tidak akan terkena sinar matahari, angin, hujan dan asap polusi. Padahal, ada cara khusus merawat rambut wanita berhijab agar rambutnya terlihat sehat dan indah. Apa saja?

Meski melindungi dari panas dan asap polusi, rambut yang ditutupi kain sepanjang hari lebih rentan berkeringat. Hal ini tentunya akan meningkatkan produksi sebum (minyak) berlebih yang akan memudahkan penimbunan bakteri dan patogen.

Tak heran jika sebagian pemakai hijab mengeluhkan kulit kepala yang gatal dan berketombe. Yuk simak beberapa cara khusus wanita merawat rambut berhijab agar terhindar dari kerusakan rambut.

cara merawat rambut berhijab

1. Buka hijab saat sampai di rumah

Salah satu cara merawat wanita berhijab adalah dengan melepas jilbab segera setelah mereka tiba di rumah. Bagaimana bisa?

Dengan melepas hijab dan mengikat rambut, memungkinkan rambut yang terperangkap di dalam bahan beristirahat saat mengenakan hijab. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberikan udara ke rambut.

2. Sisir rambut Anda sebelum dicuci

Jika Anda ingin mencuci rambut, Anda harus menyisirnya terlebih dahulu sebelum melakukannya. Pilih juga sisir bergigi jarang untuk menghaluskan rambut yang kusut.

Merawat rambut berhijab di area ini nampaknya sepele. Namun, langkah ini terbukti penting karena saat menggunakan hijab, dasi atau sanggul bisa menekan rambut.

Menyisir sebelum keramas juga baik untuk mencegah kerontokan rambut. Bahkan, itu juga merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Gunakan sampo khusus untuk jenis rambut Anda

Wanita yang berhijab biasanya berminyak dan basah. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih sampo dan kondisioner rambut yang ringan, terutama untuk kulit kepala yang sensitif.

Sampo dan kondisioner ringan biasanya dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat penggunaan hijab. Sementara itu, produk perawatan rambut yang mengandung bahan yang terlalu keras dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Ingatlah untuk tidak mencuci rambut setiap hari dengan sampo dan kondisioner.

Mencuci rambut terlalu sering dapat mengurangi jumlah minyak alami di kulit kepala, membuatnya semakin kering. Kulit kepala yang terlalu kering juga bisa menyebabkan gatal.

4. Biarkan rambut Anda kering sebelum memakai hijab

Perawatan rambut hijab lainnya yang harus diperhatikan adalah membiarkan rambut kering sebelum menggunakan hijab. Hal ini karena memakai hijab saat rambut masih basah bisa membuat rambut terlalu basah dan membuat sarang jamur.

Juga, beberapa orang mengikat rambut mereka saat mengenakan jilbab. Hindari mengikat rambut basah karena dapat menyebabkan rambut menjadi kaku dan berketombe.

Jika Anda sedang terburu-buru, Anda bisa menggunakan pengering rambut. Namun, setel pengering rambut pada setelan rendah atau sedang untuk mengurangi risiko kerusakan rambut.

5. Rutin Potongan rambut

Potongan rambut biasa jelas merupakan cara untuk merawat ujung bercabang dan rambut kering. Bahkan jika tidak ada yang melihat rambut Anda, jangan abaikan kesehatan rambut Anda.

Cobalah untuk memangkas secara teratur untuk menyuburkan rambut wanita dengan hijab agar tumbuh lebih sehat.

6. Pilih bahan hijab yang sesuai dengan kulitmu

Wajib bagi setiap wanita untuk memahami jenis pakaian apa yang akan digunakan untuk hijabnya. Coba gunakan bahan yang ramah kulit untuk membuat rambut Anda “bernafas”.

Jika memungkinkan, pilihlah hijab berbahan serat alami yang ringan seperti sifon atau katun. Bahan katun memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala sekaligus menjaga rambut tetap tertutup.

Mereka yang menyukai bahan sintetis seperti nilon atau poliester harus memastikan mereka menggunakan syal untuk melindungi rambut mereka dari bahaya antara kulit kepala dan bahan. Ibarat topi yang terlalu ketat, gesekan antara kulit kepala dan bahannya bisa mengurangi aliran darah ke folikel rambut.

Hal ini menyebabkan stres pada rambut dan akhirnya rontok. Kerontokan rambut ini mungkin bersifat sementara pada awalnya, tetapi bisa menjadi permanen seiring waktu.

Jika cuaca panas, kenakan kerudung kain tipis. Sementara itu, tidak masalah hijab mana yang Anda pilih saat cuaca dingin. Namun, hindari memakai kerudung hitam yang terlalu tebal karena akan menyerap panas.

Selain tips di atas, perawatan rambut untuk wanita berhijab tidak jauh berbeda dengan menjaga kesehatan rambut. Kami juga menyarankan Anda menggunakan masker rambut untuk menjaga kelembapan rambut Anda.

Jika Anda mengalami masalah kulit kepala atau rambut saat mengenakan hijab, konsultasikan dengan dokter kulit atau dermatologis.