Tips Berbelanja Online Yang Aman dan Nyaman

Belanja merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari setiap individu atau kelompok. Era perkembangan internet saat ini dan teknologi yang semakin cepat membuat belanja semakin mudah.

Belanja online kini sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Karena kemudahan yang ditawarkan, orang beranggapan bahwa belanja online adalah cara mudah untuk menemukan barang yang mereka butuhkan. Saat ini, hampir semua orang dapat berbelanja online untuk kebutuhan sehari-hari, hobi, dan lainnya.

Untuk berbelanja online dengan aman dan nyaman, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti memilih toko online atau brosur produk yang terpercaya. Selain itu, di bawah ini Anda akan menemukan informasi lengkap tentang tips belanja online yang aman dan nyaman,

tips berbelanja online

1. Lihat akun media sosial merek Anda

Tips pertama untuk belanja online yang aman dan nyaman adalah dengan melihat dulu akun media sosial dari brand yang ingin Anda beli. Klik pada nama poster untuk melihat ke mana Anda akan dibawa, kapan halaman diluncurkan, jejaring sosial, dan sudah berapa lama berjalan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memeriksa umpan balik pelanggan.

2. Periksa URL situs web dengan cermat

Tips belanja online yang aman dan nyaman selanjutnya adalah dengan memeriksa URL website Anda dengan teliti. Meskipun merek yang sudah mapan umumnya lebih aman, popularitas perusahaan-perusahaan ini juga dapat menjadikannya target yang menarik bagi peretas dunia maya yang merancang situs web palsu dan tampak profesional untuk memikat konsumen yang tidak menaruh curiga.

Penelitian menunjukkan bahwa situs semacam itu memiliki peluang 45% untuk berhasil memilih data Anda. Anda dapat melindungi diri Anda sebagai konsumen dengan memeriksa URL sebelum melakukan pembelian.
Mungkin salah jika URL salah mengeja nama perusahaan, berisi terlalu banyak karakter tambahan, seperti tanda hubung atau angka ganjil, atau disingkat.

3. Gunakan layanan pihak ketiga

Juga, jika Anda masih ragu, coba gunakan layanan pihak ketiga. Misalnya, potong dan tempel seluruh URL situs web ke situs online seperti Google.

Penjelajahan aman untuk melihat apakah itu asli atau tidak. Antivirus dan program browser web terbaru juga memperingatkan Anda tentang situs web yang berpotensi tidak aman.

4. Apakah koneksi terenkripsi?

Ada beberapa cara untuk memverifikasi kredensial situs Anda. Jika URL dimulai dengan “https” dan bukan “http” dan Anda melihat gembok di sebelahnya, Anda tahu bahwa semua informasi yang Anda masukkan pada halaman tersebut bersertifikat SSL. Tanpa sertifikat ini, penjahat dapat dengan mudah meretas situs web.

Kedua, periksa segel kepercayaan situs Anda untuk melihat apakah itu “aman” atau “terverifikasi”. Kunjungi situs web perusahaan dan verifikasi bahwa lencana tersebut asli.

5. Periksa ulasan merek

Semua orang menginginkan label trendi baru, tetapi sebelum membeli dari produsen baru, Google nama mereka dan kata-kata “ulasan” atau “penipuan”. Pengalaman pembeli lain akan segera menunjukkan apakah produk mereka bernilai atau berisiko.

Oleh karena itu, penting untuk mencari ulasan terverifikasi dan perlu diingat bahwa hanya sedikit atau tidak ada ulasan yang akan segera memberi tahu Anda.

6. Tetap berpegang pada merek terkenal

Yang terbaik adalah membeli dari merek terkenal dan terkenal saat berbelanja online. Anda tidak hanya tahu apa yang Anda dapatkan dalam hal harga, kualitas, dan kebijakan pengembalian, tetapi merek terkenal juga cenderung menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk menghindari reputasi signifikan yang terkait dengan peretasan dunia maya.

7. Sudahkah Anda meminta kode verifikasi bank?

Setelah Anda menetapkan bahwa situs Anda legal dan siap membayar pembelian Anda, Anda harus memberikan lapisan keamanan ekstra untuk mengotorisasi pembayaran, proses yang disebut otorisasi dua faktor.

Selain memasukkan kode verifikasi pada kartu kredit atau debit Anda, level kedua ini bisa berupa kode sederhana yang dikirim melalui SMS ke nomor telepon yang terdaftar (dan diverifikasi!), atau login ke aplikasi mobile banking, pemindaian sidik jari, atau sebuah pertanyaan keamanan. .

8. Hati-hati dengan Wi-Fi publik

Tips belanja online aman dan nyaman selanjutnya adalah berhati-hati dengan Wi-Fi publik. Anda harus berhati-hati dari restoran dan hotel ke pusat perbelanjaan dan tempat umum.

Kenyamanan koneksi langsung membawa sejumlah risiko signifikan. Wi-Fi publik seringkali tidak terlindungi dengan baik dan mudah dibobol.

Sebagai pelanggan, informasi Anda dapat dicuri di jaringan yang sama, sering kali oleh peretas di negara lain, atau dialihkan ke situs web jahat yang tampaknya ingin membukanya. Ini adalah aturan praktis untuk beralih ke penyedia data Anda saat membayar di tempat umum atau di perbankan online.