Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Kering dan Tetap Sehat

Pewarna rambut kini telah menjadi salah satu mekanisme penghilang stres bagi manusia. Mengubah gaya dan warna rambut biasanya dilakukan oleh para wanita. Selain mempercantik bagian luar, mewarnai rambut juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, saat ini sudah banyak produk pewarna rambut yang bisa dibeli dimana saja. Ini juga mudah digunakan, tidak perlu bantuan profesional atau salon. Anda dapat melakukannya dengan cepat di rumah.

Masalah dengan hobi mewarnai rambut adalah kondisi rambut akan rentan rusak dan dehidrasi. Rambut yang sering terkena bahan kimia pewarna bisa menjadi rapuh, kusam dan mudah patah.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat rambut yang diwarnai agar selalu sehat dan warnanya tetap menyala. Berikut 6 cara merawat rambut diwarnai yang bisa Anda ikuti.

1. Gunakan sampo pembersih

Cara pertama untuk merawat rambut yang diwarnai adalah dengan mencucinya dengan sampo pembersih. Biasanya, setelah menerapkan pewarna rambut, ada area rambut yang lebih gelap di satu sisi daripada di sisi lain.

Tujuan penggunaan clearing shampoo adalah untuk meratakan warna rambut sehingga bayangan dari pewarna tampak bersih dan merata. Shampo pembersih juga berguna untuk membersihkan produk penataan rambut dan kontaminan di udara.

2. Gunakan masker rambut

Cara merawat rambut diwarnai yang kedua adalah dengan rajin mengaplikasikan masker rambut minimal seminggu sekali. Masalah paling umum dengan pewarnaan rambut adalah rambut akan mengering kemudian. Oleh karena itu, diperlukan perawatan lebih untuk menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Gunakan masker rambut alami yang Anda buat sendiri atau masker rambut siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Gunakan secara rutin, minimal seminggu sekali. Hasilnya, rambut Anda akan selalu sehat, terhidrasi dan mencegah ujung bercabang. Masker rambut digunakan untuk memberikan nutrisi agar rambut tetap sehat meskipun telah terkena bahan kimia.

3. Gunakan serum rambut

Cara ketiga untuk merawat rambut diwarnai adalah dengan menggunakan serum khusus rambut secara rutin. Terkadang menggunakan pewarna rambut bisa membuat rambut Anda kusam dan kering. Apalagi jika Anda sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung. Menggunakan alat penata rambut seperti alat pengeriting rambut atau pengering rambut juga dapat membantu mengeringkan rambut Anda.

Hal-hal tersebut bisa Anda atasi jika rajin menggunakan serum khusus untuk rambut diwarnai. Serum khusus ini selain menjaga kesehatan rambut, juga menjaga warna cat rambut agar tidak mudah luntur. Serum tersebut mengandung banyak vitamin yang berguna untuk memperbaiki kondisi rambut. Gunakan rambut semi kering Anda agar serum lebih baik diserap oleh folikel rambut.

4. Cuci dengan air dingin

Cara keempat untuk merawat rambut yang diwarnai adalah dengan mencucinya atau keramas dengan air dingin. Ini adalah salah satu pengobatan rumah paling sederhana untuk mempertahankan warna rambut. Dengan membilasnya dengan air dingin, kutikula rambut akan terbangun lebih baik, menjadikannya lembut dan berkilau.

Mencuci rambut dengan air hangat menghilangkan rambut dari kadar air alami dan mengeringkannya. Untuk melakukan ini, hindari keramas dengan air panas jika Anda memiliki rambut yang diwarnai.

5. Gunakan minyak zaitun

Cara merawat rambut yang diwarnai kelima adalah dengan minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun terkenal karena banyak efek menguntungkannya pada penampilan. Minyak zaitun diketahui mengandung nutrisi yang baik dan diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup gosokkan satu atau dua sendok teh minyak zaitun pada kulit kepala Anda. Pijat dengan lembut dan perlahan, lalu diamkan selama 20-30 menit. Kemudian cuci rambut dengan air dingin dan keramas seperti biasa sampai bersih. Rambut Anda yang diwarnai akan berkilau, sehat dan lembut.

6. Gunakan pisang dan yogurt

Cara merawat rambut diwarnai yang keenam adalah dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami dari campuran pisang dan yogurt. Selain enak disantap, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan rambut Anda. Ikuti metode ini untuk melindungi rambut Anda dari masalah kering dan rusak yang disebabkan oleh penggunaan pewarna rambut.

Blender pisang, campurkan pure pisang dengan yogurt. Oleskan secara merata pada rambut, dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa hingga bersih. Lakukan ini secara teratur, sekitar dua kali seminggu, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.