7 Beasiswa Nasional Menawarkan Kuliah Gratis Untuk Calon Mahasiswa

Peluang untuk melanjutkan pendidikan tinggi atas dasar beasiswa terbuka lebar. Cukup mudah bagi calon siswa, siswa kelas 12, atau lulusan SMA sederajat untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa 2022. Di antara berbagai penawaran beasiswa, banyak beasiswa yang melibatkan biaya kuliah parsial (beasiswa sebagian) atau lengkap (tas penuh). Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk mengajukan beasiswa asrama untuk menghemat biaya,

berikut adalah beberapa tips beasiswa dalam negeri yang dapat Anda coba dengan meluncurkan halaman Quipper Campus:

1. Kartu Indonesia Pintar Perguruan Tinggi (KIP Kuliah)

Kartu Indonesia Pintar menggantikan beasiswa Bidikmis yang diberikan oleh pemerintah melalui Ditjen Dikti. Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon siswa yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi dari sekolah.

Beasiswa mencakup biaya kuliah, penghargaan buku, dan beasiswa yang diberikan per semester. Mahasiswa D3 mendapatkan beasiswa selama 6 semester, sedangkan mahasiswa D4 dan S1 mendapatkan beasiswa selama 8 semester.

2. Beasiswa Unggulan Riset dan Teknologi Kemendikbud

Beasiswa Kinerja Masyarakat merupakan salah satu dari lima beasiswa unggulan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek.

Benefit yang diterima kurang lebih sama dengan beasiswa unggulan lainnya, yaitu gratis pendaftaran dan uang saku bulanan. Beasiswa ini diberikan kepada masyarakat Indonesia yang telah meraih prestasi di bidang akademik dan non akademik secara nasional maupun internasional. Beasiswa juga tersedia bagi masyarakat Indonesia yang terlibat dalam kegiatan yang berkontribusi pada daya saing bangsa.

Untuk mengajukan beasiswa, Anda perlu menulis esai, yang topiknya ditentukan oleh panitia penyelenggara.

3. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang didanai oleh Pemerintah Indonesia. penggunaan Dana Nasional Pembangunan Pendidikan (DPPN) yang dikelola LPDP untuk membiayai studi.

Hibah kerjasama antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini terbuka bagi mahasiswa yang melanjutkan studi di tingkat sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Uang saku yang ditawarkan sekitar Rs 118-320 juta per tahun dan mencakup biaya pendidikan, asuransi, transportasi, tunjangan keluarga (untuk S3) dan banyak lagi.

4. Beasiswa BUMN APERTI

Beasiswa BUMN APERTI adalah beasiswa yang diberikan oleh Perhimpunan Perguruan Tinggi BUMN kepada lulusan SMA/SMK dari seluruh Indonesia yang berminat untuk kuliah di UNIVERSITAS BUMN BUKA. Sarjana terpilih akan menerima beasiswa penuh 100% selama masa studi mereka.

Di bawah naungan BUMN OPEN terdapat 9 Perguruan Tinggi yaitu Institut Bank Rakyat Indonesia (BRI), Universitas Semen Indonesia Internasional (UISI), Universitas Pertamina, Universitas Telkom (Tel-U), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), PLN Lembaga. Teknologi (IT PLN), Politecnico di Pos Indonesia (POLTEKPOS), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG).

5. Tanoto Foundation

Setiap tahun, Tanoto Foundation secara rutin mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa teladan bagi mahasiswa semester satu dari salah satu universitas mitra.

Dengan beasiswa ini, Tanoto Foundation memberikan dukungan pengembangan kepemimpinan yang bertingkat dan terstruktur, peluang pengembangan diri global, pengabdian masyarakat, dan berbagai peluang kolaborasi dan jaringan bersama dengan dukungan biaya kuliah dan penggantian biaya hidup.

Mahasiswa tahun pertama yang telah menyelesaikan berbagai bidang, memiliki pengalaman organisasi, dan menunjukkan potensi kepemimpinan yang adil didorong untuk mendaftar dalam program Role Model. Selain bantuan berupa biaya kuliah dan biaya hidup, penerima beasiswa juga akan mendapatkan dukungan penyelenggaraan Aksi Sobat Bumi dan pelatihan reguler untuk peningkatan kapasitas.

Tanoto Foundation membuka beasiswa bagi mahasiswa, pengajaran bahasa Indonesia dan biaya hidup senilai miliaran rupiah. Tersedia berbagai jenis beasiswa, dari beasiswa penuh hingga beasiswa parsial. Tahun ini, sejumlah perguruan tinggi swasta yang akan memberikan beasiswa melalui ajang QSA antara lain:

  • Telkom University
  • Kalbis Institute
  • Universitas Tarumanagara
  • Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)
  • Institut Teknologi PLN (IT PLN)
  • PPM School of Management
  • Universitas Paramadina Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP)
  • Universitas Kristen Maranatha
  • Indonesia Banking School

Pendaftaran sedang berlangsung dan akan berlangsung hingga 18 Maret 2022