Bertahan Dari Gempuran, PSS Sleman Menyamakan Kedudukan Dengan Madura United

Dengan 10 pemain di 22 menit babak pertama, PSS Sleman terhindar dari kekalahan dengan bermain imbang 1-1 dengan Madura United pada sekuel BRI League 1 2021 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali, Selasa 18 Januari 2022. sore.

Gol Madu United diciptakan Bayu Gatra pada menit ke-41, sedangkan serangan balik Riki Dwi tercipta pada menit ke-54.

Dengan 1 poin, PSS Sleman tetap berada di peringkat 10, terpaut erat dengan Persita Tangerang yang sama-sama mencetak 25 poin.

Manajer PSS Sleman Gede I mengaku pertama kali berada di posisi yang sama dengan timnya dan Madura United, berakhir imbang 1-1.

PSS Vs Madura

Situasi itu, saat PSS Sleman memainkan 10 pemain karena waktu pertandingan hanya 23 menit, membuat manajer Surabaya itu mengubah banyak jadwal dan formasi.

“Tidak disangka Madura banyak melakukan rotasi dan pola pemain. Dan itu berubah ketika kiper kami mendapat kartu merah, tapi kami berhasil mencegahnya,” jelasnya usai pertandingan.

Putu terus mengapresiasi hasil imbang Super Elang Jawa kemarin sore karena kerja keras timnya membuat timnya tak bisa ditaklukkan.

Pertukaran Misbakus dan Riki di awal babak kedua sekaligus menjadi tujuan saya memanfaatkan peluang di baseline Madura yang dijaga Renika Rama. Saya ingin memaksimalkan lini tengah dengan menambah kedalaman, kata Putu. .

“Kami bersyukur masih mendapat 1 poin. Saya rasa meski kalah, saya tetap mengapresiasi para pemain,” jelasnya.

Memang, mantan manajer Perekat Tegal itu tidak merasa kecewa meski striker asing Wander Luiz tidak mencetak gol di laga keduanya bersama Super Elja.

Menurut Putu, Wander Luiz bukan satu-satunya yang mencetak gol di lapangan.

“Peran yang berbeda ketika kami bermain dengan 10 pemain, kami merasa seperti kami masih 11 pemain karena dapat membantu dengan baik di pertahanan,” katanya.

Dalam kasus yang sama, juru selamat kekalahan PSS Sleman, Riki Dwi, mengaku masih menerima hasil tersebut.

Dia mengatakan rekan satu tim lainnya bekerja keras untuk mencegah PSS Sleman kalah dalam situasi yang tidak menguntungkan ini.

“Alhamdulillah untuk hasilnya. Meski hanya 10 sebagai tim, situasinya berbeda. Intinya para pemain bekerja keras dan berusaha memberikan 1 poin meskipun mereka ingin (mendapat) 3 poin secara pribadi,” katanya.

Jalannya Pertandingan

Juninho membuka jalan bagi PSS Sleman pada tendangan bebas. Sayangnya, eksekusi Brasil itu masih terlalu lemah dan mudah diamankan oleh kiper Madura Inggris M. Ridwan.

Pada 14 menit, Madura United merespon dari sepak pojok yang digunakan oleh Jaimerson Xavier tapi masih memantul gawang PSS Sleman ini, dibela oleh Bagus Prasetyo. Enam menit kemudian, PSS Sleman pemain sayap mencetak gol Irkham Zahrul Mila dan Madura United melakukan serangan balik cepat.

Super Elang Jawa pemain tiba terlambat di daerah defensif dan memaksa Bagus Prasetyo keluar dari sarang dan menghina Renan Silva, yang telah dipisahkan dari penjaga pertahanan.

Stasiun kereta api juga memberikan Bagus kartu merah. Perannya kemudian digantikan oleh Miswar Saputra, yang tertarik Kamu Helmiawan, yang kini telah memulai debutnya di PSS Sleman.

Setelah kehilangan pemain, pertahanan PSS Sleman ini telah dikupas oleh barisan depan Laskar Sape Kerrab ini. Hugo Gomes mencetak gol di menit ke-27 dengan bola set.

Kemudian ia melanjutkan di menit 28 dengan Beto Goncalves, yang ditembak namun diklik pos.

29 menit ke pertandingan, Madura Inggris memiliki peluang besar untuk menempatkan timnya dalam memimpin, namun tendangannya dari kiri melebar. Sebuah lulus ke samping ditarik pertahanan dari posisi yang memungkinkan Miswar Saputra menyelinap ke dalam gawang.

Tidak ingin menjaga tekanan pada dia, PSS Sleman berusaha membalas dendam. Pada menit ke-38 Juninho melakukan tendangan spekulatif, bahkan jika M Ridwan masih menahannya dengan mudah.

Kolaborasi pemain Laskar Sape Kerrab segera pecah pertahanan super Elja ini. Akhirnya, kolaborasi antara Bayu Gatra dan Beto diminta PSS Slemant untuk mengumpulkan bola dari gawangnya sendiri.

Bayu Gatra berhasil mengelabui Aaron Evans dan melepaskan tembakan rendah ke gawang Miswar Saputra. PSS Sleman, yang merupakan salah satu gol di belakang, mencoba untuk mengurangi, tapi setelah 0-1 mereka tetap berdiri hingga babak pertama terpesona.

Babak kedua

Menanggapi gol tersebut, Manajer PSS Sleman Gede I. Putu langsung mengganti Riki Dwit dan Misbakus Solikin dengan Ramdani Lestaluhu dan Irkham Zahrul Mila.

Pada menit ke-49, Riki Dwi baru saja menebar ancaman, tendangannya masih keras, namun M Ridwan masih berada di atas mistar gawang.

Perubahan skema yang dilakukan PSS Sleman harus mengimbangi permainan Madura United yang mendominasi pertandingan selama ini. Papan skor sekarang membaca 51 menit.

Skor 1-1 membuat PSS Sleman semakin percaya diri. Di awal babak kedua, masuknya Misbakus Solikin membuat koordinasi antar lini lebih mulus dibanding babak pertama.

Beto Goncalves dan rekan-rekannya telah meluncurkan kembali serangkaian serangan. Pemain Super Elja sangat seimbang.

Riki Dwi juga memiliki peluang ketiga pada menit ke-76, namun Madura United bertahan, membuka cukup cepat untuk menutup.

Ia mencoba mengubah keunggulan nomor satu Madura, menggantikan Bayu Gatra dan Haris Tuhaera dengan Ronaldo Joybera dan David Laly.

Renan Silva memiliki peluang bagus untuk mencetak gol, namun kiper tim tuan rumah Miswar Saputra menyelamatkan tembakan Madura yang menyundulnya dari sudut kanan atas. Sebelum peluit panjang Madura United dibunyikan, sayang dua posisi Hugo Gomes dan Silvio Escobar gagal membuka kembali gawang PSS Sleman.