5 Tips Menarik Untuk Membuat Dapur Anda Lebih Estetik

Dapur merupakan salah satu ruangan terpenting dalam sebuah rumah. Selain ruang memasak, dapur juga dimaknai sebagai tempat pertemuan keluarga dan ruang kreatif. Berikut adalah lima tips menarik untuk membuat dapur Anda lebih estetis.
Lingkungan dapur yang nyaman dan tertata dengan baik sangat penting untuk menambah semangat dan inspirasi aktivitas dapur Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mendekorasi dapur dengan benda-benda yang estetis dan multifungsi untuk menunjang aktivitas memasak lebih maksimal.

“Memang ada banyak cara untuk menciptakan suasana nyaman di dapur saat ini, apalagi dengan tampilan yang estetis,” ujar Putri Habibie yang rajin memasak di rumah, seperti dikutip dalam siaran pers dari Shopee 2.2 COD Sale.

“Namun, yang terpenting, sangat penting untuk menentukan gaya dan skala prioritas yang ingin Anda dukung untuk rutinitas memasak yang lebih optimal.”

Untuk itu, kami akan membagikan beberapa tips menarik untuk menciptakan dapur yang estetis melalui starter kit peralatan masak hari ini, sebagai berikut.

1. Pilih peralatan masak yang sesuai

“Saat memilih wajan/wajan dan wajan, kuncinya harus diperhatikan karena mempengaruhi kualitas masakan dan kesehatan,” kata Putri.

Ini juga memberikan sejumlah rekomendasi untuk komponen yang aman namun estetis yang patut dipertimbangkan. Diantara mereka:

– panci stainless steel (baja tahan karat)
– panci besi cor (cast iron)
panci granit
tidak ada panci tongkat.

Keempat bahan yang dilewatkan oleh Putri mampu menahan panas dengan dispersi yang baik, sehingga aman jika dimasak pada suhu tinggi dalam waktu yang lama.

Selain bahan dasar, pastikan gagang panci terbuat dari elemen padat yang tidak memerangkap panas, seperti kayu, vinil atau karet sintetis sejenis, logam, dan baja tahan karat.

Faktor penting lainnya adalah pemilihan ukuran panci/panci yang disesuaikan dengan jumlah masakan.

Namun, wajan berukuran sedang hingga sedang lebih praktis digunakan untuk semua jenis makanan, seperti gorengan, gorengan, atau celup.

Bagian, pegangan dan dimensi, serta tata letak, juga harus diprioritaskan.

Menggunakan permukaan dinding dengan menggantung pot dan wajan dengan warna dapat menjadi dekorasi yang indah untuk dekorasi dapur Anda. Namun mereka juga lebih suka menyimpan di ruang tertutup seperti rak dan lemari jika ingin terlihat kosong dan mudah dibersihkan.

2. Pilih produk multifungsi atau peralatan dapur

Saatnya memanfaatkan peralatan masak elektrik multiguna karena dapat memaksimalkan proses memasak agar lebih mudah dan efisien.
Misalnya, chopper dan blender untuk memotong sayuran, mencincang daging atau menggiling bumbu lebih cepat.

Jadi rice cooker dengan tambahan fungsi multifungsi berguna tidak hanya untuk memasak nasi, tetapi juga untuk mengukus, bubur, sup dan fungsi slow cooking.

Namun, jangan lupakan pertimbangan utama dalam memilih peralatan dapur yaitu performa rendah, fitur tambahan dan aksesoris yang lengkap, tanpa melupakan kemudahan dalam membersihkannya.

Dari poin tersebut, Anda tinggal memilih desain dan bentuk yang tepat untuk menyempurnakan tampilan dapur Anda yang modern dan elegan.

3. Pahami fungsinya dan pilih warna yang sesuai

Kebutuhan memasak yang berbeda membutuhkan penggunaan peralatan dapur seperti spatula, pisau dan talenan yang dibentuk dan ukurannya disesuaikan dengan fungsinya.
Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan membeli kit / paket secara langsung, tetapi jika Anda merasa cukup, Anda dapat membeli unit selama Anda tahu apa yang Anda butuhkan.

“Saya sangat menyukai suasana cerah, hangat, dan akrab dari dapur farmhouse. Ini menjadi ciri gaya memasak saya, yang mempertahankan keramahan cita rasa rumahan. Seperti yang selalu saya katakan, surga adalah buatan sendiri,” katanya Putri.

4. Peralatan makan yang cantik meningkatkan estetika ruangan

Tidak hanya pilihan peralatan makan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, namun manfaatnya dapat mempercantik tampilan dapur Anda. Menurut Putri, jika ingin membuat dapur klasik, Anda bisa menggunakan piring berwarna biru, putih, atau hitam.

Di sisi lain, peralatan makan kayu memberikan kesan dapur bergaya rustic, sedangkan material kaca dan stainless steel tidak hanya membuat dapur lebih estetis, tetapi juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin membuat dapur menjadi nyaman. dan minimalis. menyentuh.

5. Gunakan kotak penyimpanan untuk kerapian

Untuk menjaga dapur Anda tetap estetis dan elegan, Anda dapat menyimpan bumbu, bahan masakan, daging, buah dan sayuran di tempat penyimpanan khusus.

Dengan menggunakan ruang penyimpanan seperti wadah, botol, rak gantung atau sekat sebagai elemen interior, dapur Anda menjadi lebih tertata dan luas.

Selain warna putih atau transparan, wadah berwarna pastel menciptakan suasana dapur yang semarak dan manis. Manfaatnya pun lebih banyak berkat penyortiran berdasarkan kategori, sehingga memudahkan pencarian bumbu atau bahan masakan lainnya.

“Karena kami sangat senang bisa menyiapkan makanan khas di rumah yang disukai keluarga kami, apalagi dengan penyajiannya yang cantik dengan tambahan dekorasi untuk peralatan dapur,” kata Putri Habibie.

“Selain menciptakan kreativitas, memiliki dapur impian bagi kami adalah salah satu kepuasan tersendiri. Nah, pernahkah terpikirkan gaya memasak apa yang cocok untuk Anda? Semoga starter kit ini bisa memberikan inspirasi dan momentum untuk dapur yang estetis dan efisien. ”