Hasil Pertandingan Barcelona vs Bilbao: Skor 3-2

Athletic Bilbao mengalahkan Barcelona dalam perpanjangan waktu 3-2 di babak 16 besar Copa del Rey 2021/22, yang berlangsung di San Mames Barria, Jumat (21 Januari 2022) dini hari WIB.

Ada tembakan ke gawang dalam pertandingan ini. Dua gol tuan rumah disamakan oleh Ferran Torres dan Pedri berkat aksi Iker Muniain dan Inigo Martinez.

Muniain juga menjadi pahlawan kemenangan Athletic Bilbao di perpanjangan waktu berkat gol yang dicetak dari penalti. Bilbao pun berhasil menyingkirkan sang juara bertahan dan berhak melaju ke perempat final.

Barcelona vs Bilbao

Babak pertama

Pertandingan hanya tinggal dua menit, dengan Athletic Bilbao sudah mampu membuka pintu dengan lemparan bebas Muniain yang ditembakkan ke tiang jauh tanpa kedatangan Marc-André ter Stegen.

Gol cepat itu tidak membuat Barcelona panik. Gerard Pique mencoba menyamakan kedudukan dengan mengirimkan umpan panjang ke arah penyerang tengah, tetapi pertahanan tim tamu lebih baik dari gaya permainan langsung ini.

Ferran Torres mencetak gol penyeimbang Barcelona. Bintang baru blaugrana itu melepaskan tembakan melengkung untuk menaklukkan Julen Agirrezabala. Itu sudah setengah jalan 1-1.

Hasil Pertandingan Barcelona vs Bilbao
Hasil Pertandingan Barcelona vs Bilbao

Babak kedua

Kembali dari ruang ganti, Xavi berganti pakaian. Abdessamad Ezzalzouli, yang tidak terlalu eksplosif di babak pertama, mundur dan digantikan Nico Gonzalez.

Laju permainan barcelona vs bilbao di awal babak kedua sedikit lebih lambat dibandingkan babak pertama. Kedua tim tampak lebih berhati-hati, skor selalu sama.

Pada menit ke-84, Inaki Williams mendapat peluang emas ketika umpan silang dari kanan mengarah langsung ke gawang Ter Stegen. Sayang, bola masih membentur mistar gawang.

Dua menit berselang, Bilbao akhirnya memimpin berkat gol Inigo Martinez. Berawal dari posisi setting, Martinez sukses membocorkan bola liar dari dekat dan meledak di pintu tamu.

Tak lama berselang, Bilbao kembali mencetak gol melalui gol Alex Berenguer. Namun kali ini, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Berenguer sudah berada di lapangan.

Beberapa saat sebelum masa injury time berakhir, Barcelona berhasil memaksa pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu berkat gol Pedri.

Extra Time

Di perpanjangan waktu, Barcelona menjadi malapetaka ketika Ansu Fati yang baru berada di lapangan sejak pertengahan babak kedua cedera dan harus menggantikan Sergino Dest.

Menjelang akhir babak pertama perpanjangan waktu, Bilbao dihukum setelah VAR memutuskan bahwa hand ball Jordi Alba berada di lapangan terlarang ketika ia memblok tendangan silang Nico Williams.

Muniain, yang telah maju menjadi algojo, melakukan pekerjaan yang sangat baik. Bilbao kembali memimpin dengan 3-2.

Di babak kedua, Barcelona mencetak gol melalui tembakan Ferran Torres. Namun, hakim garis pertama kali mengibarkan bendera, menunjukkan bahwa dia disergap.

Tidak ada lagi gol dari kedua tim di sisa pertandingan antara barcelona vs bilbao. Kemenangan 3-2 Bilbao ata sbarcelona menjadi hasil akhir pertandingan.

Susanan Pemain Barcelona vs Bilbao

Athletic Bilbao: Julen Agirrezabala; Oscar De Marcos (Inigo Lekue 106′), Dani Vivian, Inigo Martinez, Yuri Berchiche (Mikel Balenziaga 91′); Nico Williams (Oier Zarraga 110), Dani Garcia, Mikel Vesga (Peru Nolaskoain 117), Iker Muniain (c); Oihan Sancet (Inaki Williams menit ke-52), Raul Garcia (Alex Berenguer menit ke-79).

Barcelona: Marc-André ter Stegen; Dani Alves, Ronald Araujo, Gerard Pique, Jordi Alba; Gavi (Frenkie de Jong 61), Sergio Busquets (c), Pedri (Martin Braithwaite 105); Abdessamad Ezzalzouli (Nico Gonzalez 46), Ferran Torres, Ferran Jutgla (Ansu Fati 61) (Sergino Dest 96).