Apa Perbedaan E-banking dan M-banking

Beberapa dari kalian mungkin sudah mengandalkan layanan mobile banking dan internet banking dari berbagai bank yang Anda gunakan. Tapi tahukah Anda perbedaan antara mobile banking dan internet banking? Karena kedua struktur ini sudah tidak asing lagi dan sering digunakan untuk berbagai transaksi yang ada. Yuk kita simak Perbedaan E-banking dan M-banking !

Semua layanan ini memiliki sejumlah manfaat dan terkesan lebih praktis. Manfaatnya juga banyak dari waktu ke waktu karena tidak perlu antri dan repot ke bank. Akses mudah melalui beberapa perangkat yang ada, semua masalah dapat diselesaikan secara instan. Mari kita bicarakan untuk mengatasi rasa penasaran.

Mengenal Mobile banking dan Internet Banking

Mobile Banking dan kelebihannya

Sebelum mendalami Perbedaan E-banking dan M-banking, ada baiknya memahami dua opsi yang ditawarkan oleh bank-bank tersebut. Mobile banking adalah layanan yang disediakan atau ditawarkan oleh bank kepada nasabah untuk memudahkan proses transaksi yang diperlukan.

Melalui mobile banking, semua proses dapat dilakukan dengan mudah karena hanya melalui smartphone yang Anda miliki. Ada banyak kegunaan yang tersedia, mulai dari cek saldo, transfer bank, transfer rekening dan pembelian. Selain itu, beberapa bank juga menawarkan kemudahan bertransaksi yang dapat dilakukan melalui mobile banking.

Jika Anda ketinggalan ATM dan ingin menarik uang tunai, gunakan ponsel cerdas Anda. Langkah-langkahnya cukup login ke aplikasi mobile banking dan setelah itu Anda akan menerima kode untuk tarik tunai sesuai dengan ATM yang telah diprogram. Namun masalahnya, tidak banyak ATM yang mendukungnya, dan hanya sedikit.

1. Hemat waktu

Bagi mereka yang sangat menghargai waktu dan waktu luang, layanan mobile banking sangat berguna. Terutama untuk kebutuhan transaksional karena Anda tidak perlu pergi ke bank terdekat untuk menyelesaikan pekerjaan. Semuanya hanya bisa dilakukan melalui smartphone atau handphone.

Ini termasuk memeriksa saldo, transfer antar bank, tabungan dan banyak layanan lainnya.

2. Mudah dan praktis

Jika Anda memiliki rekening yang mendesak dan perlu dikelola dengan cepat, Anda tidak perlu lagi langsung ke ATM atau bank. Dengan layanan mobile banking yang Anda inginkan, Anda dapat melakukannya dengan cara yang sederhana dan praktis. Oleh karena itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan pembayaran, transfer dan lainnya hanya dilakukan melalui smartphone.

Tidak mengganggu aktivitas Anda dan prosesnya pun tidak memakan waktu lama, hanya hitungan menit semua selesai.

3. Pelaporan waktu nyata 24 jam

Hal yang paling menarik dari penggunaan mobile banking adalah semua hubungan ditangani dengan sangat baik dan cepat. Karena semua data dilampirkan dalam waktu 24 jam, kami membaca semua transaksi dengan cermat. Oleh karena itu, memiliki bank seluler sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan.

4. Prosedurnya gratis

Jika Anda tertarik menggunakan layanan mobile banking, semua proses yang ada gratis. Ini meliputi pendaftaran, administrasi dan kegiatan yang dilakukan. Tentu saja, ini adalah bagian yang paling menguntungkan dan tidak ada masalah.

5. Aman dan terjamin

Bank tidak memberikan layanan yang membahayakan nasabah yang mempercayakan keuangannya kepada mereka. Layanan mobile banking yang ditawarkan sudah sesuai dengan standar yang ada, sehingga dijamin aman dan terjamin. Bahkan, setiap pelanggan selalu menerima kode verifikasi, PIN, dan lainnya.

Hal ini untuk menjaga dan menghindari berbagai masalah yang tidak diinginkan, yang terpenting adalah tidak membagikan kode verifikasi atau PIN kepada orang lain.

Internet banking dan kelebihannya

Internet banking adalah aktivitas atau layanan yang memungkinkan Anda melakukan transaksi, pembayaran, dll dengan nyaman. melalui situs web bank yang Anda tunjuk. Semua proses dilindungi oleh sistem dan dijamin aman. Memang internet banking sendiri sudah diatur oleh undang-undang dari segi resiko dan keamanan.

Hal ini dapat dilihat pada perintah Bank Indonesia. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 yang menjelaskan tentang manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh bank umum di Indonesia. Tentunya kegiatan yang Anda lakukan tidak bisa sembarangan dan semuanya dikontrol dengan ketat.

Anda dapat mengaksesnya untuk penggunaan pribadi melalui PC atau smartphone Anda, karena prosesnya dilakukan melalui situs web bank. Kemudian Anda dapat mengaksesnya melalui browser Anda. Jika ingin mencobanya, datang saja ke bank terdekat untuk prosedur pendaftarannya.

Selanjutnya, jika Anda sudah memilikinya, Anda akan menerima ID pengguna, kata sandi dan token atau OTP. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda dapat menggunakan perbankan online. Dari segi kegunaan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobile banking, Anda bisa mendapatkan semuanya.

Anda dapat menemukan informasi tentang tabungan, rekening deposito, permintaan transfer, pembayaran, dan banyak lagi. Fitur yang disediakan antara lain notifikasi email yang kami kirimkan saat transaksi selesai dan ada juga layanan ringkasan yang semuanya akan tersedia di akhir bulan.

Jadi segala sesuatu tentang penjelasannya hampir sama. Jadi apa perbedaan antara mobile banking dan internet banking?

Perbedaan E-banking dan M-banking

1. Akses ke layanan

Dalam hal penggunaan, keduanya hampir sama, tetapi proses masuklah yang membedakan layanan ini. Bagi mereka yang menggunakan mobile banking, seluruh proses melewati aplikasi yang dibuat oleh bank ad hoc untuk pelanggannya. Jadi untuk transaksi dan lain sebagainya, hanya melalui situs ini.

Dalam internet banking, nasabah memiliki hak untuk mengakses proses tersebut. Karena melalui browser atau mesin pencari, bahkan melalui komputer, laptop atau smartphone yang Anda miliki.

2. Persyaratan penggunaan

Jika Anda membutuhkan akses cepat dan tidak repot, solusinya adalah menggunakan mobile banking. Karena dengan aplikasi yang ada, semua kebutuhan perbankan yang diinginkan dapat diselesaikan dengan cepat dan nyaman, hanya dengan satu klik dan Anda siap berangkat.

Lain halnya jika Anda menggunakan internet banking, semuanya harus manual dan lebih lambat dari mobile banking. Biasanya bagi yang tidak ingin ke bank dan mengantri lama, internet banking adalah solusi yang tepat. Jadi perbedaannya adalah pada fase kebutuhan.

3. Kenyamanan dan kepraktisan

Pada tahap ini, mobile banking memang jauh lebih mudah dan cepat untuk digunakan karena hanya melalui aplikasi yang ada. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan semua proses transaksi, cukup klik dan Anda bisa langsung memulai. Tidak seperti perbankan online, setiap fase sedikit lebih lama dan lebih lambat.

Jadi apa perbedaan antara mobile banking dan internet banking? Saya pikir penjelasan di atas memberikan pemahaman yang jelas. Semuanya kembali lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan karena hampir sama dalam hal kegunaan.