Hasil Timnas Indonesia vs Timnas Timor Leste: Menang 3-0,

Timnas Indonesia (Timnas) menang 3-0 atas Timor Leste dalam laga Matchday FIFA, Minggu (30 Januari 2022) pukul WIB. Berkat hasil manis ini, Garuda berhasil menggeser Singapura dari posisi 160 di FIFA.

Terin Owang Puhiri yang mencetak gol pada menit  kelima, dan Ramai Rumakiek yang mencetak gol pada menit kelima, menunjukkan kemenangan tim asuhan Shin Tae-yong, disusul oleh Ricky Kambuaya yang mencatatkan namanya pada menit ke-72.

Babak pertama

Timnas Indonesia dengan cepat dimenangkan dalam pertandingan tersebut. Bagaimana tidak, saat waktu tinggal lima menit lagi, berkat campur tangan Terens Owang Puhiri, tim Garuda langsung bisa merayakan gol. Diawali dengan operan Ricky Kambuaya, Terens langsung memberi keunggulan bagi Timnas Indonesia.

Setelah itu, ia mampu mendominasi timnas Indonesia, namun masih kesulitan mencetak gol. Bahkan, beberapa peluang bisa diciptakan. Namun, karena posisi Shin Tae-yong yang lemah, skor tetap 1-0. Skuat baru Garuda bisa saja menambah keunggulan saat pertandingan babak pertama hampir berakhir.

Pada menit ke-41 Ricky Kambuaya kembali menjadi top skorer timnas Indonesia. Ramai Rumakiek dibersihkan untuk menangkapnya dengan cepat dari wasit, banyak yang membuat cemas kiper yang tidak siap.

Menendang bola dari luar enam belas, didampingi tiga pemain, posisi kiper Timor Leste berada di tiang gawang terdekat, tetapi bola akhirnya memotong jaring lawan. Sesaat setelah turun minum, tim nasional Indonesia menang 2-0 melawan Timor Leste untuk sekali.

Babak Kedua

Di babak kedua Shin Tae-yong tidak melakukan trade seperti yang dilakukannya beberapa hari lalu di pertandingan pertama melawan Timor Leste, tampaknya karena keunggulan yang kini ada di tangan timnas Indonesia.

Sementara itu, Timor Leste telah memutuskan untuk menurunkan tiga pemain baru secara langsung di awal babak kedua. Selanjutnya, tiga pemain lainnya masuk memperkuat Timor Leste di babak kedua.

Namun, Timnas Indonesia memang bisa menambah keunggulan. Kali ini Ricky Kambuaya yang menerobos gawang Timor Leste, Ricky berlari dengan aksi individu dan mampu memberikan tendangan yang tidak disangka kiper Timor Leste.

Alhasil, Timnas Indonesia menang 3-0 pada menit ke-72. Masih banyak peluang emas yang tersisa untuk sisa waktu. Sudah Marselino Ferdinand hampir saja mencetak gol pertamanya untuk timnas Indonesia, jika tembakannya tidak kewalahan oleh kiper Timor Leste.Tak lama kemudian wasit bersiul panjang dan timnas Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste.

Susunan Pemain Timor Leste vs Indonesia

Indonesia XI (4-3-3): Nadeo Argawinata; Bayu Fiqri, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinand, Ramai Rumakiek, Ronaldo Kwateh, Terens Puhiri

Peatih: Shin Tae-yong

Timor Leste XI: Junildo Manuel; Tomas Jesus, Joao Dos Santos, Jaimito Antonio, Joao Bosco, John Paul, Dom Lucas Martins, Mouzinho, Zenivio Morientes, Elias Da Costa, Paulo Gali Freitas

Pelatih: Fabio Magrao