6 Cara Promosi Video Youtube Efektif Tingkatkan Jumlah Penonton

Hai kawan. Apakah Anda berencana untuk menjadi pembuat konten? Atau hanya membangun channel Youtube? Jika demikian, Anda berada di tempat yang tepat. Seperti yang Anda ketahui, menjadi seorang content creator bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi bagi mereka yang bekerja tanpa tim. Lalu bagaimana cara Promosi Video Youtube Efektif?

Pada dasarnya, ada banyak aspek untuk membuat konten video Anda mendapatkan banyak penayangan. Satu tergantung pada bagaimana Anda mengiklankan diri sendiri.

0Ini tidak hanya berarti Anda dapat membagikannya dengan teman-teman Anda, tetapi orang lain dapat dengan mudah menemukan kontennya. Oleh karena itu, bagi yang ingin menambah jumlah viewer, berikut cara mempromosikan video Youtube dengan mudah.

Cara Promosi Video Youtube Efektif

1. Pilih kata kunci yang mudah ditemukan Google

Bagi yang baru membangun channel, ini adalah langkah yang sangat efektif dalam mempromosikan video Anda. Mengutip dari blog.hootsuite.com, orang tidak hanya mencari video di YouTube, tetapi juga mencari di Google. Untuk membuat konten Anda mudah ditemukan di Google, Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

A. Riset kata kunci potensial

Anda dapat menggunakan berbagai alat untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan, termasuk Google Trends. Alat ini membantu Anda mengetahui tren apa yang sedang terjadi dengan mendapatkan apa yang paling dicari orang di Google. Anda juga dapat menggunakannya untuk menghasilkan ide untuk konten video Anda.

B. Gunakan kata-kata yang familiar

Hindari menggunakan kata-kata yang terdengar asing bagi audiens Anda. Anda dapat menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Menemukan kata-kata yang tepat akan membantu Anda menemukan video Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakan kata “bagaimana” untuk “bagaimana” dalam konten tutorial. Anda juga dapat menggambarkan inti dari video secara langsung. Misal: “Bagus, ini dia lokasi rahasia Kawah Putih Bandung”

Anda dapat menggunakan kata kunci ini saat menulis judul dan deskripsi video. Ini memungkinkan Google untuk menganalisis dan menampilkan video Anda di halaman pencarian Google pertama.

2. Gunakan judul yang pendek

Sedapat mungkin, judul tidak boleh rumit dan tidak tampak berlebihan. Anda bisa membuat judul maksimal 60 karakter agar judul video tidak terpotong di tampilan samping Youtube. Judul yang panjang kurang diminati masyarakat. Kunci untuk menulis judul konten YouTube adalah ringkas, namun menarik.

Juga, jangan terlalu mengandalkan umpan klik. Tak bisa dipungkiri, tulisan dengan gaya ini berpeluang besar diklik oleh masyarakat. Tetapi apakah perlu waktu lama untuk menonton video Anda? Semua ini mengembalikan kualitas dan konten konten video yang Anda buat.

3. Buat thumbnail yang menarik

Apakah Anda sering melihat thumbnail di video Youtube Anda? Ini disebut miniatur. Sederhananya, thumbnail adalah gambar sampul / thumbnail video di Youtube. Ini adalah gambar pertama yang dilihat pemirsa ketika mereka menonton video di YouTube.

Saat Anda mengunggah video, YouTube biasanya mengambil beberapa tangkapan layar video untuk membuat gambar mini. Sayangnya, terkadang foto yang saya ambil buram dan terkesan biasa saja. Tapi ternyata kamu bisa mengatur dan membuat thumbnail yang lebih menarik. Coba perhatikan, biasanya thumbnail pembuat konten adalah merek dagang mereka.

Fungsi utama dari miniatur ini adalah untuk menarik perhatian pemirsa. Menurut sebuah studi MIT, otak kita dapat mengidentifikasi gambar yang terlihat hanya dalam 13 milidetik. Oleh karena itu, untuk menarik minat pengunjung Youtube untuk menonton video Anda, Anda perlu membuat thumbnail yang menarik, misalnya

  • Desain unik
  • Gambar yang sesuai dengan konten
  • Memiliki teks tebal besar sebagai judul pendek

4. Optimalkan deskripsi video untuk Promosi Video Youtube Efektif

Untuk membangun saluran yang hebat, dan Promosi Video Youtube Efektif Anda perlu mengoptimalkan setiap aspek Youtube. Salah satunya adalah deskripsi konten video. Seperti yang Anda ketahui, deskripsi video Youtube biasanya berfungsi sebagai ringkasan konten. Namun, dengan menulis deskripsi yang tepat, Anda dapat dengan mudah menemukan video Anda, berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk membuat deskripsi video.

A. Gunakan kata kunci

Pilih 1-2 kata kunci yang mendeskripsikan konten secara akurat untuk memaksimalkan penelusuran video Anda. Itu selalu dimulai dengan ringkasan deskripsi yang mengejutkan. Untuk hasil terbaik, sebutkan kata kunci yang Anda targetkan di dua atau tiga kalimat pertama deskripsi.

B. Tulislah dengan menarik dan sesuai dengan video

Jika deskripsi yang Anda tulis tidak sesuai dengan konten video, hal itu dapat memengaruhi cara penonton melihat konten tersebut. Tujuan penulisan deskripsi adalah untuk memberikan gambaran awal kepada pemirsa tentang isi video Anda. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tulisan yang mudah dipahami dan menarik.

C. Tambahkan hashtag

Coba beberapa hashtag (#) yang cocok dengan konten video Anda. Ini dapat membantu pemirsa menemukan konten Anda. Hashtag ini bisa berisi kata kunci seperti #editvideo #learningdigital marketing dan lain-lain.

D. Iklan Video

Jangan ragu untuk mempromosikan video Anda yang lain juga. Di kolom deskripsi, Anda dapat memasukkan judul dan tautan. Hal ini dapat mempermudah pemirsa tanpa harus menelusuri lagi. Namun, sebaiknya video yang Anda masukkan berisi konten yang tidak jauh berbeda dengan video Anda sebelumnya. Salah satu cara untuk membuat langkah ini lebih efisien adalah dengan streaming konten video Anda.

5. Promosi Video Youtube Efektif adalah dengan Bicaralah dengan penonton

Menjangkau pemirsa adalah cara paling efektif untuk mempromosikan video YouTube Anda. Hal ini karena Anda akan berhubungan langsung dengan masyarakat. Dengan menciptakan interaksi yang baik, Anda dapat mengubah audiens Anda menjadi pengikut jangka panjang. Namun, langkah-langkah berikut diperlukan untuk membangun hubungan dengan audiens Anda.

A. Undang mereka untuk membagikan konten Anda

Ya, Anda pasti sudah tahu. Kedengarannya seperti template yang digunakan oleh hampir setiap pembuat konten, tetapi ini memainkan peran penting dalam mempromosikan video Anda. Misalnya, ketika mereka tidak keberatan membagikan video Anda dengan teman-teman mereka.

B. Dengarkan audiens Anda

Faktanya, Anda tidak harus menanggapi semua komentar. Anda dapat memilih beberapa positif dan membalas atau menyukai komentar mereka. Ketika mereka menanggapi komentar pemirsa, mereka biasanya menghargai upaya Anda untuk terhubung dengan mereka. Itu juga dapat membuat pemirsa melihat kembali video Anda karena mereka merasa seperti sedang mendengarkannya.

C. Undang mereka untuk berpartisipasi

Ini sebenarnya cukup rumit karena tergantung bagaimana Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan audiens Anda. Jika Anda merasa nyaman dengan audiens Anda, Anda dapat meminta mereka untuk menyarankan ide konten di akhir video atau di bagian komentar. Pastikan Anda memilih ide terbaik dan membuat video tentang topik tersebut. Ingatlah untuk mengenali pemirsa yang idenya Anda gunakan sebagai konten.

6. Optimalkan penggunaan media sosial Anda

Seperti diketahui, media sosial memiliki potensi promosi yang besar. Sebagai langkah awal, Anda harus menggunakan semua media sosial untuk mempromosikan konten saluran YouTube Anda. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Anda dapat membagikan kutipan dari konten Anda untuk menarik perhatian teman atau kontak Anda.