7 Efek Kecanduan Gadget Pada Kesehatan

Seiring waktu, hampir semua dari kita kecanduan gadget, baik orang dewasa maupun anak-anak, yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan. Berikut artikel tentang Efek Kecanduan Gadget yang wajib anda ketahui!

Mengacu pada Everyday Health, para peneliti di University of California menemukan bahwa kebanyakan dari kita menyerap informasi tiga kali lebih banyak sehari daripada yang mereka lakukan 50 tahun lalu.

7 Efek Kecanduan Gadget Pada Kesehatan

Berikut dampak kecanduan gadget pada kesehatan yang merugikan:

1. Machine Vision Syndrome

Mengutip WebMD, mata manusia mengalami sindrom penglihatan mesin ketika Anda menatap layar widget selama berjam-jam setiap hari. Tanda-tanda sindrom penglihatan mesin meliputi:

  • Mata lelah
  • Iritasi mata
  • Penglihatan kabur
  • Penglihatan ganda

Sindrom ini dapat membingungkan, meskipun kondisinya mungkin tidak permanen. Untuk melindungi mata Anda, ikuti langkah-langkah berikut: Pastikan kacamata atau lensa kontak yang Anda pakai melindungi mata Anda dari radiasi. Gunakan lensa kacamata yang dapat meningkatkan persepsi kontras dan menyaring pantulan dan cahaya yang dipantulkan untuk mengurangi gejala kelelahan mata.

2. Insomnia

ilustrasi insomnia
ilustrasi insomnia

Merujuk pada WebMD, insomnia juga merupakan akibat dari kecanduan widget, yang disebabkan oleh kebiasaan bekerja larut malam dengan laptop, yang dapat mengganggu waktu tidur. Sementara itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa video game mengurangi kadar melatonin.

Melatonin adalah hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur dan bangun kita. Jam istirahat di depan TV juga mempengaruhi pola tidur. Satu studi menemukan bahwa remaja yang menonton televisi selama 3 jam atau lebih sehari memiliki risiko masalah tidur yang jauh lebih tinggi. Biasanya terjadi pada awal masa dewasa.

3. Cedera berulang (repetitive stress injury)

Merujuk pada WebMD, efek kecanduan widget dapat menyebabkan: Iritasi tendon Pembengkakan yang dapat memberikan tekanan pada saraf. Karena dibutuhkan gerakan kecil yang konstan untuk menggerakkan mouse atau mengetik di keyboard. Menggunakan mouse komputer selama setengah jam sehari berisiko menimbulkan nyeri berulang di bahu, lengan, atau tangan.

Menurut Mary Barbe, seorang profesor di Departemen Anatomi dan Biologi Sel di Temple University di Philadelphia, cedera berulang dapat mempengaruhi seluruh tubuh, bukan hanya bagian yang terkena stres berlebihan. Sel-sel yang rusak dalam tubuh melepaskan zat yang disebut sitokin yang berjalan melalui aliran darah. Sitokin adalah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan untuk melakukan berbagai fungsi penting dalam penanda pensinyalan sel.

“Jika cukup (sitokin) beredar dalam aliran darah, mereka bisa menjadi racun bagi sel-sel saraf dan sel-sel lain,” kata Barbe.

4. Efek Kecanduan Gadget menyebabkan Obesitas

Efek kecanduan widget juga dapat meningkatkan risiko obesitas pada individu. Mengacu pada WebMD, ada hubungan yang lebih langsung antara obesitas dan gaya hidup digital. Ini karena Anda menghabiskan terlalu banyak waktu dengan widget Anda. Rutinitas hari ini datang dengan gadget mereka, bahkan saat istirahat.

Saat istirahat, alih-alih keluar ke udara segar atau bertemu alam, kita sering kembali menggunakan gadget untuk bermain video game, berbelanja, atau bersosialisasi. Oleh karena itu, ini dikaitkan dengan kecenderungan untuk mengonsumsi makanan dan tubuh kurang bergerak.

Jason Mendoza, asisten profesor pediatri di Baylor College of Medicine, membandingkan berat badan anak-anak prasekolah dan pengguna non-komputer. Ia menemukan bahwa anak-anak yang cenderung membutuhkan komputer lebih berat.

5. Gangguan Pendengaran

Merujuk pada WebMD, efek kecanduan widget dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran akibat kebiasaan mendengarkan musik di rumah atau sambil berjalan.

Robert E Novak, kepala Departemen Pidato, Bahasa dan Pendengaran Universitas Purdue, sedang menguji pendengaran mahasiswanya. Terlalu banyak orang muda yang mengalami fungsi telinga daripada yang lebih tua karena mereka kehilangan kemampuan untuk mendengar pada frekuensi tinggi di akhir Abad Pertengahan. Novak mengatakan orang-orang ini biasanya mendengarkan musik dari 85 hingga 110 desibel melalui headphone.

“Tidak hanya tingkat kebisingan, tetapi durasinya juga penting,” kata Novak.

Telinga kita dapat pulih dari sirene yang memekakkan telinga, tetapi kehadiran suara keras setiap hari selama berjam-jam dapat menghancurkan sel-sel telinga bagian dalam secara permanen.

6. Kapasitas memori berkurang

Mengutip kesehatan sehari-hari, multitasking adalah hal biasa di tengah kecanduan widget, seperti: Mengemudi sambil berbicara di ponsel Mengirim pesan teks sambil mendengarkan panggilan konferensi sambil menonton iPad TV. Multitasking adalah normal baru, dan sementara kita merasa lebih efisien, penelitian memiliki efek sebaliknya.

“Tingkat kinerja Anda turun jika Anda menghentikan satu aktivitas untuk melakukan aktivitas lain,” kata Adam Gazzaley, profesor neurologi, fisiologi dan psikiatri di University of California, San Francisco.

Dia telah melakukan penelitian berkelanjutan tentang efek media pada otak manusia. Mereka yang melakukan banyak tugas lebih sulit menyaring informasi yang tidak relevan daripada mereka yang fokus hanya pada satu tugas pada satu waktu. Multitasking biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk bertukar tugas, memecahkan masalah, dan membuang waktu untuk mencari informasi baru.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science pada 2011, mahasiswa di Columbia dan Harvard University memiliki ingatan yang lebih baik tentang fakta jika mereka tahu bahwa mereka tidak dapat membacanya dari komputer. Jika mereka tahu bahwa mereka bisa mendapatkan fakta secara online nanti, mereka hanya akan mengingat bagaimana dan di mana mendapatkan informasi tersebut.

Kapasitas memori manusia semakin menurun seiring bertambahnya usia. Gazzaley mengatakan yang lebih muda dapat mengingat ingatan mereka yang hilang sementara lebih cepat daripada yang lebih tua. Untuk mengatasi banjir informasi dan tuntutan multitasking sehari-hari, Gazzaley meluangkan waktu setiap hari untuk

“mendengarkan musik sambil menulis email dan berbicara dengan rekan-rekannya”. Jadi dia menutup pintu ke tempat kerjanya, mematikan telepon dan bekerja tanpa henti. Saat itulah saya bisa “berpikir secara kualitatif,” katanya.

7. Ketidakstabilan emosi

Mengutip kesehatan sehari-hari, banyak anak muda yang mengalami efek kesehatan dari kecanduan widget berupa ketidakstabilan emosi. Secara umum, ketidakstabilan emosi disebabkan oleh:

  • Kurang tidur

Remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9 jam setiap harinya, namun kebiasaan bermain media sosial hingga larut malam dapat mengganggu kebutuhan tidur. Sherry Turkle, direktur Teknologi dan Inisiatif Diri di Massachusetts Institute of Technology (MIT), mengatakan kebiasaan buruk mencegah anak-anak berkonsentrasi di sekolah dan mengatasi tekanan sosial dengan baik.

  • Mereka terlalu mengandalkan informasi virtual

Remaja modern saat ini cenderung menjadi pemikir yang mandiri dengan mengandalkan informasi dari gadget mereka.

“Lima belas tahun yang lalu, jika seorang anak menelepon ibunya untuk meminta nasihat sepuluh kali sehari, saya akan khawatir,” kata Turkle.

“Apa yang baru hari ini?” Sudah menjadi hal biasa, tetapi masih menjadi masalah.

  • Tidak memiliki waktu sendiri yang berkualitas

Saat ini, media sosial mencegah remaja menghabiskan waktu sendirian. Akibatnya, mereka sering menderita” ketakutan ditinggalkan, “kata Turkle.

“Kami mengutuk satu generasi yang tidak tahu bagaimana duduk dalam kesendirian,” kata Turkle.

Waktu sendiri membantu remaja menjadi lebih tangguh ketika terputus dari perangkat digital dan meningkatkan kesadaran pribadi daripada interaksi sosial virtual. Namun, orang tua dari anak-anak terkadang sakit.

“Mereka tidak bisa berjalan di tikungan ke toko dengan anak mereka tanpa telepon terpasang di telinga mereka,” kata Turkle.

Demikian artikel tentang Efek Kecanduan Gadget, semoga bermanfaat!