Hasil Semifinal Piala Afrika 2021: Kamerun Kalah Adu Penalti, Mesir Tantang Senegal di Final

Tim nasional (Timnas) Mesir berhasil lolos ke final Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Kamerun lewat adu penalti, Jumat (2/2/2020). Penalti berakhir 3-1, dengan Mesir menghadapi Senegal di final Piala Afrika 2021.

Pertandingan Kamerun-Mesir di semifinal Piala Afrika berakhir dengan duel, dengan kedua tim menyamakan kedudukan 0-0 di waktu normal hingga perpanjangan waktu. Karena belum ada yang menang, adu penalti dilanjutkan dan Mesir menang berkat tiga pemain, sementara tiga gagal di Kamerun.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tim nasional Kamerun memenangkan duel babak pertama. Vincent Aboubakar dan kawan-kawan berhasil mendominasi dan tidak membiarkan timnas Mesir mengembangkan permainan.

Empat puluh lima menit didominasi oleh setidaknya 56 persen. Sayangnya, domain ini tidak dilengkapi dengan skema serangan yang efektif karena banyak opsi yang gagal.

Mesir mengalahkan Kamerun di semifinal Piala Afrika 2021

Hasil Semifinal Piala Afrika 2021
Hasil Semifinal Piala Afrika 2021

Timnas Kamerun mampu menciptakan total empat situasi di babak pertama ini. Sayangnya, hanya satu opsi yang terdaftar sebagai tendangan ke gawang, meski gagal membuka kunci.

Di sisi lain, Mohamed Salah tidak bisa banyak mendatangkan rekan-rekannya di babak pertama ini. Mesir hanya bisa mencatatkan dua situasi dan tak satu pun dari mereka menghasilkan gol karena mereka bermain di bawah tekanan.

Alhasil, skor 0-0 dari kacamata dengan nama samaran itu masih menghiasi babak pertama. Usai turun minum, kedua tim harus bermain lebih intens.

Babak Kedua

Menghela nafas di tengah ronde, jalannya pertandingan tidak banyak berubah. Timnas Kamerun terus menguasai permainan setelah kembali mendominasi. Mohamed Salah dan kawan-kawan masih kesulitan mengembangkan permainan. Namun, aksi mereka sedikit lebih baik di babak kedua ketimbang di babak pertama.

Namun jika menciptakan peluang, tim nasional Kamerun akan tetap menjadi fokus. Empat peluang dan dua tembakan ke gawang dibukukan, meski gagal memecah kebuntuan. Mesir hanya bisa menambah situasi yang tak berujung gol.

Mesir mengalahkan Kamerun di semifinal Piala Afrika 2021

Karena itu, skor kacamata bertahan hingga menit ke-80. Kedua tim terus berjuang untuk mencetak gol karena pertandingan berlangsung cukup sengit dan kedua tim bermain hati-hati.

Babak Tambahan

Laga ketat di babak semifinal membuat kedua tim frustrasi dan harus melanjutkan babak tambahan. Mereka harus menempuh perjalanan tambahan 2×15 menit.

Ketegangan sudah habis, jadi tidak ada pihak yang ingin meningkatkan kecepatan permainan. Mereka memutuskan untuk bermain dengan sabar dan menunggu momen untuk menciptakan situasi. Pertandingan masih imbang dan dia harus masuk ke kotak penalti.

Susunan Pemain

Timnas Kamerun (3-4-3): Onana; Castelletto, Ngadeu, TOlo; Fai, Zambo Anguissa, Oum Gwet, Hongla; Ngamaleu, Aboubakar, Toko Ekambi

Pelatih: Antonio Concelcao

Timnas Mesir (4-3-3): Abou Gabal; Kamal, Abdelmonem, El Wench, Fattoh; Mohamed Elneny, Fathi, Al-Sulaya; Mohamed Salah, Mohamed, Marmoush

Pelatih: Carlos Manuel