hit counter

3 Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Sepang

Menarik untuk disimak keunggulan Sirkuit Mandalika 3 dibanding Sirkuit Sepang. Pasalnya, Sirkuit Mandalika dan Sirkuit Sepang sendiri telah dipilih sebagai area uji coba MotoGP musim 2022.

Tes pramusim Sirkuit Sepang di Malaysia berlangsung untuk pertama kalinya. Lebih tepatnya, uji coba tersebut berlangsung akhir pekan lalu, dari 5 hingga 6 Februari 2022. Sebelumnya, ada ujicoba Shakedown yang dirancang khusus untuk pebalap pemula MotoGP.

Sementara itu, uji coba di sirkuit Mandalika Indonesia akan berlangsung akhir pekan ini.  Tepatnya ujicoba berlangsung 3 hari, dari 11 Februari hingga Jumat 13 Februari.

Kini para pembalap telah tiba di Lombok, di Nusa Tenggara Barat. Marc Marquez dan yang lainnya tampak antusias mengikuti putaran pertama sirkuit Mandalika. Sebelum kita melihat aksi Marc Marquez dan yang lainnya dalam ujicoba pramusim, mari kita lihat 3 keunggulan Sirkuit Mandalika dibandingkan Sirkuit Sepang.

Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Sepang

1. Sirkuit Jalan Raya

3 Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Sepang
3 Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Sepang

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika memiliki konsep jalan raya. Meski berkonsep bundaran jalan raya, Sirkuit Mandalika sangat mirip dengan lintasan permanen. Sirkuit Mandalika dijamin menjadi trek paling aman karena didukung sejumlah faktor.

Inilah keunggulan sirkuit Mandalika dibanding sirkuit Sepang. Pasalnya, sirkuit Sepang terkenal sebagai trek permanen dan hanya dibuka saat balapan digelar. Meski sirkuit Mandalika berbeda, lintasan didesain menjadi jalur lalu lintas yang bisa dijadikan jalur wisata jika balapan tidak berlangsung.

 

2. Aspal

Keunggulan lainnya adalah aspal. Sirkuit Mandalika seharusnya memiliki aspal yang jauh lebih baik daripada sirkuit Sepang.

Karena dalam proses produksinya, track Mandalika menggunakan teknologi aspal terkini yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA) yang menjamin kualitas terbaik. Hal ini juga diuji oleh para pebalap World Superbike yang tampak bahagia membalap di sana tahun lalu.

 

3. Dikelilingi oleh Pemandangan yang Indah

3 Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Sepang
3 Keunggulan Sirkuit Mandalika Dibandingkan Sirkuit Sepang

Terakhir, kelebihan Mandalika daripada sirkuit Sepang adalah pemandangan indah di sekitar sirkuit. Ya, lokasi Mandalika diketahui berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika) Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan demikian, Sirkuit Mandalika menawarkan tontonan yang luar biasa. Karena Sirkuit dibangun di pinggir pantai. Sirkuit Mandalika juga dekat dengan Pantai Kuta dan Tanjung Aan.

Adapun sirkuit Sepang sendiri dibangun di Selangor, di distrik Sepang Malaysia. Jalan ini terletak sekitar 45 km dari Kuala Lumpur.

Sirkuit Sepang menawarkan pemandangan yang indah, tetapi mungkin tidak seindah panorama perbukitan dan laut seperti di bundaran Mandalika. Inilah yang dinikmati para pebalap MotoGP.