hit counter

Cara Menemukan Lokasi Vaksinasi Booster Melalui Perangkat Seluler

Pemerintah semakin mendorong pemberian program vaksinasi Covid-19. Yang ingin divaksinasi juga bisa mencari lokasi vaksin di ponselnya menggunakan Google Maps.

Vaksinasi saat ini direkomendasikan untuk tiga suntikan. Mereka yang baru saja menerima dua dosis suntikan disarankan untuk mencari pusat vaksinasi di mana mereka dapat menerima dosis booster.

Vaksin menjadi salah satu upaya mitigasi terhadap peningkatan jumlah kasus Covid-19 per hari belakangan ini, juga didukung oleh virus SarS-CoV-2 versi Omicron.

Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pada Rabu (26 Februari) bahwa pemerintah sendiri memperkirakan lonjakan infeksi dengan versi baru Omicron berlangsung dari pertengahan Februari hingga Maret.

Cara Menemukan Lokasi Vaksinasi Booster

Bagi yang ingin mengecek lokasi booster caranya cukup sederhana, hanya perlu menggunakan handphone melalui Google Maps, sebagai berikut:

– Buka aplikasi Google Maps

– Masukkan “lokasi vaksin covid-19” dan klik Cari

– Google Maps menunjukkan lokasi vaksin Covid-19 di daerah tersebut. Pilih lokasi yang diinginkan

– Jika ada fungsi “janji” di situs vaksinasi, klik tombol daftar

– Jika vaksin tidak memiliki fungsi “janji”, Anda dapat menghubungi kantor dari nomor di Google Maps untuk meminta informasi tentang pengingat vaksinasi

Bagi yang sudah menerima dua dosis vaksin, tiket untuk dosis ketiga bisa didapatkan di website PeduliLindung atau di aplikasi PeduliLindung.

Pemerintah menyediakan vaksinasi booster untuk semua orang yang berusia di atas 18 tahun, tetapi lebih menyukai vaksinasi booster di kalangan orang tua dan kelompok rentan.

Jika Anda memenuhi kriteria ini, Anda dapat mendaftar untuk vaksinasi booster melalui PeduliLindung dari aplikasi atau situs web. Berikut caranya:

Cek Lewat Aplikasi PeduliLindungi

– Masuk dengan akun terdaftar

– Klik menu Profile dan tekan “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”.

– Status dan jadwal booster akan ditampilkan

– Untuk melihat tiket vaksinasi, buka menu Riwayat dan Tiket Vaksin

Cek melalui website PeduliLindungi.id

– Masuk ke Pedulilindungi.id

– Cek status vaksinasi dan tiket dengan memasukkan nama lengkap dan NIK

– Klik tombol Verifikasi.

Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa situs vaksinasi dan tiket booster Covid-19. Mereka yang belum divaksinasi harus segera pergi ke fasilitas kesehatan untuk divaksinasi.