Hasil Vietnam vs Timor Leste di Piala AFF U-23 2022: Lewat Adu Penalti Vietnam U-23 Melaju ke Final

Hasil Tim nasional U-23 Timor Leste (Timnas) melawan Timnas U-23 Vietnam berada di semifinal Piala AFF U-23 2022. Timnas U-23 Vietnam juga berhasil lolos. ke final setelah mengalahkan tim U-23 Timor Leste 0-0 (5-3) lewat adu penalti.

Dalam pertandingan di Stadion Nasional Morodok Techo Kamboja pada Kamis malam, 24 Februari 2022, WIB harus dilanjutkan adu penalti. Pasalnya, skor 0-0 tetap ada di waktu normal dan di perpanjangan waktu.

Vietnam vs Timor Leste
Vietnam vs Timor Leste

Babak Pertama

Di babak pertama, Timnas Vietnam U-23 U-23 langsung melompat di babak pertama dan menyerang pertahanan Timnas Timor Leste U-23. Permainan cepat diterapkan oleh tim Dinh The Nam.

Namun, tim nasional Timor Leste U-23 bukannya tanpa stamina. Terbukti tim asuhan Fabio Joaquim itu berkali-kali melakukan serangan balik, yang cukup menguras pertahanan Vietnam U-23.

Masuk menit ke-30, Timnas Vietnam U-23 berhasil menguasai permainan. Tim Dinh The Nam memulai pertandingan ofensif mereka secara bergantian dari sayap kanan dan kiri.

Serangan diprakarsai oleh Nguyen Trung Thanh di sayap. Namun, tim nasional Vietnam U 23 tidak mampu memanfaatkan beberapa peluang.

Di sisi lain, Timnas U-23 Timor Leste berkali-kali berhasil menciptakan peluang lewat tes balik yang dipimpin Paulo Gali. Di lini tengah, bagaimanapun, serangan balik cepat selalu terganggu.

Pada akhirnya, tidak ada gol yang tercipta sampai wasit meniup peluit tanda turun minum. Peringkat kacamata 0-0 menutup laga semifinal Timnas U-23 Vietnam dan laga Timor Leste U-23.

Babak Kedua

Di babak kedua, Timnas Vietnam U-23 mendominasi permainan sejak awal. Namun, Bintang Emas -julukan timnas Vietnam- memperlambat laju serangannya.

Tercatat, Timnas Vietnam U-23 baru beberapa kali mendapat kesempatan melakukan tendangan spekulasi. Sementara itu, Timnas U-23 Timor Leste tetap percaya diri dalam melakukan serangan balik yang sigap.

Umpan-umpan panjang yang dikeluarkan anak asuh Fabio Joaquim ditujukan langsung ke Paulo Gali. Pemain berusia 17 tahun itu menjadi ujung tombak tim nasional Timor Leste Under 23.

Namun, upaya tim U-23 Timor Leste selalu sia-sia. Di babak kedua, pertandingan tim Vietnam U-23 dan Timor Leste U-23 berakhir 0-0 di waktu normal.

Babak Perpanjangan Waktu

Di babak pertama perpanjangan waktu yang pertama, Timnas Vietnam U-23 mampu mengeksploitasi pertahanan tim Timor Leste U-23. Tim asuhan Dinh The Nam selalu sukses melakukan serangan, meski gagal mencetak gol.

Sementara itu, Timnas U-23 Timor Leste tidak memiliki peluang emas sebanyak di waktu normal. Tim nasional Vietnam U-23 memenjarakan mereka dan mereka tidak bisa berbuat banyak.

Masih belum ada gol di perpanjangan waktu pertama. Beranjak ke babak kedua perpanjangan waktu, ternyata kekuatan kedua tim hampir habis.

Kedua tim tampak bermain dengan tempo yang sangat lambat. Namun, tim nasional Vietnam U-23 terus mendominasi pertandingan, mengepung pertahanan tim U-23 Timor Leste.

Namun, tidak ada gol yang tercipta sampai setelah dua kali perpanjangan waktu. Pertandingan berlanjut hingga babak adu penalti karena kedua tim sama-sama 0-0.

Babak Penalti

Vietnam vs Timor Leste
Vietnam vs Timor Leste

Di babak penalti, empat tendangan pertama mulus masuk ke gawang Junildo Pereira. Sementara itu, salah satu pimpinan tim nasional Timor Leste U-23 gagal melakukan tendangan keempat.

Dengan ini, Timnas U-23 Vietnam yang memimpin 4-3 berhasil mengakhiri perlawanan U-23 di Timor Leste. Akhirnya skor akhir menjadi 5-3 dengan Timnas Vietnam U-23 yang menang melawan Timor Leste U-23.

Susunan Pemain Timnas Timor Leste U-23 vs Vietnam U-23:

Timnas Timor Leste U-23: Junildo Pereira, Jaimito Soares, Jhon Oliveira, Lucas Martins, Joao Bosco, Zenivio Mota, Filomeno Junior, Paulo Gali, Cristevao Moniz, Yohaned Gusmao, Joao Soares.

Pelatih: Fabio Joaquim Maciel Da Silva

Timnas Vietnam U-23: Dang Tuan Hung, Tran Quang Thinh, Tran Bao Toan, Vo Nguyen Hoang, Vu Dinh Hai, Nguyen Trung Thanh, Huynh Tien Dat, Phan Tuan Tai, Dinh Quy, Doan Anh Viet, Nguyen Thanh Nhan.

Pelatih: Dinh The Nam