Hasil Napoli vs Barcelona di Liga Eropa 2021-2022: Menang 4-2 Blaugrana Lolos ke Final

Barcelona berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2021-2022 setelah mengalahkan Napoli 4-2 pada Jumat (25 Februari 2022) di babak playoff. Dengan kemenangan 4-2 atas pertandingan ulang, Barcelona menang 5-3 secara total.

Jordi Alba juga mempersembahkan kemenangan Barcelona pada Leg kedua di menit kedelapan, disusul Frenkie de Jong (13′), Gerard Pique (45′), dan Pierre-Emerick Aubameyang (59′). Napoli hanya bisa membalas lewat penalti Lorenzo Insigne di menit ke-23′ dan Matteo Politano di menit ke-87′.

Napoli vs Barcelona
Napoli vs Barcelona

Babak Pertama

Barcelona tampak sedikit lebih dominan. Selain lebih banyak menguasai bola, Barcelona lebih banyak menciptakan peluang. Barcelona tampil agresif sejak awal pertandingan. Xavi Hernandez nampaknya menekankan kepada anak asuhnya agar bisa mencuri gol cepat.

Laga Barcelona yang sukses membuahkan hasil. Barcelona melancarkan serangan balik cepat di menit kedelapan, menghasilkan gol, penetrasi Adama Traore diakhiri dengan penyelesaian apik dari Jordi Alba, skor berubah menjadi 1-0.

Pada menit ke-13 Barcelona berhasil menggandakan keunggulan. Frenkie De Jong mencetak gol indah yang tidak dilesakkan oleh kiper Napoli Alex Meret, skor 2-0 dan skor agregat 3-1.

Barcelona masih dalam tekanan. Namun pada menit ke-17, tembakan Sergino Dest dan kepala Pierre-Emerick Aubameyang menghindari gol.

Pada menit ke-21 Barcelona justru kehilangan fokus. Victor Osimhen dijatuhkan di dalam area penalti, setelah triangulasi serangan yang bagus.

Lorenzo Insigne, yang memegang peran eksekutif, melakukan pekerjaan dengan baik. Penjaga gawang Barcelona Marc-André Ter Stegen tewas akibat tembakan keras dari Insigne.

Barcelona masih terlihat tertekan. Namun sundulan Aubameyang pada menit ke-28 dan tembakan Ferran Torres pada menit ke-29 tidak membentur.

Di menit ke-34, Barcelona kembali menolak ancaman itu. Namun, Alex Meret gagal terhubung dengannya, seperti yang diharapkan rekan satu timnya, dan bola keluar.

Di menit ke-44, Barcelona mundur dengan tembakan dari Gerard Pique. Bola cepat dari posisi pojok diakhiri dengan tembakan mendatar dari Pique, babak pertama berakhir dengan gol 3-1 Barcelona.

Napoli vs Barcelona
Napoli vs Barcelona

Babak Kedua

Barcelona bermain sabar setelah unggul dua gol. Anak asuh Xavi Hernandez tampil hebat dengan nuansa tiki-taka yang kuat.

Di menit ke-53′ Barcelona terancam lewat tembakan dari Pedri. Tapi tembakannya masih melayang dan tidak berbahaya. Skema yang digunakan Xavi Hernandez juga bekerja dengan sangat baik. Barcelona mencapai perempat final dalam 59 menit.

Kolaborasi mulus antara Adama Traore dan Frenkie De Jong berakhir dengan tendangan keras dari Aubameyang. Barcelona tertinggal dengan skor 4-1.

Pada menit ke-65 Aubameyang sekali lagi menghadirkan mimpi buruk bagi quarterback Napoli. Namun tembakannya bisa ditepis Alex Meret.

Napoli terlalu bergantung pada sosok Victor Osimhen. Gelandang Napoli itu terus mengoper bola di depan Osimhen, membuat taktik mudah dibaca Barcelona.

Napoli tidak patah semangat. Pada menit ke-70 Victor Osimhen mengancam Barcelona, ​​namun tembakannya tidak menjadi gol.

Intensitas permainan pun melonjak menjelang akhir pertandingan. Permainan Napoli belum membaik di sisa pertandingan, namun Barcelona tampak nyaman.

Di menit ke-87, Matolio Politano berhasil meredam tembakan Napoli. Alhasil skor menjadi 4-2.

Di menit 90′ Napoli nyaris berhasil membuka harapan lolos, namun tembakan Andrea Petagna digagalkan Ter Stegen. Tidak ada gol tambhan lagi sampai bunyi peluit panjang. Barcelona juga berhasil mencapai perempat final.

Susunan Pemain Napoli vs Barcelona:

Napoli XI (4-2-3-1): Alex Meret; Amir Rrahmani, Kalidou Koulibaly, Mario Rui, Giovanni Di Lorenzo, Piotr Zielinski, Diego Demme, Fabian Ruiz, Victor Osimhen, Lorenzo Insigne, Elijf Elmas

Pelatih: Luciano Spalletti

Barcelona XI (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Ronald Araujo, Gerard Pique, Sergino Dest, Sergio Busquets, Pedri, Frenkie De Jong, Pierre-Emerick Aubameyang, Ferran Torres, Adama Traore

Pelatih: Xavi Hernandez