Cara Menghapus Akun Shopee Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Shopee  — Apakah permintaan Anda untuk membatalkan akun Shopee Anda ditolak? Pelajari alasan dan langkah-langkah untuk menghapus akun Shopee yang benar dan bebas kesalahan secara permanen.

Seperti yang Anda ketahui, Shopee adalah aplikasi belanja online yang mudah diakses dari smartphone Anda. Dalam bukunya Bisnis UMKM di Tengah Pandemi: Studi Komunikasi Pemasaran (2020: 229), Zulaikha menyebut Shopee sebagai marketplace yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas pembelian yang cepat dan mudah. Untuk itulah Shopee merilis fitur yang memudahkan pengguna, salah satunya adalah layanan Shopee Paylater.

Risiko Menghapus Akun Shopee

Tidak semua orang bisa menghapus akun Shopee. Jika faktur yang diposting tidak memenuhi pesanan, akun tidak dapat dibatalkan. Jadi pesanan harus dipenuhi sebelum akun bisa dihapus. Mengutip dari situs resmi Shopee, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk menghapus history pesanan atau akun Shopee Anda, yaitu:
  • Koin Shopee yang tersisa akan hilang.
  • Data transaksi masih disimpan oleh Shopee untuk tujuan pengendalian internal.
  • Anda tidak akan dapat melihat riwayat transaksi Anda setelah menghapus akun Shopee Anda.
  • Shopee berhak menolak untuk membuat ulang akun di masa mendatang.
Anda harus menerima konsekuensi ini sebelum benar-benar menghapus akun Shopee Anda. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Hapus Akun Shopee

Untuk menghapus akun di Shopee, Anda bisa menggunakan cara berikut.

1. Buka aplikasi Shopee

Klik “Saya” di halaman beranda. Pilih “Pengaturan Akun”. Pada halaman pengaturan ini, klik “Minta penghapusan akun”.

2. Konfirmasikan proses penghapusan

Akan muncul notifikasi lagi sebagai konfirmasi. Jika sudah yakin dan konfirmasi, lanjutkan menghapus akun Shopee Anda dengan mengklik “OK” pada notifikasi.

3. Baca bagian “Informasi Penting”.

Kemudian baca bagian “Informasi Penting”. Setelah menerima informasi, klik “Next” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Dapatkan Kode Verifikasi Shopee melalui SMS

Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima SMS singkat dari Shopee. Pastikan nomor yang digunakan untuk membuat akun Shopee Anda masih aktif. Buka pesan singkat tersebut, lalu masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia. Kemudian klik “Lanjutkan”.

5. Pilih alasan untuk menghapus akun Shopee Anda

Pilih alasan Anda ingin menghapus akun Shopee Anda. Aplikasi Shopee menawarkan “Saya ingin mengubah nama pengguna saya”, “Saya tidak ingin menggunakan Shopee lagi”, “Saya ingin riwayat pesanan baru” dan “Lainnya”.

6. Masukkan alamat email

Pada halaman berikutnya, masukkan alamat email aktif yang Anda gunakan. Kemudian centang “Kebijakan Pembatalan Akun” atau persetujuan. Terakhir, Anda dapat menghapus akun Shopee Anda tanpa login dengan mengklik tombol “Kirim”.

Harap dicatat bahwa menghapus akun Anda bersifat permanen dan tidak dapat diubah. Setelah berhasil dihapus, Anda tidak lagi dapat masuk kembali dan melihat riwayat akun Anda. Permintaan pembatalan akun harus disetujui. Untuk memastikan permintaan Anda disetujui, pelajari lebih lanjut tentang alasan permintaan untuk membatalkan akun Anda untuk memastikan akun Anda siap untuk pembatalan. Shopee berhak menolak permintaan pembuatan akun di masa mendatang.

Penyebab Penghapusan Akun Ditolak

Mengenai kemungkinan alasan mengapa permintaan pembatalan akun Anda ditolak di halaman Bantuan Shopee.

1. Akun dibatasi atau diblokir

Pelajari lebih lanjut tentang mengapa akun Anda dibatasi atau diblokir dan cara meminta aktivasi.

2. Nomor telepon Anda sudah terlalu sering digunakan untuk mendaftar akun Shopee.

Hubungi Layanan Pelanggan Shopee untuk informasi tentang beberapa pendaftaran yang terkait dengan nomor telepon Anda.

3. Anda masih memiliki pending order.

Sebelum meminta penghapusan akun, pastikan Anda telah menyelesaikan semua pesanan Anda, termasuk yang masih dalam perjalanan atau yang sedang diproses untuk pengembalian dan pengembalian dana.
Pesanan dianggap terpenuhi hanya jika jumlah yang diminta untuk transaksi telah dibayarkan. Misalnya, harga harus dikembalikan kepada Pembeli atau dibayarkan kepada Penjual agar pesanan dianggap terpenuhi bagi kedua belah pihak.

4. Anda masih memiliki uang di saldo ShopeePay Anda atau dalam transaksi yang sedang berlangsung.

Anda hanya dapat meminta pembatalan akun Anda jika saldo ShopeePay Anda nol. Jika Anda masih memiliki saldo ShopeePay, transfer ke rekening bank Anda.
Pastikan semua transaksi yang tertunda, seperti pembayaran atau transfer saldo ShopeePay, telah diselesaikan sebelum meminta penghapusan akun.

5. Batas pembatalan akun terlampaui

Anda hanya dapat menghapus akun yang dibuat dengan nomor telepon yang sama dua kali.
Misalnya, setelah Anda menghapus akun dan mendaftar ulang dengan nomor telepon yang sama, Anda hanya dapat menghapusnya lagi. Jika Anda mendaftar untuk ketiga kalinya dengan nomor telepon yang sama, Anda tidak akan dapat menghapus akun Anda.

6. Memiliki akun SPayLater atau SPLoan di Shopee

Sebelum meminta pembatalan akun Anda, pastikan Anda tidak memiliki biaya SPyLater atau SPinjam.

7. Memiliki uang di saldo penjual atau dalam transaksi yang sedang berlangsung.

Anda hanya dapat meminta penghapusan akun Anda jika saldo pedagang Anda nol. Jika Anda masih memiliki saldo penjual, transfer ke rekening bank Anda.

8. Akun Anda terhubung dengan akun Mitra Shopee.

Hubungi Layanan Pelanggan Shopee untuk mengetahui akun mana yang terkait dengan Mitra Shopee.