Cara Mendapat Tiket Pesawat Murah Tanpa Menunggu Promo

Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Namun, sebagian besar tiket pesawat dijual dengan harga tinggi, terutama saat musim liburan dan akhir tahun.

Bagi traveler dengan waktu tempuh terbatas, pesawat jelas menjadi pilihan utama. Harga tiketnya sebenarnya jauh lebih tinggi daripada sarana transportasi lainnya. Hanya saja pesawat memiliki nilai lebih. Waktu perjalanan yang jauh lebih singkat menjadikan penerbangan sebagai tujuan.
Namun, jangan khawatir, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan tiket pesawat yang terjangkau. Menurut laporan PR Newsire, pada akhir tahun 2020 hampir semua maskapai di dunia telah menurunkan harga tiket pesawat. Dari Mei hingga Oktober, tiket pesawat turun rata-rata 25-35%.

Meski secara historis harga tiket penerbangan di rute domestik tergolong rendah, harga tersebut akan terus naik selama liburan akhir tahun seperti Natal dan Tahun Baru. Jadi bagaimana Anda mendapatkan penerbangan murah di liburan panjang Anda?

Jangan khawatir, berikut lima tips cara mencari tiket pesawat murah tanpa harus menunggu promosi.

1. Pilih Hari Terbaik Memesan Tiket Pesawat

cara mendapat tiket pesawat murah
cara mendapat tiket pesawat murah

Dari semua hari, Minggu adalah hari pemesanan terbaik di pasar untuk membeli tiket termurah. Jumat adalah hari terburuk untuk memesan tiket karena harganya akan jauh lebih mahal. Hindari pemesanan tiket Jumat, terutama untuk keberangkatan terdekat. Jika memungkinkan, pesan tiket hanya pada hari Minggu. Selisih harga untuk pemesanan hari Minggu juga cukup besar, sekitar 10 hingga 30 persen dari harga pemesanan hari lainnya.

Ini tentu jumlah yang cukup tinggi, apalagi jika Anda bepergian bersama pasangan atau anggota keluarga lainnya. Jika ingin menghemat biaya perjalanan, memesan tiket hari Minggu mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena hari Minggu adalah masa berakhirnya libur akhir pekan.

2. Waktu Pemesanan

11 malam waktu setempat adalah waktu terbaik untuk memesan penerbangan. Demikian disampaikan Steven Widi HS, Head of Operations Pegipegi.com.

“Maskapai sendiri punya sistem namanya seat control. Jadi untuk membatalkan pemesanan tiket pesawat yang tidak aktif. Biasanya orang booking dulu dan belum bayar. Jam 23.00 itu saatnya maskapai cancel reservasi yang tidak aktif,” kata Widi.

3. Pilih Penerbangan untuk Hari Kamis dan Jumat

Tidak hanya waktu pemesanan, tetapi juga waktu penerbangan sangat mempengaruhi harga tiket pesawat. Terbang pada hari Kamis atau Jumat akan menjadi keputusan yang tepat untuk mendapatkan tarif murah.

Karena harga tiket di kedua hari tersebut benar-benar paling murah dibandingkan hari-hari lainnya. Menurut survei PR Newsire, penerbangan hari ini bisa menjadi 20% lebih murah daripada hari-hari lainnya.

4. Cari Tiket untuk Satu Orang

cara mendapat tiket pesawat murah
cara mendapat tiket pesawat murah

Jika Anda mencari tiket untuk grup, jangan membeli lebih dari satu tiket sekaligus. Maskapai biasanya menunjukkan harga tiket tertinggi untuk tiket grup.

Misalnya, jika Anda mencari empat kursi, maskapai akan menemukan empat kursi dan menampilkan harga berdasarkan harga tiket paling mahal. Jika sesi A Rp 1 juta, sesi B Rp 1,5 juta, sesi C Rp 2 juta dan sesi D Rp 2,5 juta, setiap sesi bernilai Rp 2,5 juta. Jadi yang terbaik adalah mencari kartu yang dipersonalisasi. Setelah proses logout selesai, pilih tempat duduk bersama teman-teman yang lain.

5. Beli Tiket di Aplikasi

Strategi terbaru untuk menemukan penerbangan murah adalah dengan membeli di aplikasi. Karena ada banyak promosi di aplikasi diskon. Juga, kita tidak harus bekerja untuk membandingkan semua harga tiket pada hari yang sama.

Anda juga dapat membeli tiket terlebih dahulu melalui layanan agen perjalanan online untuk mendapatkan harga tiket terbaik di pasaran. Lacak harga tiket secara berkala dengan beberapa agen atau maskapai penerbangan untuk mendapatkan harga tiket termurah. Aktifkan alarm dan periksa harga tiket Anda sehingga Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik. Anda juga bisa memanfaatkan situs travel online yang saat ini memiliki banyak fitur.

Termasuk alert dan email notifikasi untuk harga tiket terbaik. Manfaatkan fitur ini untuk mendapatkan informasi paling akurat dan harga tiket terbaik untuk perjalanan Anda.