Hari Musik Nasional
Hari Musik Nasional

10 Lagu Indonesia Terpopuler di Hari Musik Nasional 2022

Hari Musik Nasional dijadikan sebagai simbol kelahiran kembali musik nasional dan daerah. Dengan Hari Musik Nasional, diharapkan masyarakat Indonesia lebih mencintai dan menghargai musik Indonesia. Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis modul Seni Budaya tentang pelaksanaan instrumen sederhana, yang dapat diunduh dari situs web Direktorat.

Dengan memperingati Hari Musik Nasional setiap tahunnya, masyarakat Indonesia juga dapat mendukung karya musisi lokal, termasuk musik warisan daerah. Bahkan sebelum ditetapkan di bawah pemerintahan SBY, rencana Hari Musik Nasional sudah ada sejak pemerintahan Megawati Soekarno Putri, yang diterbitkan atas usulan Persatuan Komposer dan Komposer Indonesia (PAPPRI).

Hari Musik Nasional diyakini oleh komposer besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman atau lebih dikenal dengan W.R. dimulai dengan memilih tanggal lahir Anda. Pria unggul. Ada yang berpendapat bahwa W.R. Supratman lahir pada 9 Maret 1903.

Oleh karena itu, Presiden Republik Indonesia Keenam Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan Hari Musik Nasional 9 Maret dengan Keppres n. 10 Tahun 2013. Perpres tersebut juga menyatakan bahwa musik adalah istilah budaya universal dan multidimensi yang mewakili nilai-nilai kemanusiaan yang luhur. dan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Berdasarkan pertimbangan tersebut dan demi apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para musisi Indonesia, serta meningkatkan status musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional, maka ditetapkanlah Hari Musik Nasional pada tanggal 9 Maret. dan dikenang setiap tahun.

Namun ternyata, W.R. Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903. Putusan tersebut berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Purworejo 04/Pdt/P/2007/PN PWR tanggal 29 Maret 2007. Putusan pengadilan tersebut juga disetujui oleh pengadilan. Keluarga WR Pria lanjut usia. Satu dekade setelah rencana semula, Hari Musik Nasional baru diresmikan pada 2013. Keputusan awal dibuat oleh W.R. Supratman, yang menjadi pahlawan nasional dan berperan penting dalam penciptaan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Baca Juga  Presiden Jokowi resmi izinkan pecarian Harta Karun Di Laut Indonesia

9 Maret juga W.R. diambil dari hari ulang tahunnya. Supratman merupakan salah satu inspirator dunia musik Indonesia. Tidak hanya penyerahan hadiah oleh W.R. Peringatan Supratman, Hari Musik Nasional, juga merupakan pengakuan terbesar bagi seluruh musisi Indonesia yang terus berkarya di industri musik.

Dikarenakan Hari Musik Nasional, para musisi Indonesia sangat antusias dan dapat mengembangkan kreativitas positif mereka sebagai inspirasi bagi masyarakat Indonesia dan dunia. Selain hiburan yang menarik, musik juga bisa menjadi sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan.

Penetapan Hari Musik Nasional setiap tahunnya tentunya memiliki arti dan tujuan tersendiri. Tujuan peringatan Hari Musik Nasional adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para pegiat musik Indonesia yang telah berkarya selama ini, baik nasional maupun internasional. Sedangkan Hari Musik Nasional berarti harapan dan dukungan bagi musisi Indonesia untuk tetap berkreasi agar industri musik Indonesia terus berkembang.

Meski mengetahui sejarah dan arti penting terciptanya Hari Musik Nasional, ternyata masih ada perdebatan di masyarakat tentang tanggal 9 Maret ini sebagai hari yang dikaitkan dengan Hari Musik. Tanggal 9 Maret dikatakan W.R. hari ulang tahun. Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia. Namun kenyataannya, W.R. Supratman lahir pada 19 Maret 1903, bukan 9 Maret. Tentu saja, mengapa hari ulang tahun karakter ini dijadikan sebagai Hari Musik Nasional adalah salah.

Selain itu, di Hari Musik Nasional, yang terpenting adalah pengakuan yang diberikan kepada musisi Indonesia untuk terus berkarya. Oleh karena itu, musik akan terus dibutuhkan sebagai hiburan menarik yang membawa makna kebaikan yang berbeda.

Untuk memeriahkan Hari Musik Nasional 2022, kutipan berikut dapat ditempatkan di bagian Status media sosial atau aplikasi perpesanan:

Baca Juga  Kuburan Padang Pariaman Tiba-Tiba Mengembung, Bikin Geger Warga Setempat!

Jika musik adalah asupan cinta, maka mainkan. – William Shakespeare
Hidup sepertinya berjalan tanpa usaha saat dipenuhi dengan musik. – George Eliot
Musik memberikan jiwa positif ke alam semesta, sayap pikiran terbang ke imajinasi, dan kehidupan berterbangan di segala sisi. – Plato
Setelah keheningan, pengungkapan yang paling terekspresikan adalah dengan musik. – Aldous Huxley
Musiknya tidak hanya di not-not, tapi juga di kesunyian. – Wolfgang Amadeus Mozart

Lagu Indonesia di Hari Musik Nasional

Lagu-lagu Indonesia layak mendapatkan pengakuan dari masyarakat Indonesia atas kreativitasnya. Selain itu, lagu tersebut mendapat penghargaan dan dikenal di seluruh dunia. Tentu sebagai bangsa Indonesia kita patut berbangga dengan pencapaian ini. Berikut ini beberapa lagu Indonesia yang sukses dan bisa diputar di Hari Musik Nasional:

1. Sephia

Lagu Sephia pertama kali dibawakan oleh Sheila On 7 sebagai salah satu lagu dalam albumnya. Dia telah memenangkan banyak penghargaan di berbagai kategori musik. Memang, penyanyi asal Taiwan bernama Qi Qin kembali bernyanyi, dengan alunan musik melankolis yang cukup melegenda dan masih populer hingga saat ini.

2. Mungkin Nanti

Lagu ini dinyanyikan oleh Peterpan sebagai salah satu lagunya. Kemudian mereka bernyanyi lagi dalam bahasa Inggris, dengan musik yang lebih cepat, dan mendapat gelar One Day.

3. Sempurna

Lagu ini dibawakan oleh Andra and The Backbone dan kembali dinyanyikan oleh beberapa musisi, antara lain Gita Gutawa, musisi Korea bernama Nicholas untuk grup musik Jepang Shiroi Iro Wa Koibito No Iro.

4. Bengawan Solo

Kebanggaan Indonesia yang diperankan oleh Gaesang ini tidak asing lagi di telinga asing dan telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris yang dinyanyikan oleh musisi Inggris Mona Fong.

Baca Juga  Prediksi Chelsea vs Palmeiras di Final Piala Dunia Antarklub Live TVRI

5. Satu Jiwa Satu Nyawa

Pada AMI 2021 Award, Iyeth Bustami menerima AMI 2021 Award sebagai penyanyi solo wanita terbaik Dangdu kontemporer dengan lagu ini.

6. Cintanya Aku

Dengan lagu ini, Yovie Widianto menerima Penghargaan AMI 2021 untuk penulis lagu pop terbaik.

7. Kejutanku (OST Film Nusa)

Ifa Fachir dan Simhala Avadana menjadi penulis lagu terbaik untuk anak-anak dengan lagu ini di AMI Awards 2021.

8. Bismillah Cinta

Pada AMI Award 2021, Ungu dan Lesti terpilih sebagai produksi lagu rohani Islami terbaik dengan lagu ini.

9. Lebih dari Segalanya

Pada AMI Award 2021, Stevan Pasaribu dan Echa Soemantri terpilih sebagai penyanyi-penulis lagu rohani Kristen terbaik dengan lagu ini.

10. Unlock The Key

Pada AMI Award 2021, Stephan Santoso bersama penyanyi Isyana Sarasvati menerima Penghargaan Tim Produksi Suara Terbaik untuk lagu tersebut.

Ini dia lagu Indonesia yang bisa diputar di Hari Musik Nasional 2022. Selain lagu-lagu tersebut, masih banyak lagu Indonesia lainnya yang tak kalah suksesnya. Anda dapat mengevaluasi apakah Anda membeli produk asli dan mendukungnya melalui daftar putar yang Anda dengarkan. semoga bermanfaat.