Alasan Mengapa Mesin Diesel Mengeluarkan Asap Hitam?

Liputanberitaku.com – Tentu saja, berbagai jenis kendaraan ada di mana-mana di jalan raya. Namun, tidak jarang bus atau truk kuno bermesin diesel mengeluarkan asap hitam saat berkendara atau berakselerasi.

Selain bus dan truk model lama, beberapa kendaraan kecil bermesin diesel mengeluarkan asap hitam. Lantas, mengapa mobil, bus, atau truk bermesin diesel mengeluarkan asap hitam dari lubang knalpot?

Didi Ahadi, Head of PT Toyota Astra Motors, bagian technical support dealer, mengatakan asap hitam dari knalpot mesin diesel biasanya disebabkan perawatan yang kurang baik.

Selain itu, bisa juga disebabkan pembakaran di ruang mesin yang tidak sempurna. Banyak faktor yang bisa menyebabkan pembakaran di ruang mesin diesel tidak sempurna, salah satunya mutu solar yang kurang baik.

“Mutu solar yang kurang baik juga membuat filter solar mampet sehingga suplai bahan bakar ke mesin jadi berkurang,” kata Didi.

Begitu juga ketika tidak mengganti filter udara secara berkala, aliran udara ke mesin jadi tertahan karena mampet. Namun berbeda ceritanya dengan mobil diesel zaman sekarang yang sudah diatur pembakarannya lewat sistem komputer.

“Kalau sekarang sudah menggunakan Engine Control Unit (ECU) sehingga bisa mengatur suplai solar, udara dan lain-lain,” ucapnya.

 

 

 

 

Artikel asli