Hari Musik Nasional
Hari Musik Nasional

Fakta Tentang Hari Musik Nasional yang Jatuh Pada Tanggal 9 Maret

Hari ini kita memperingati Hari Musik Nasional pada tanggal 9 Maret 2022 dan setiap tanggal 9 Maret musisi atau pecinta musik Indonesia yang tinggal di negara kepulauan selalu senang menyaksikan Hari Musik Nasional. Selain itu, kita juga bisa mengetahui fakta menarik tentang Hari Musik Nasional.

Fakta pertama, Hari Musik Nasional ini bertepatan dengan W.R. Dengan lahirnya Soepratman. Tanggal 9 Maret 1903 adalah hari ulang tahun W. R. Soepratman, pencipta himne Indonesia Raya. Penetapan tersebut dilakukan pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudoyono lewat keputusan Presiden No. 10 tahun 2013 tentang:

Menimbang: A. bahwa musik adalah ekspresi budaya universal dan multidimensi yang mewakili nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dan berperan strategis dalam pembangunan nasional; B. bahwa musisi dan masyarakat Indonesia merayakan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional; C. atas dasar itu, dan dengan Keputusan Presiden diperlukan untuk meningkatkan penghargaan masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para musisi Indonesia, serta meningkatkan status musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional, dideklarasikan 9 Maret Hari Musik Nasional ;

Perpres tersebut menjelaskan bahwa musik merupakan istilah budaya yang universal dan multidimensi, artinya memiliki banyak dimensi. Peringatan Hari Musik Nasional juga diharapkan dapat meningkatkan prestasi dan peringkat musik Indonesia di tingkat nasional, regional, dan internasional.

W.R. Soepratman lahir pada 19 Maret 1903, sehingga definisi hari musik nasional ini menjadi bahan perdebatan. Namun, jika kita melihat Keppres no. 10 Republik Indonesia Tahun 2013, Real Music Day merupakan salah satu bentuk apresiasi masyarakat Indonesia terhadap musik Indonesia serta meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para musisi Indonesia. tingkatkan kesuksesan Anda di dunia musik.

Baca Juga  Berikut Perbandingan Gaji dan Biaya Hidup Setiap Daerah di Jepang

Jadi, meski tanggalnya berbeda dengan tanggal lahir W. R. Soepratman yang asli, namun esensi peringatan hari musik itu tetap harus diterima. Hal terpenting lainnya adalah kesejahteraan para musisi dan ekosistem industri musik Indonesia yang sehat.

WR Soepratman atau yang bernama lengkap Wage Rudolf Supratman, pahlawan nasional Indonesia, tidak hanya menulis Indonesia Raya, tetapi banyak karya lainnya seperti:

– Ibu Kita Kartini: Lagu wajib nasional, diciptakan tahun 1929.

– Oleh Timoer Matahari: lagu yang tidak bisa dilewatkan dibuat pada tahun 1931.

Tujuan diselenggarakannya Hari Musik Nasional adalah agar masyarakat lebih menghargai musik yang ada di tanah air.

Fakta lain tentang Hari Musik Nasional adalah beberapa musisi Indonesia telah mengadakan konferensi musik untuk memperingati Hari Musik Indonesia, dan ini adalah konferensi musik pertama di Indonesia. Konferensi musik Indonesia pertama diadakan di Ambon pada tahun 2018 yang diketuai oleh Glenn Fredly yang dihadiri oleh banyak musisi Indonesia.

Tujuan konferensi musik Indonesia ini adalah untuk membahas isu-isu yang berkaitan dengan ekosistem musik, konferensi ini merupakan babak baru untuk mempelajari bagaimana musik Indonesia telah berkembang dan ke depan. Serta memberikan berbagai tips dari ekosistem musik.

Peserta konferensi datang dari seluruh Indonesia, termasuk Bali, Bandung, Jakarta dan bahkan delegasi dari Timor Leste. Pemilihan tempat konferensi musik Indonesia di Ambon juga layak karena Ambon berbasis di kota musik dan pada tahun 2019 akan menuju kota musik dunia. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaganya. Konferensi musik Indonesia di kota yang menjadi pusat kota musik.

Pada acara ini, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia mengatakan: “Koferensi musik indonesia ini merupakan acara apresiasi bagi para pekerja musik Indonesia dan memberikan ruang pertemuan dan suatu percakapan antara seluruh komponen ekosistem didalam dunia musik dan Industri musik di tanah air”

Baca Juga  Hari Musik Nasional: Sejarah dan Cara Merayakannya

Ia berharap diadakannya konferensi musik Indonesia agar konferensi ini mampu menciptakan seluruh komponen ekosistem ini, sehingga pada akhirnya akan muncul dunia musik yang dapat mendukung seluruh inovasi musik nasional Indonesia. persaingan dan komitmen global.

Rencana Hari Musik Nasional 9 Maret telah dikembangkan sejak tahun 2003 di bawah naungan Presiden Megawati Soekarno Putri atas saran dari Persatuan Seniman dan Artis Rekaman Indonesia (PAPPRI). Hanya butuh satu dekade untuk rencana itu menjadi resmi pada Maret 2013.

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Musik Nasional. Musisi dan musisi Indonesia selalu merayakan Hari Musik Nasional dengan cara yang unik, seperti tampil dalam pertunjukan musik, menghabiskan hari mendengarkan berbagai musik Indonesia, belajar tentang alat musik tradisional, berkolaborasi dengan musisi hebat dan banyak lagi. Namun sekali lagi, dalam menghadapi kondisi pandemi seperti ini, kita perlu menjaga protokol kesehatan agar wabah bisa cepat berakhir.

Namun, pandemi bukanlah hal besar yang bisa meredam ambisi musisi dan musisi di Indonesia, dalam keadaan sulit untuk bertatap muka, kita tetap bisa merayakan atau menikmati Hari Musik Nasional dengan banyak cara, misalnya. adalah kolaborasi live streaming antar musisi melalui YouTube.