Aplikasi Bank Digital Indonesia Terbaik 2022

Masyarakat luas terus menggunakan bank untuk menyelamatkan media dan juga sangat diminati oleh masyarakat. Bahkan, uang Anda akan disimpan dengan aman di bank karena dijamin oleh bank itu sendiri. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan bank-bank ternama seperti BIS, BCA, BNI, MANDIRI dan BJB. Karena mereka adalah beberapa bank komersial paling terkenal di masyarakat.

Namun, saat ini, ketika semuanya bisa dilakukan secara digital, pernahkah Anda mendengar istilah Bank Digital? Banyak yang mengaitkan nasabah Bank Digital dengan millenium, di mana mereka lebih antusias dengan sistem digitalisasi saat ini karena terkenal lebih praktis. Sesuai dengan namanya, bank digital ini memiliki konsep transaksi dan akunnya diaktifkan secara online. Anda dapat mengakses bank digital, seperti smartphone, laptop, dan PC, melalui berbagai perangkat.

Ada beberapa penjelasan mengenai digital banking dalam artikel ini, terutama beberapa digital banking yang direkomendasikan, simak pembahasannya di bawah ini untuk lebih jelasnya:

1. Bank Jago

aplikasi bank digital
aplikasi bank digital

Bank digital pertama yang direkomendasikan adalah Bank Jago, awalnya bernama Bank Artos Indonesia, sebuah lembaga keuangan untuk layanan keuangan. Pada tahun 2019, Bank Artos Indonesia menjadi bank digital.

Grup Gojek dan anak perusahaannya GoPay juga bergabung dengan Bank Jago pada tahun 2020.

Fitur unggulan Bank Jago antara lain:

  • Fungsi Saku Cerdas: Di mana Anda dapat memisahkan beberapa kategori belanja, seperti makanan ringan dan pendidikan, Anda dapat menghadiahkan sendiri tas pintar ini, sehingga memudahkan Anda untuk mengelola keuangan Anda.
  • Shared Pocket Fungsi: Fungsi ini untuk menyimpan, tetapi juga dapat diterapkan bersama dengan keluarga atau teman.
  • Teknologi Tercanggih: Bank Jago menjamin keamanan uang nasabahnya, karena selain pengawasan OJK, Bank Jago juga menggunakan teknologi terkini untuk menjaga keamanan saat bertransaksi.
  • Fitur Advance Planning: Apakah fitur ini merupakan fitur otomatis dan tidak praktis untuk transaksi rekening dan transfer rutin?
    Pilihan lain yang bisa Anda dapatkan adalah mendapatkan biaya bulanan untuk penarikan tunai gratis di ATM mana pun sebanyak 5 kali dan transfer gratis antar bank sebanyak 25 kali.

Tidak hanya siapa saja yang ingin top up berbagai jenis e-wallet seperti GoPay, OVO, DANA, ShopeePay dan Link Aja bisa melakukannya di Bank Jago.

2. Jenius by BTPN

aplikasi bank digital
aplikasi bank digital

Jenius adalah layanan aplikasi perbankan digital Banca BTPN. Jenius telah membantu banyak orang dalam berbagai transaksi seperti pengiriman uang, tabungan, penjualan, dan keuangan.

Aplikasi cerdik dijamin aman karena terdaftar dan dikendalikan oleh OJK. Singkatnya, Genius adalah aplikasi perbankan digital dalam bentuk tabungan, serta daftar dan perdagangan sepenuhnya online. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Jenius untuk top up banyak e-wallet seperti OVO, DANA, LINK AJA dan GOPAY. Proses pendaftarannya juga cukup sederhana dan bisa dilakukan dari mana saja.

3. Livin by Mandiri

Pernahkah Anda mendengar tentang bank digital Livin? Jika belum, Livin adalah layanan perbankan digital Banca Mandiri, dengan tujuan untuk memudahkan nasabahnya dalam menyelesaikan berbagai transaksi di era digitalisasi.

Livin by Mandiri merupakan salah satu bentuk transformasi layanan yang kini dapat dilakukan di internet dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Keunggulan Mandiri Banking dan Mandiri Mobile Banking digabungkan oleh Livin by Mandiri. Untuk memudahkan nasabah dalam menyelesaikan transaksi dan mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan tentang tabungan dan deposito.

Manfaat lain dari transaksi adalah lebih mudah dan lebih cepat untuk menyelesaikan transaksi, dan gambaran lengkap tentang catatan transaksi disimpan, dilindungi, dan terintegrasi.

4. Digibank by Bank DBS Indonesia

Digibank adalah aplikasi perbankan digital milik perusahaan perbankan ternama, PT Bank DBS Indonesia. Aplikasi Digibank sejauh ini telah diunduh oleh sekitar 1 juta pengguna dan tidak kalah canggihnya dengan aplikasi Jenius Digital Bank pionir.

Keamanan yang dibuat dalam aplikasi Digibank ini tidak main-main, merupakan bentuk keamanan tambahan jika ingin menggunakan aplikasi Digibank. Jadi smartphone tidak bisa di root.

Namun karena kurangnya aplikasi digibank ini untuk verifikasi data, kami masih harus mendatangi kantor Bank DBS terdekat. Ini akan mempersulit pengguna yang tidak memiliki bank di wilayah mereka untuk memverifikasi informasi mereka.

5. Blu by BCA Digital

aplikasi bank digital
aplikasi bank digital

Blu adalah aplikasi perbankan digital milik BCA Digital Bank, anak perusahaan BCA Group.

Kehadiran bank digital Biru ini memang bisa mempermudah setiap transaksi, kini kita tidak perlu repot membawa ATM. Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena bank digital ini terdaftar dan dikendalikan oleh OJK.

6. Line Bank by Hanna Bank

Jika kita tahu bahwa LINE adalah aplikasi pesan instan, itu bagus, tetapi tahukah Anda bahwa LINE kini telah resmi meluncurkan layanan perbankan digital di Indonesia, Line Bank?

Fitur yang menarik dari Line Bank ini adalah Anda dapat membuka co-account pada rekening yang telah terdaftar sebelumnya dengan nama yang dapat disesuaikan, dan fitur tabungan ini menjadi hal yang menarik dari Line Bank.

Fitur simpan ini memungkinkan Anda memiliki 8 sub akun dalam satu akun. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah mengalokasikan dana, seperti memiliki rekening khusus untuk rekening, tabungan dan lainnya.

Aplikasi perbankan digital mana yang pertama kali Anda gunakan?

Setelah mengetahui manfaat dan fiturnya, semoga Anda tidak lagi bingung dalam menentukan bank digital mana yang akan digunakan.