hit counter

4 Beasiswa D3 dan S1 Dalam Negeri 2022

Apakah Anda berencana untuk kuliah tahun ini? Jangan khawatir, banyak institusi di Indonesia yang menawarkan bantuan pendidikan dan beasiswa nasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi hingga lulus. Apa saja? Beasiswa nasional berikut tersedia mulai awal 2022. Sementara itu, pendaftaran untuk program beasiswa yang berbeda biasanya dimulai pada bulan Februari-Mei. Sebelum membuka pendaftaran, periksa dulu daftar program beasiswa rumah di bawah ini dan buat persyaratan Anda.

1. Beasiswa Quipper Scholarship Award 2022

Quipper saat ini membuka pendaftaran Quipper Scholarship Award (QSA) 2022 hingga 18 Maret 2022. Beasiswa Quipper terbagi menjadi Beasiswa Parsial (Partial Scholarships) dan Beasiswa Penuh (Full Scholarships). Pada tahun 2021 beasiswa ini akan diberikan kepada 993 mahasiswa yang memenuhi seleksi.

Persyaratan Umum Beasiswa Quipper 2022:

  • Mengisi formulir pendaftaran Quipper Scholarship Award 2022.
  • Masukkan alamat email aktif. Informasi tentang proses seleksi akan dikirimkan kepada Anda melalui email setelah pendaftaran selesai.
  • Lakukan tes online di Quipper.

Setiap kampus juga memiliki sejumlah persyaratan khusus. Kampus peserta Quipper Scholarship antara lain Telkom University, Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT PLN), Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Universitas Paramadina, Politeknik Multimedia Nusantara (MNP) Universitas Maranatha dan Sekolah Perbankan Indonesia (IBS).

2. Beasiswa Astra

Beasiswa Astra dibuka hingga tanggal 6 Februari 2022 bagi calon mahasiswa Politeknik Manufaktur Astra tahun ajaran 2022/2023. Lulusan semua jurusan dan siswa SMA/SMK/MA dapat mengajukan beasiswa.

Penerima beasiswa Astra berhak atas biaya kuliah dan biaya kuliah gratis selama 3 tahun, ditambah tunjangan bulanan yang ditentukan oleh Direktur Teknik Astra. Hasil studi akan dievaluasi secara berkala setiap enam bulan untuk menentukan apakah beasiswa akan dilanjutkan atau dihentikan sesuai dengan kondisi yang relevan.

Persyaratan Beasiswa Astra:

  • Warga Negara Republik Indonesia
  • Lulusan semua program pada tahun 2021 / lulusan sekolah menengah tingkat kedua, atau saat ini di tingkat ke-12, disertifikasi oleh ijazah pada saat pendaftaran
  • Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna
  • Nilai minimal matematika, fisika dan bahasa Inggris 75 atau B pada semester I-IV (kelas X dan XI)
  • Prioritas diberikan kepada rumah tangga dengan pendapatan bulanan Rp 5 juta.

3. Bantuan Pendidikan KIP Kuliah

Bantuan Pendidikan Kartu Perguruan Tinggi Indonesia Pintar (KIP Kuliah) adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Biaya pendidikan KIP mencakup biaya pendidikan perguruan tinggi dan biaya bantuan hidup, dengan mempertimbangkan biaya hidup di masing-masing daerah.

Ketentuan untuk meminta dukungan biaya keanggotaan KIP:

  • Siswa sekolah menengah / kejuruan / sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau pada dua tahun sebelumnya
  • Memiliki kemampuan belajar yang baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang terdokumentasi
  • Mendaftarkan mahasiswa baru di semua jenjang pendidikan tinggi dan mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) atau swasta (PTS) pada program studi yang terakreditasi.
  • Kendala ekonomi dapat ditunjukkan dengan:
    -Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP)
    -Berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH)
    -Mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
    -Berasal dari panti asuhan
    -Mereka berasal dari keluarga kurang dari atau sama dengan satu desil dalam empat kategori Data Jaminan Sosial Terpadu.

Jika calon ahli waris tidak memenuhi salah satu syarat di atas, mereka tetap dapat mendaftar selama penghasilan orang tua/wali sampai dengan Rp4 juta per bulan atau penghasilan kotor orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sampai dengan Rp750.000.

Masa pendaftaran akun beasiswa Kuliah KIP dibuka pada 8 Februari 2021 tahun lalu. Calon penerima konferensi KIP dapat mengikuti berbagai jalur masuk perguruan tinggi, antara lain jalur mandiri SNMPTN, UTBK-SBMPTN, serta PTN dan PTS. Berita terbaru seputar Kuliah KIP dapat dilihat di website detikEdu dan website resmi https://kip-lecturing.kemdikbud.go.id/.

4. Beasiswa Aperti BUMN

Beasiswa Aperti BUMN diselenggarakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN). Pada tahun 2021, pendaftaran untuk beasiswa perguruan tinggi akan dibuka pada pertengahan Juni.

Para sarjana akan menerima beasiswa penuh 100% selama masa studi mereka di universitas pilihan mereka.

Persyaratan Umum Beasiswa BUMN BUMN:

  • Siswa SMA/SMK/MA yang lulus tahun 2020 dan 2021
  • Lampirkan laporan setengah tahunan 1 hingga 5
  • Jika ya, lampirkan sertifikat
  • Berkas pendaftaran akan diunggah secara online di website Perguruan Tinggi yang dipilih
  • Peserta hanya dapat memilih 1 tujuan kuliah

Beasiswa BUMN Aperti sebelumnya dibuka untuk pendidikan sarjana dan pascasarjana di Universitas BUMN Aperti, yaitu Universitas Pertamina (UP), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Telkom (Tel-U), Politeknik Pos Indonesia (POLTEK), Di sekolah. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT-PLN), Institut Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).