hit counter

Syarat Beasiswa Luar Negeri dan Dalam Negeri Dengan Nilai Rapor

Faktor biaya tentu menjadi masalah serius bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri. Itulah sebabnya banyak orang selalu mencari berbagai program beasiswa di luar negeri, mulai dari hubungan, kerjasama antara otoritas publik, tetapi juga dengan institusi swasta. Banyak negara memang menjadi tujuan populer bagi lulusan Indonesia untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Ada sejumlah negara tetangga seperti Singapura dan Australia, disusul negara Asia lainnya seperti China, Hongkong dan Jepang dan tentunya Inggris sebagai pusat pendidikan global.

Selain kemahiran berbahasa Inggris, banyak persyaratan untuk beasiswa luar negeri harus mencakup hubungan, kerjasama dengan pihak ketiga, atau bahkan rekomendasi pemerintah. Apakah saya ingin tahu lebih banyak? Ayo, baca!

Syarat dan Tantangan Beasiswa Luar Negeri

Memang, salah satu tantangan utama bagi rekan-rekan di luar negeri adalah tingkat persaingan yang tinggi. Karena biasanya pihak universitas hanya membuka kuota beasiswa yang terbatas. Apalagi syarat yang harus dipenuhi tidak sedikit. Mulai dari nilai rapor, hingga perlu meminta rekomendasi dari pihak ketiga.

Tapi yakinlah, ada banyak institusi yang menawarkan kesempatan untuk membantu Anda mengatur berbagai beasiswa di luar negeri. Memang, beberapa mungkin membuat rekomendasi langsung ke universitas target. Selain itu, pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama dengan negara lain, termasuk di bidang pendidikan. Salah satunya melalui Lembaga Pengelola Pendidikan (LPDP) di bawah naungan Kementerian Keuangan. Beberapa universitas, seperti University of Tokyo (Jepang), University of Melbourne (Australia), Nanyang Technological University (Singapore) dan Harvard University (AS), telah menjalin kerjasama dengan LPDP.

Ini juga merupakan lembaga beasiswa dari berbagai negara di dunia. Salah satunya adalah Erasmus+ Scholarship yang cukup terkenal di Indonesia. Beasiswa Erasmus + terbuka untuk konsorsium dari berbagai negara, terutama dari Uni Eropa. Melalui program ini, ribuan lulusan Indonesia akan berkesempatan belajar di luar negeri, mulai dari pelajar hingga pelajar. Selain menutupi biaya kuliah, beasiswa Erasmus+ menawarkan sejumlah program, termasuk biaya hidup, akomodasi, asuransi, dan biaya perjalanan.

Beasiswa Dalam Negeri dengan Nilai Rapor

Beberapa universitas ternama di Indonesia juga menawarkan program beasiswa yang membutuhkan rapor. Penawaran program dapat berubah, beberapa mendukung biaya kuliah dan biaya hidup hingga 100% atau gratis!

Berikut beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan program beasiswa dengan raport.

Universitas Pertamina

Sesuai dengan namanya, Universitas Pertamina berada di bawah naungan Pertamina dan merupakan anggota dari Asosiasi Perguruan Tinggi Perusahaan Umum (OPEN). Untuk mendaftar program ini, cukup dengan mengunjungi website resmi Universitas Pertamina dan mengisi identitas dan rapor semester 1 hingga semester 5.

Jadi program apa yang mereka tawarkan? Lulusan yang Berhasil Berkesempatan Memenangkan Program Beasiswa Ujung Negeri dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Hingga 100% SPP, lho! Selain itu, kuliah di Universitas Pertamina memberi Anda kesempatan untuk magang atau bahkan bekerja di Pertamina atau perusahaan publik lainnya. Pesta labu!

Universitas Bakrie

Universitas Bakrie menawarkan program yang menarik bagi para sarjana yang memiliki raport. Karena melalui program Rapor Universitas Bakrie, kamu bisa langsung sukses menyelesaikan seleksi mahasiswa baru tanpa harus mengikuti tes tertulis, lho! Sangat menarik bukan?

Syaratnya, pihak kampus langsung merekrut mahasiswa baru dengan mengevaluasi sertifikat. Nah, pelamar yang memenuhi persyaratan nilai yang ditentukan bisa langsung menerima Beasiswa Universitas Bakrie. Juga, Anda tidak perlu menunggu ujian nasional dan ujian sekolah selesai untuk mendaftar di program beasiswa ini.

Untuk mendaftar program beasiswa, Anda bisa langsung mendaftar secara online di website resmi Universitas Bakrie dengan mengisi identitas diri dan formulir pelaporan di nomor 1-4. kamu tahu!

President University

Dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Sebagai salah satu perguruan tinggi yang terakreditasi, President University menawarkan program beasiswa dengan raport atau raport. Jalur hubungan itu sendiri adalah evaluasi seleksi penerimaan President University tanpa lulus ujian yang memenuhi persyaratan administrasi.

Saat ini, President University sedang memperkenalkan kurikulum terbaru yang mengacu pada konsep Kampus Merdeka yang merupakan kurikulum Merdeka pertama di Indonesia. Salah satu manfaatnya adalah Anda dapat menyelesaikan pelatihan dasar lebih cepat hanya dalam 3 tahun. Kampus ini menawarkan program beasiswa berupa beasiswa selama 10 semester sampai dengan kelulusan, yang dibagi menjadi 5 kategori program sesuai dengan nilai nominal beasiswa: Peringkat-1 (100%), Peringkat-2 ( 75). %), Peringkat-3 (70%), Peringkat-4 (60%) dan Peringkat-5 (50%).

 

Demikian beberapa informasi bagi pencari beasiswa di dalam dan luar negeri dengan berbagai kondisi, seperti raport, kerjasama dengan pihak ketiga, dan bantuan pemerintah. Meski terkesan sulit dan persaingannya tinggi, jangan menyerah untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri. Selamatkan jiwamu dan coba, ya!