Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis di Luar Negeri

Bagi sebagian orang itu adalah mimpi untuk belajar di universitas asing yang terkenal. Ya, ada beberapa universitas di luar negeri yang dikenal memberikan kualitas pendidikan yang baik. Hanya beberapa orang yang bisa menjadi siswa di sana. Biasanya orang cerdas adalah mereka yang bisa kuliah di universitas asing ternama. Mereka tidak hanya pintar, tetapi mereka biasanya berasal dari keluarga kaya. Ya, bukan rahasia lagi bahwa belajar di luar negeri dan biaya hidup jauh lebih tinggi daripada di Indonesia. Namun, mereka yang bermimpi untuk kuliah di luar negeri jangan putus asa. Anda masih bisa belajar di luar negeri dengan beasiswa.

Di Indonesia, pemerintah dan lembaga pendidikan menawarkan berbagai beasiswa kepada orang-orang berprestasi untuk belajar di luar negeri. Jadi siapapun yang sedang duduk di bangku SMA atau SMK, bersiaplah untuk mendapatkan beasiswa! Selain belajar dengan giat, ada beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa. Berikut cara mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri.

1. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing.

Bahasa sehari-hari yang digunakan di luar negeri tentu berbeda dengan bahasa Indonesia biasa. Untuk melakukan ini, Anda harus siap untuk mengembangkan keterampilan bahasa Anda. Atau Anda bisa belajar bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Ini karena rata-rata orang di berbagai negara juga perlu mempelajari bahasa tersebut.

Mulailah dengan belajar kosa kata bahasa Inggris sesering mungkin sambil les dan ikuti tes TOEFL. Jangan malas untuk selalu mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda. Jika perlu, luangkan waktu untuk mengambil paket belajar bahasa Inggris khusus agar Anda bisa menguasainya dengan cepat.

2. Belajar membuat motivation letter.

cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri
cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri

Motivation letter adalah salah satu persyaratan yang selalu diperlukan saat melamar beasiswa. Surat lamaran itu dalam bentuk esai yang menunjukkan bahwa Anda layak mendapatkan beasiswa.

Sangat umum bagi orang untuk menulis esai menggunakan kata-kata seperti “Saya sangat ingin tahu budaya di sana” atau “Saya tertarik untuk belajar bahasa”, itu sangat umum dan tidak akan ada yang istimewa dari esai itu. Coba jelaskan beberapa hal yang menarik, seperti negara yang sangat menarik minat Anda karena Anda sering menonton film, memiliki teman yang tinggal di sana atau memiliki teman SMA yang pernah mengikuti pertukaran pelajar di negara tersebut. Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki keinginan dan dasar yang kuat.

Belajar lebih baik untuk menulis surat lamaran yang baik dan menarik. Anda bisa memulainya dengan membiasakan bercerita secara tertulis, tidak perlu hal-hal yang sulit, cukup keseharian saja. Dari sini, Anda bisa menemukan keleluasaan saat ingin mengungkapkan apa yang Anda pikirkan dalam motivation letter.

3. Bulatkan tekad.

Jika Anda sedang belajar tetapi tidak memiliki tekad yang kuat untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri, semangat Anda untuk menang akan mudah terguncang jika suatu saat Anda tertantang. Dapat dikatakan bahwa itu adalah modal paling dasar yang harus dimiliki setiap orang jika ingin mewujudkan impiannya. Mendidik diri sendiri sehingga Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Jangan pernah ragu sedikit pun. Dengan motivasi yang tinggi, semua keinginan menjadi kenyataan. Kamu harus siap dengan apapun yang telah diputuskan, jangan menyerah untuk melakukan apa yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi itu. Jika Anda sudah kuat dalam pikiran Anda, kemungkinan besar Anda akan merasa lebih nyaman dengan ujian dan lebih siap.

4. Pilih negara dengan peminat sedikit.

Cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri selanjutnya adalah dengan memilih negara yang kurang antusias. Bisa dikatakan cara ini cukup efektif untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri. Jika Anda ingin sedikit berbeda dari orang kebanyakan, Anda memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan beasiswa.

Berhati-hatilah untuk tidak hanya mengikuti tren karena banyak orang memilih universitas atau negara yang dipilih banyak orang. Jelas Anda harus bersaing dengan ribuan orang dan kecil kemungkinannya untuk lolos. Kamu bisa mengetahui negara-negara yang peminatnya sedikit terhadap beasiswa dan jangan lupa untuk mencari tahu tentang beasiswa yang ditawarkan oleh negara tersebut.

5. Cari informasi program beasiswa.

Setelah Anda menentukan di negara mana Anda akan belajar, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang program beasiswa yang Anda cari. Salah satu caranya adalah dengan bertanya kepada pihak sekolah atau universitas. Secara umum, sekolah atau perguruan tinggi memiliki banyak hubungan dengan institusi yang menyediakan beasiswa universitas gratis yang bisa Anda coba. Di luar sekolah, jangan ragu untuk bertanya kepada teman atau kerabat yang lebih berpengalaman sebagai alternatif cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

6. Hubungi lembaganya langsung.

Setelah Anda menemukan lembaga beasiswa yang tepat untuk Anda, saatnya untuk menghubungi mereka secara langsung. Untuk pertama kalinya di era digital ini, Anda bisa melihat website atau media sosial. Jika Anda memiliki kontak yang dapat dihubungi, seperti email, jangan ragu untuk mengirimkan email kepada mereka.

Dengan menghubunginya secara langsung, Anda akan menerima semua informasi, mulai dari persyaratan dokumen yang harus disiapkan pada batas waktu pendaftaran.

7. Persiapkan surat rekomendasi.

Cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri selanjutnya adalah dengan membuat surat rekomendasi. Surat rekomendasi memainkan peran penting dalam proses beasiswa. Karena dalam surat tersebut disebutkan bahwa ia layak mendapatkan beasiswa dari lembaga yang memberikannya. Jika Anda ingin menerima surat rekomendasi, mintalah referensi dari guru, pelatih ekstrakurikuler, atau mentor Anda.

8. Siapkan portofolio.

Salah satu persyaratan yang biasanya ditetapkan oleh penyelenggara beasiswa adalah portofolio calon kandidat. Anda dapat membuat portofolio dan resume sebagai syarat menerima beasiswa. Portofolio yang baik dan pengemasan resume dapat mempengaruhi hasil.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengemas data pribadi Anda sejelas mungkin agar pihak penyelenggara dapat memberikan semua informasi tentang diri Anda kepada Anda. Yang terpenting, usahakan portofolio Anda tetap relevan dengan jurusan yang Anda cari!

9. Siapkan dokumen.

cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri
cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri

Setelah Anda memutuskan program beasiswa mana yang akan dipilih, pihak penyelenggara pasti akan meminta Anda untuk memberikan dokumen pendukung. Sementara persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi sangat bergantung pada kebijakan masing-masing penyelenggara, ada beberapa dokumen yang biasanya selalu diperlukan, seperti berikut ini.

– Fotokopi KTP

– Pas foto berwarna ukuran 3×4

– Ijazah dan transkrip yang dilegalisir

– Paspor

– Daftar Riwayat Hidup

– Surat pengantar dan esai

– Skor tes TOEFL / IELTS dengan minimal 500 poin

– Surat rekomendasi