Cara Menonaktifkan Hardware Acceleration Chrome Windows 10

Jika Anda menggunakan Windows atau komputer dengan sistem operasi apa pun, Anda perlu mengetahui salah satu istilah yang paling umum digunakan, akselerasi perangkat keras. Seperti kebanyakan orang yang berurusan dengan komputer, Anda pernah mendengarnya tetapi tidak tahu cara menggunakannya atau cara mengaktifkan / menonaktifkannya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menonaktifkan akselerasi hardware Windows 10. Pada artikel kali ini kita akan mencoba memahami konsep tersebut kemudian mencari informasi lengkap mengenai perawatannya.

Apa itu Hardware Acceleration?

Sebelum Anda dapat memahami cara menonaktifkan / menonaktifkan akselerasi perangkat keras pada Windows 10, Anda mungkin perlu memiliki pemahaman menyeluruh tentang arti istilah ini. Jadi mari kita coba memahami apa arti akselerasi perangkat keras di Windows 10 (atau sistem operasi lainnya).

Secara sederhana, akselerasi perangkat keras adalah penggunaan perangkat keras/hardware komputer untuk melakukan suatu tugas. Ini berarti bahwa perangkat keras perangkat lunak membantu Anda mengelola tugas-tugas tertentu. Saat Anda meminta tugas dari komputer Anda, biasanya tugas tersebut mendapatkan kemampuan CPU standar komputer Anda. Namun, jika tugas lebih sulit, kinerja akselerasi perangkat keras ini diperlukan, tugas menggunakan komponen khusus pada komputer untuk melakukan tugas lebih efisien dan cepat.

Beberapa komponen yang terlibat dalam akselerasi perangkat keras termasuk kartu suara dan video. Ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer Anda. Karena komputer saat ini juga tersedia dengan GPU khusus, akselerasi perangkat keras dapat menjadi pilihan yang bagus untuk game HD dan tugas pengeditan video yang intensif sumber daya. Peramban seperti Chrome juga memaksa komputer untuk berjalan dalam mode akselerasi perangkat keras saat item perlu ditampilkan dalam resolusi tinggi.

Cara Menonaktifkan Hardware Acceleration pada Windows 10

Nah, berdasarkan apa yang telah kita pelajari dari diskusi di atas, seharusnya jelas bahwa akselerasi perangkat keras mungkin merupakan salah satu opsi terbaik untuk dipertahankan. Tentu saja, banyak komputer saat ini memiliki akselerasi perangkat keras yang diaktifkan.

Namun, terkadang perlu untuk menonaktifkan atau menonaktifkan akselerasi perangkat keras Windows 10. CPU mungkin dapat menangani tugas-tugas sulit sendiri. Ini akan membuat opsi Akselerasi Perangkat Keras tidak dapat digunakan. Atau Anda mungkin mengalami masalah kinerja karena akselerasi perangkat keras dan ingin menonaktifkannya. Apa pun alasannya, Windows 10 memungkinkan Anda mematikan akselerasi perangkat keras. Jika Anda menggunakan Windows 10 1803 atau lebih baru, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Untuk menonaktifkan akselerasi perangkat keras pada perangkat Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:

Metode 1

  1. Klik kanan pada ruang kosong di desktop.
  2. Pada menu pintasan, klik Opsi Tampilan.
  3. Gulir ke bawah dan cari Opsi Tampilan Lanjutan.
  4.  Kemudian buka Pengaturan Tampilan Lanjutan.
  5. Temukan dan klik Properti Kartu Video untuk Tampilan 1 pada layar berikutnya.
  6. Jendela properti tampilan akan terbuka.
  7. Pilih tab Pemecahan Masalah
  8. Klik Ubah Pengaturan
  9. Pemecah masalah kartu video sekarang akan muncul
  10. Cari dan kemudian nonaktifkan akselerasi perangkat keras.

Metode 2 

Metode 2 menggunakan Peninjau Suntingan Registri untuk menonaktifkan akselerasi perangkat keras. Langkah-langkah untuk menonaktifkan akselerasi perangkat keras menggunakan registry Windows 10 akan sedikit rumit dan berisiko jika Anda tidak tahu cara menanganinya. Langkah yang salah dapat mencegah sistem tidak berfungsi.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan akselerasi perangkat keras melalui registri Windows 10

  1. Jalankan editor registri. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan dialog RUN dan kemudian ketik regedit. Anda juga dapat mencari Editor Registri menggunakan opsi pencarian Windows.
  2. Setelah membuka Registry Editor, cari kunci berikut:
    HKEY_CURRENT_USER \ PERANGKAT LUNAK \ Microsoft
  3. Temukan pengaturan kartu grafis Anda. Kartu grafis biasanya diberi label Avalon.Graphics, jadi klik entri ini
  4. Temukan entri DisableHWA Acceleration. Jika tidak, buat satu. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik kanan di panel kanan dan memilih DWord. Beri nama DisableHWAAcceleration
  5. Ubah nilai dari 0 menjadi 1. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kata ganda yang baru saja Anda buat dan memasukkan nilai 1.

Nah, berikut ini cara menonaktifkan akselerasi perangkat keras menggunakan registry Windows 10. Perhatikan bahwa fitur ini hanya berfungsi jika didukung oleh perangkat keras Anda.

Ada kalanya kedua metode tidak membantu menonaktifkan akselerasi perangkat keras. Idealnya, ini bisa terjadi jika driver kartu grafis belum diperbarui atau rusak. Untuk memperbarui driver, kunjungi situs web produsen atau perbarui driver di Pengelola Perangkat.