Cara Membuat Google Scholar Gratis

Google Scholar atau Google Scholar adalah produk khusus untuk keperluan pendidikan, baik untuk sekolah maupun perguruan tinggi. Anda dapat membuat akun Google Cendekia secara gratis hanya dalam beberapa langkah di bawah ini. Tapi pertama-tama, kita akan berbicara tentang Google Cendekia terlebih dahulu.

Siapa yang tidak kenal dengan layanan Google ini? Bagi mereka yang memiliki sekolah atau universitas terbaru, mereka sangat sering dapat menggunakannya untuk mendukung kegiatan belajar sehari-hari. Namun yang masih jarang mendengar namanya pasti tahu tentang produk edukasi dari Google ini.

Di Google Schoolar atau bahasa Indonesia, Google Scholar adalah layanan pencarian yang mengkhususkan diri dalam pencarian seluruh topik dalam format teks dalam berbagai format, seperti doc, pdf, xml dan lain-lain. Layanan ini didirikan oleh raksasa Google pada tahun 2004 dan mencakup sejumlah jurnal online untuk membantu peneliti mencari literatur.

Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan sumber daya perpustakaan berupa abstrak, jurnal, buku, artikel, komunitas berbagai disiplin ilmu, dan sumber pengetahuan lainnya, Anda dapat menggunakan Google shoolart sebagai platform pencarian. Bayangkan semua majalah internasional dapat Anda temukan di sini. Bukankah indah?

Daftar Google Cendekia

Langkah pertama: Sebum pertama login dengan akun Google Anda. Kemudian kunjungi website Google Scholar di Scholar.google.co.id. Halaman beranda Google Schoolar akan muncul.

 

Langkah 2: Pilih menu di tab kiri dan klik “Profil Saya”. Isi beberapa formulir pendaftaran sesuai permintaan, seperti:

  • nama depan,
  • afiliasi,
  • e-mail (e-mail hanya untuk domain Pendidikan, biarkan kosong jika tidak tersedia)
  • bidang minat
  • halaman beranda(opsional)
google scholar pendidikan
google scholar pendidikan

Langkah ketiga: pilih grup artikel yang ingin Anda buat, pilih yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Anda kemudian akan melihat opsi “Perbarui Artikel Terkait” antara “Pembaruan Otomatis” dan “Pembaruan Email”. Pilih salah satu yang tepat untuk Anda.

google scholar pendidikan
google scholar pendidikan

Langkah 4: Pilih visibilitas profil jika profil Anda disetel ke pribadi (hapus centang pada bagian “Jadikan profil saya publik”) dan pilih bagian ini jika Anda ingin orang lain melihat profil Anda. Tekan tombol “Selesai”.

Bagaimana cara artikel atau tulisan online kita terindeks oleh google scholar

Pertanyaan yang sering muncul bagi mereka yang ingin tulisannya layak dan dicari banyak orang, bagaimana caranya agar tulisan kita cepat terindeks dari Google Schoolar?

Diskusi tentang membuat akun Google Cendekia atau Cendekia gratis telah selesai. Semoga dapat membantu dalam proses pembelajaran apapun, baik di sekolah maupun kuliah. Kritik dan saran bisa kalian berikan dibawah. Juga, jika Anda memiliki pertanyaan tentang administrator, harap kirimkan catatan di kotak di bawah ini.