Cara Upload Jurnal di Google Scholar

Cara Upload Jurnal di Google ScholarRiset terbaik untuk makalah atau karya akademis saat ini adalah Google Scholar. Jika Anda memiliki tesis, Anda dapat mengirimkan buku harian ke Google Cendekia. Google Cendekia tetap menjadi mesin pencari paling kuat dalam literatur ilmiah, yang digunakan oleh banyak peneliti dan mahasiswa. Saya termasuk yang menyukai Google Scholar sebagai alat untuk menghasilkan manuskrip, manuskrip, dan karya akademis. Jika Anda sudah memiliki akun dan tahu cara mencari dengan cepat, saatnya mempelajari cara mengunggah log Anda ke Google Cendekia.

Apa Itu Google Scholar?

google scholar pendidikan
google scholar pendidikan

Sebagian besar ilmuwan, mahasiswa, ilmuwan, dan pakar lainnya sangat bergantung pada layanan A&I (abstraksi dan pengindeksan) untuk menemukan artikel dan jurnal yang sesuai dengan minat mereka. Google Cendekia bukan hanya salah satu layanan A&I yang paling banyak digunakan di dunia, tetapi juga layanan A&I terlengkap yang pernah ada (setidaknya hingga saat ini).

Scholar memudahkan para akademisi untuk mencari kajian dan topik penelitian yang sangat spesifik, yang jika dilakukan secara manual akan memakan waktu lama. Dengan menggunakan abstrak dan metadata, layanan A&I ini dapat langsung menemukan dan menampilkan makalah penelitian, artikel, publikasi, dan materi lain yang kami cari. Metadata ini mencakup detail seperti:

  • Judul artikel/majalah
  • Nama penulis
  • Tanggal rilis
  • Nomor edisi atau volume majalah
  • Nomor halaman
  • Kata kunci untuk judul majalah, dll.

Cara Upload Jurnal di Google Scholar

google scholar pendidikan
google scholar pendidikan

Melihat fenomena hampir semua pencarian informasi kita sekarang dilakukan secara online, sudah menjadi kewajiban bagi para peneliti dan akademisi.

Jadikan penelitian mereka tersedia untuk mesin pencari online sehingga dapat dipublikasikan. Bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Google, atau Google Cendekia.

Karena popularitasnya yang besar, Google Cendekia adalah tempat terbaik untuk melihat jurnal atau karya akademis lainnya. Bagaimana cara mengunggah buku harian ke Google Cendekia? Anda dapat memilih di antara tiga opsi, yaitu:

1. Cara Upload Jurnal di Google Scholar Manual

Cara pertama adalah mengunggah data secara manual ke jurnal atau karya akademis kita di Google Cendekia.

Jika Anda ingin mengunggah atau mengunggah hanya satu atau lebih dokumen, gunakan langkah pertama dalam langkah-langkah terperinci berikut:

  • Buka https://scholar.google.co.id/ dan masuk ke akun Cendekia Anda. Kemudian klik “Profil Saya” dan klik tanda “+” di bawah foto profil Anda.
  • Jika lebih dari satu opsi muncul, pilih “Tambahkan dokumen secara manual”. Pilih jenis dokumen yang ingin Anda unggah (buku harian, dokumen konferensi, buku, bab buku, disertasi, kasus pengadilan, atau lainnya).
  • Masukkan informasi spesifik tentang dokumen yang ingin Anda unggah. (judul dokumen, nama penulis, tanggal publikasi, volume atau nomor jurnal di mana ia pertama kali diterbitkan, nama penerbit, lembaga penelitian atau afiliasi, dll).
  • Klik “Simpan” setelah memasukkan semua informasi dan Anda akan segera melihat “Artikel ditambahkan ke profil Anda”, yang menunjukkan bahwa dokumen Anda telah berhasil ditambahkan ke profil Google Cendekia Anda.

2. Upload Banyak Dokumen Sekaligus

Google telah mengadopsi kebijakan untuk membantu mengindeks situs yang berisi studi Anda. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengunggahnya satu per satu. Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman Penyertaan Google Cendekia dan pilih jenis situs yang ingin Anda kirimkan. Kemudian, centang kotak di samping “Penerimaan saya berlaku untuk publikasi pribadi saya”.
  • Pada layar berikutnya, masukkan semua informasi yang diperlukan.
  • Lampirkan satu atau lebih contoh dokumen, jenis yang dapat ditemukan di halaman web yang Anda berikan sebelumnya, lalu klik “Kirim”. Sekarang Anda akan menerima pesan yang menyatakan bahwa situs telah dikirim untuk ditinjau oleh tim Google Cendekia.

Jika tim Google Cendekia menentukan bahwa konten situs yang Anda kirimkan memenuhi semua kriteria. Situs dan artikel di dalamnya kemudian akan muncul di hasil pencarian Google Cendekia dalam waktu empat hingga enam minggu.

3. Terindex Ke Google Scholar Secara Otomatis

Nah, cara ketiga ini adalah yang terbaik dan paling sederhana untuk kita. Bahkan, kita tidak perlu melakukan apa-apa, jurnal kita otomatis ditambahkan ke profil Google Cendekia kita. Caranya adalah dengan mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal yang terindeks Google Scholar. Apa artinya? Jika jurnal diindeks oleh Google Cendekia, semua artikel atau manuskrip, termasuk metadata dan dokumen, secara otomatis dimasukkan ke dalam database Google Cendekia.

Jika kita memiliki profil Google Cendekia. Kami kemudian secara otomatis memasukkan metadata karya ilmiah kami di jurnal di profil ilmuwan. Oleh karena itu, penulis harus memiliki profil ilmiah.

Sebagai informasi, berikut ciri-ciri jurnal ilmiah yang terindeks Google Scholar:

Akhir Kata

Goggle Scholar mudah digunakan dan menawarkan akses luar biasa ke jutaan jurnal indeks terbuka, artikel, dan materi akademis, itulah sebabnya begitu banyak orang menggunakan Scholar. Upload jurnal ke Google Scholar juga bisa menjadi tolak ukur kemajuan Anda dalam membuat/mengembangkan publikasi ilmiah.

Demikian artikel tentang cara upload jurnal ke Google Scholar semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tentang Google Scholar.