4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah

Ada banyak cara untuk mewujudkan rumah impian Anda. Renovasi rumah bisa menjadi cara yang menarik untuk mempersonalisasi rumah impian Anda. Apalagi jika Anda sudah tinggal di rumah yang sudah lama Anda tinggali. Renovasi atau renovasi rumah diperlukan agar umur apartemen yang dimiliki saat ini dapat bertahan lama dan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Meski renovasi rumah bisa menjadi alternatif pemotongan biaya saat menghadirkan rumah idaman, renovasi rumah juga bukan hal yang murah. Oleh karena itu, perencanaan yang matang harus dilakukan, terutama mengenai anggaran atau anggaran sumber daya yang diperlukan, agar hasil renovasi rumah sesuai dengan yang diharapkan selama ini.

Renovasi rumah secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses atau kegiatan yang bertujuan untuk memperbaiki, meremajakan, merombak atau menyempurnakan struktur atau bentuk rumah. Hal ini biasanya dicapai melalui konsep desain yang disesuaikan dengan kebutuhan proses renovasi rumah. Renovasi rumah juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang memberikan ruang pada bangunan atau lahan yang ada, seperti garasi atau halaman, serta kolam renang.

4 hal penting untuk dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi rumah

Oleh karena itu, renovasi rumah menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda pilih sebagai salah satu cara untuk mewujudkan impian Anda. Namun, sebelum Anda mulai merenovasi rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu diingat untuk mengimbangi biaya yang dikeluarkan.

Rencanakan renovasi secara matang

Perencanaan adalah langkah awal dalam mewujudkan setiap kegiatan atau impian, bahkan dengan sempurna. Begitu pula dengan renovasi rumah. Untuk proyek awal, konsultasikan dulu foto rumah impian Anda sebelum membangun rumah. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli di bidangnya, seperti arsitek dan desainer interior. Tahap konsultasi ini dirasa perlu untuk membuat gambaran rumah idaman terlihat nyata, meskipun masih berupa sketsa 2D atau 3D. Perhatikan juga bahan yang akan digunakan, karena bahan tersebut berperan dalam menjaga kondisi rumah setelah direnovasi agar lebih awet. Biasanya ahli perbaikan rumah juga akan memberikan perkiraan biaya. Sebagai perbandingan, Anda bisa mencari referensi lain untuk berada di tempat yang tepat baik dari segi desain rumah maupun biaya.

Persiapkan anggaran renovasi rumah

Setelah Anda memiliki gambaran yang cukup jelas dan detail rencana, maka langkah selanjutnya adalah membuat detail budget atau anggaran renovasi rumah. Jika menggunakan jasa arsitek, interior designer, builder, biasanya rencana anggaran renovasi rumah ini sudah termasuk dalam layanan. Oleh karena itu, dalam masa konsultasi selanjutnya, para ahli ini akan memberikan proposal anggaran yang akan merinci biaya renovasi rumah impian Anda. Biasanya, anggaran yang tersedia nantinya akan menyertakan penjelasan biaya dengan menggunakan rumus beban kerja x harga satuan. Besarnya pekerjaan biasanya dihitung dalam meter (m), meter persegi (m2) atau meter kubik (m3) tergantung luas bangunan atau tanah yang akan direnovasi. Sedangkan harga satuan merupakan akumulasi dari biaya material dan tenaga kerja.

Kenali luas bangunan dan lahan rumah Anda

Mengetahui bahwa luas bangunan atau tanah yang Anda miliki berperan penting dalam mengelola biaya proses renovasi rumah, Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang rumah Anda sebelum merenovasinya. Terutama yang berkaitan dengan luas bangunan dan kaveling rumah Anda. Jika Anda tahu lebih banyak tentang rumah, Anda mungkin tidak perlu merombak rumah secara besar-besaran, seperti membangun kembali sebuah ruangan, yang juga akan membantu mengurangi biaya renovasi rumah Anda.

Selalu sediakan dana tak terduga

Sekalipun Anda sudah sepakat dan menetapkan anggaran untuk merenovasi rumah impian Anda, perlu diingat bahwa Anda memerlukan cadangan untuk kejadian tak terduga. Kejadian yang tidak terduga dapat diakibatkan oleh perubahan harga bahan renovasi rumah di tengah proses renovasi, atau dari faktor alam yang memaksa pekerjaan tertunda sehingga mengakibatkan pemborosan waktu dan biaya. Pastikan Anda menyiapkan 10 hingga 20 persen anggaran anggaran utama Anda dari sumber yang tidak terduga agar proses renovasi rumah bisa berjalan lancar.

Tips memilih kontraktor renovasi rumah

Secara umum, Anda dan keluarga Anda memiliki pembangun atau kontraktor yang telah ada selama beberapa generasi dan merupakan pilihan utama keluarga ketika datang ke pekerjaan konstruksi atau renovasi rumah. Namun, rencana itu mungkin tidak terwujud karena waktu kedua belah pihak tidak memadai. Oleh karena itu, Anda juga harus siap untuk memiliki kontak bisnis cadangan lain yang dapat mengisi kekosongan dan melakukan renovasi rumah impian Anda pada waktu yang Anda inginkan. Bagi mereka yang tidak memiliki kontraktor cadangan rumah, berikut adalah beberapa tips untuk diikuti.

  • Rekomendasi tetangga

Jika Anda mencari saran kontraktor yang memenuhi syarat untuk proyek renovasi rumah, Anda dapat bertanya kepada tetangga terlebih dahulu. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan informasi detail tentang pekerjaan kontraktor melalui rumah tetangga. Selain itu, Anda dapat menanyakan tentang biaya gaji yang diajukan oleh saran kontraktor agar sesuai dengan anggaran yang tersedia.

  • Rekomendasi secara online

Di era modern ini, hampir semua aspek bekerja secara digital dan online. Layanan pekerjaan rumah tidak terkecuali. Anda dapat menemukan sejumlah penawaran online untuk membantu Anda menemukan kontraktor yang tepat untuk kebutuhan renovasi rumah Anda. Anda juga berkesempatan untuk belajar tentang hasil pekerjaan kontraktor, dimulai dengan portofolio yang ada, seperti dokumentasi proyek renovasi rumah yang telah selesai atau hubungan klien sebelumnya.