Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Google Chrome adalah salah satu browser yang paling banyak digunakan di perangkat Android, iOS, dan Windows. Pada perangkat Android, Google Chrome akan menjadi browser default. Karena banyaknya pengguna di ponsel, Google Chrome adalah cara paling populer untuk menelusuri pengguna. Stabilitas dan keamanan Google Chrome tidak dapat dievaluasi oleh browser lain.

Namun, beberapa pengguna kesulitan membuka/mengakses halaman di Google Chrome. Kita juga tahu bahwa Google Chrome adalah buatan manusia yang tentunya memiliki kekurangan. Google Chrome terkadang menampilkan pesan error, crash, dan crash. Tidak jarang Google Chrome berhenti merespons. Penggunaan RAM yang cukup tinggi sering terjadi.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Pada artikel ini, saya akan memberi Anda tips tentang cara mengatasi kesalahan, crash, dan kurangnya akses ke situs / halaman Google Chrome Anda. Lihat ikhtisar di bawah ini.

Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Laptop

Bagi yang bermasalah dengan Google Chrome di laptopnya (khususnya Windows 10, 8.1, 8 dan 7), Anda bisa mencoba solusi sederhana berikut ini.

1. Coba buka kembali Google Chrome

Anda dapat menutup dan membuka kembali Google Chrome terlebih dahulu. Jika Anda kesulitan tidak menjawab karena terlalu banyak tab yang terbuka. Sebenarnya, membuka banyak tab secara bersamaan tidak menjadi masalah jika laptop/komputer Anda memiliki RAM yang cukup. Tetapi jika tidak, saya sarankan untuk membatasinya dengan membuka banyak tab. Jika Anda tidak dapat menutup Google Chrome secara manual, Anda dapat memaksanya untuk menutup melalui Pengelola Tugas.

  • Klik kanan pada taskbar » pilih Task Manager.
  • Kemudian pilih Google Chrome.
  • Klik Akhiri Tugas untuk memaksa program ditutup.
  • Selesai.

Setelah menutup program, coba buka kembali dan lihat hasilnya. Jika Anda masih mengalami masalah, ikuti tips ini.

2. Restart komputer Anda

Coba restart / reload komputer Anda sebagai berikut. Terkadang program/halaman yang ingin Anda buka tidak berfungsi dengan benar. Dengan restart, harapannya program akan kembali normal.

3. Scan menggunakan Antivirus

Jadi cobalah untuk memindai komputer Anda (terutama Chrome) dengan antivirus. Siapa tahu ada program atau add-on jahat yang justru bisa membuat Google Chrome bermasalah. Terkadang beberapa ekstensi juga mengambil data pengguna dari riwayat, informasi login, bookmark, dan lainnya. Berhati-hatilah saat memasang add-on/ekstensi di browser Anda.

Anda dapat menggunakan Windows Defender untuk memindai drive C dari malware / virus yang mencurigakan. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak antivirus pihak ketiga seperti Avast, Kaspersky, AVG, dan lainnya.

4.  Install ulang Google Chrome

Opsi lain yang dapat Anda coba adalah mencopot dan memasang ulang Google Chrome. Mungkin ada kesalahan di Google Chrome yang mencegah program bekerja dengan benar. Anda dapat mencopot pemasangan Google Chrome menggunakan fitur Aplikasi dan Layanan Windows.

  • Buka Pengaturan »Aplikasi» Aplikasi dan fitur.
  • Temukan dan pilih Google Chrome.
  • Klik Uninstall untuk menghapus program.
  • Konfirmasikan dengan Uninstall dan ikuti proses uninstall program sampai berhasil,
  • Selesai.

Setelah menguninstall program, gunakan CCleaner untuk membersihkan registry, cache, cookies dan sebagainya hingga benar-benar bersih. Kemudian restart komputer Anda dan coba instal Google Chrome lagi.

5. Hapus ekstensi Google Chrome

Plug-in Google Chrome sangat berguna untuk memungkinkan pengguna melakukan tindakan yang tidak dapat dilakukan browser. Misalnya, VPN dapat digunakan untuk mengakses situs web yang diblokir, membuka dan mengedit dokumen secara offline, mengunduh video, dan banyak lagi. Namun terkadang ada ekstensi yang mungkin masih mengandung kesalahan, sehingga Google Chrome tidak berfungsi dengan baik. Apalagi jika ekstensi tersebut diunduh dari situs pihak ketiga (bukan Google).

  • Buka Google Chrome dengan mengklik ikon tiga titik di bagian atas.
  • Pilih Fitur Lainnya »Pengaya.
  • Anda juga dapat melakukannya dengan cepat dengan memuat chrome: // ekstensi / halaman
  • Hapus ekstensi yang mencurigakan.
  • Selesai.

Muat ulang Google Chrome setelah menghapus ekstensi yang mencurigakan. Pastikan Google Chrome berfungsi normal kembali tanpa masalah.

6. Buka halaman menggunakan browser lain

Jika Anda kesulitan memuat halaman di Google Chrome, coba gunakan browser lain, seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dan lainnya. Terkadang beberapa browser mungkin tidak dapat memuat halaman sepenuhnya, mungkin karena plugin AdBlock, kode situs yang tidak mendukung browser, memblokir add-on, dan banyak lagi.

Jika Anda dapat membuka browser lain, coba perbaiki lagi Google Chrome. Copot pemasangan dan pasang kembali Google Chrome, copot semua ekstensi, lalu buka dan muat ulang laman di Google Chrome.

Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Selain komputer/laptop, ada masalah dengan Google Chrome di perangkat Android. Masalah kesalahan juga dapat bervariasi: pesan kesalahan yang dibatalkan, pematian paksa, navigasi, dan sebagainya. Bagi yang bermasalah dengan Google Chrome Android, ikuti tips berikut ini.

1. Tutup semua aplikasi berjalan

Ini pertama-tama akan mencoba menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang (termasuk Google Chrome setelah dibuka). Hal ini dapat disebabkan oleh RAM penuh dan memori internal karena kemungkinan penundaan, shutdown yang sulit, dan pembekuan. Untuk melakukan ini, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Kemudian coba buka Google Chrome lagi.

Anda juga harus berhati-hati jika menggunakan ponsel Android kelas menengah ke bawah. Pastikan Anda membatasi pembukaan aplikasi/game (tidak sekaligus). Ini harus dilakukan agar RAM dan interior dapat dialokasikan dengan benar. Jika perlu, Anda dapat menonaktifkan beberapa aplikasi yang jarang digunakan.

2. Hapus data Google Chrome

Kemudian coba hapus data aplikasi Google Chrome. Menghapus data akan mengembalikan aplikasi ke lokasi default, menghapus riwayat, cache, cookie, dan informasi login. Setelah menghapus data aplikasi, itu akan mencoba membuka Google Chrome lagi.

  • Buka Pengaturan »Aplikasi dan Pemberitahuan» Aplikasi.
  • Temukan dan pilih Chrome.
  • Pilih Penyimpanan, lalu pilih Manajemen Penyimpanan.
  • Ketuk Ruang Kosong untuk menghapus semua sampah.
  • Selesai.

3. Update Google Chrome

Jika menghapus data tidak menyelesaikan masalah, coba perbarui Google Chrome. Perbarui Google Chrome langsung dari Google Play Store. Tujuan pembaruan tentu saja untuk memaksimalkan stabilitas aplikasi. Pengembang harus terus memperbarui agar Google Chrome berfungsi dengan baik.

  • Buka Google Play Store.
  • Temukan dan pilih Google Chrome.
  • Klik Perbarui untuk memperbarui aplikasi.
  • Tunggu hingga proses update berhasil.
  • Selesai.

4. Buka halaman dengan browser lain

Jika Anda mengalami masalah saat memuat halaman di Google Chrome, coba gunakan browser lain, seperti Firefox, Opera, Microsoft Edge, dan lainnya. Beberapa pengguna mungkin mengalami masalah saat memuat halaman dengan err_connection_closed, err_connection_failed, tidak ada Internet, dan halaman serupa.

Jika halaman dapat diakses di browser yang berbeda, mungkin ada masalah dengan Google Chrome. Coba atur ulang pengaturan default Google Chrome, lalu pulihkan. Tetapi jika Anda tidak dapat mengaksesnya dengan browser lain, mungkin ada masalah dengan jaringan internet Anda. Coba cek modem, router, sinyal telepon, dan sebagainya.

Penutup

Untuk memperbaiki masalah crash Google Chrome, Anda perlu tahu persis apa yang salah. Dalam aplikasi atau pada pemuatan halaman. Untuk kejelasan, Anda dapat membagikan masalah Anda di kotak komentar. Share juga artikel ini ke media sosial agar lebih bermanfaat dan bermanfaat. Terima kasih dan semoga sukses!