5 Hidangan Khas Nusantara untuk Momen Lebaran

Hidangan Khas Nusantara — Sesudah hampir satu bulan berpuasa, hari besar untuk umat musllim sudah tiba, Hari Raya Idul Fitri! Semua keluarga datang, untuk sama-sama bermaaf-maafan. Dan seringkali, gelaran melepaskan rindu, bila salah satunya bagian keluarga mereka, datang dari perantauan nun jauh di situ.

Jika kembali kumpul keluarga semacam itu, tidak komplet donk rasanya tanpa sajian ciri khas lebaran. Indonesia yang kaya dengan peninggalan kulinernya, jadikan peristiwa lebaran ialah peristiwa yang dinanti-nantikan. Karena akan ada banyak sajian ciri khas nusantara yang menanti untuk dikonsumsi. Apa, ya?

5 Hidangan Khas Nusantara untuk Momen Lebaran

Lebaran sebagai hari kemenangan sesudah satu bulan lama waktunya menjalankan puasa. Umumnya, Lebaran dirayakan dengan berkumpul sama keluarga sampai nikmati makanan ciri khas Idul Fitri.

Hidangan Khas Nusantara
Hidangan Khas Nusantara

Berikut sejumlah sajian kuliner Nusantara saat Lebaran:

1. Kuah Labu dan Bebek Gulai Kurma

kuliner di Aceh ada 2 menu ciri khas Lebaran yaitu Kuah Labu dan Bebek Gulai Kurma.

Kuah Labu sebagai sajian berkuah santan yang dipadankan dengan labu cair dan beberapa bahan tumisan seperti bawang, kayu manis, cabe bubuk, dan daun kari.

Sementara, untuk Bebek Gulai Kurma yaitu penampilannya serupa daging bebek yang disiram kuah rendang. Disamping itu, kuah rendang diperlengkapi dengan rempah daun beraroma, seperti daun pandan, daun temurui, dan serai.

2. Lontong Kari Ayam

Salah satunya hidangan ciri khas Lebaran yaitu Lontong Kari Ayam. Makanan ini dikenali sebagai hidangan saat Lebaran oleh warga Sunda. Walau sajian ini datang dari Jateng, tetapi rasa Lontong Kari telah disamakan dengan lidah orang Bandung.

3. Soto Banjar

Soto Banjar sebagai menu unggulan warga Banjar untuk melayani tamu saat Lebaran. Menu ini terhidang dengan isian yang bermacam seperti, suwiran daging ayam goreng atau rebus, telur ayam rebus, perkedel kentang, mie putih, bawang, dan seledri. Tetapi, Soto Banjar bisa juga dihidangkan memakai ketupat

4. Kella Pate

Selanjutnya, sajian ciri khas Lebaran dari Madura yaitu Kella Pate. Kella Pate sebagai masakan daging ikan tengiri goreng yang digabungkan dengan kuah santan dan belimbing wuluh.

5. Dodol

Untuk memperat bersilahturahmi antara keluarga dan famili saat Lebaran, warga Betawi lakukan adat rantangan Betawi. Dalam adat ini, salah satunya makanan yang harus ada yaitu Dodol ciri khas Betawi.

Dodol diputuskan sebagai makanan harus karena memiliki makna ketegasan atau kemampuan persaudaraan. Disamping itu, Dodol dikatakan sebagai kue bersilahturahmi karena meskipun kita tidak membuat Dodol sendiri, nanti ada keluarga atau famili yang bertandang untuk memberinya dodol.

Kesimpulan Hidangan Khas Nusantara 

Selain 5 hidangan yang tadi saya sebutkan, pasti deh, masih banyak masakan khaas nusantara yang jadi jagoan masing-masing keluarga mommies. Silakan bagi ceritanya ke kami, ya, mommies.