Hujan Deras Yang Memicu Tanah Longsor Mematikan

Liputanberitaku.com— Sedikitnya ada sembilan orang tewas dan 10 lainnya hilang karena hujan deras yang menyebabkan tanah longsor dan banjir, memaksa ratusan orang untuk mengungsi dari rumah mereka di provinsi Jawa Timur.

Pejabat Setempat

Sedikitnya sembilan orang tewas dan 10 lainnya hilang setelah tanah longsor yang disebabkan oleh hujan deras menyapu beberapa rumah di Indonesia, kata para pejabat, ratusan orang terpaksa mengungsi dan meninggalkan rumah mereka yang terendam banjir.

Duapuluh Satu Orang Hilang

Dua puluh satu orang pada awalnya dilaporkan hilang setelah bencana yang terjadi pada Minggu malam di daerah pedesaan di Jawa Timur.
Badan SAR Indonesia mengatakan telah menemukan sembilan mayat, tetapi masih mencari 10 orang yang dilaporkan hilang.
Dua orang lainnya telah diselamatkan.
“Saat ini kami tidak dapat membawa alat berat ke lokasi longsor. Namun, saat ini kami sedang berusaha untuk melaluinya,” kata Badan Pencarian dan Penyelamatan Jawa Timur kepada AFP dalam sebuah pernyataan tertulis.

Tanah longsor juga merusak delapan rumah dengan parah

Pasuruan, sebuah kota di provinsi yang sama, juga dilanda banjir setelah sungai meluap akibat hujan lebat, memaksa lebih dari 350 orang mengungsi dari rumah mereka, menurut informasi terkait.
Tanah longsor dan banjir bandang biasa terjadi di seluruh kepulauan Indonesia, di mana hujan musiman sering terjadi dan tanpa henti.
Sedikitnya 21 orang tewas pada Januari dan lebih dari 60.000 dievakuasi setelah serangkaian banjir besar juga melanda provinsi Kalimantan Selatan.