Tools Project Management untuk Produktivitas Kerja

Tools Project Management untuk Produktivitas Kerja–Pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk melakukan banyak aktivitas dari rumah, termasuk bekerja. Memang, kondisi seperti itu sangat sensitif terhadap gangguan produktivitas. Untungnya, alat manajemen proyek yang tersedia membuat transisi dari kantor ke bekerja di rumah lebih mudah dan tanpa kerumitan.

Dengan perangkat lunak manajemen proyek ini, komunikasi antara Anda dan staf Anda menjadi sempurna. Dalam artikel ini, kami merekomendasikan aplikasi manajemen dan efisiensi proyek terbaik untuk membantu Anda bekerja dari rumah. Selamat membaca!

Aplikasi Manajemen Proyek dan Produktivitas Terbaik

Project management tools yang disarankan di sini mulai dengan aplikasi obrolan untuk digunakan di kantor atau bisnis, kemudian aplikasi manajemen proyek untuk manajemen tugas dan aplikasi komunikasi gratis untuk kolaborasi.

Berikut adalah perangkat lunak manajemen proyek yang kami rekomendasikan:

1. Slack

tools project management
tools project management
  • Peringkat: 4.7 / 5
  • Fitur penting: panggilan audio dan video terintegrasi, integrasi dengan aplikasi lain
  • Ideal untuk tim dan perusahaan dari berbagai ukuran

Slack adalah salah satu alat manajemen proyek yang paling banyak digunakan untuk mendukung komunikasi dalam perusahaan atau tim. Selain fungsi pesan instan, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat publik (dapat diakses oleh semua anggota) atau pribadi (hanya beberapa anggota yang dapat mengakses) saluran tim atau proyek yang sedang berlangsung. Anda juga dapat merekam pesan atau obrolan di saluran Anda agar informasi penting mudah diakses.

Slack memungkinkan Anda untuk berbagi gambar, dokumen, dan file video dari komputer atau Google Drive Anda. Dengan fitur berbagi layar, Anda dapat melakukan panggilan suara dan video dengan rekan kerja dan melakukan presentasi. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan lebih dari 2.200 aplikasi, termasuk Zapier, Dropbox, dan Google Kalender, untuk merampingkan alur kerja Anda.

Slack menawarkan paket gratis dengan fitur terbatas untuk usaha kecil. Untuk tim yang lebih besar, paket premium mulai dari $ 6,67 / bulan per pengguna aktif.

2. Zoom

tools project management
tools project management
  • Peringkat: 4.6 / 5
  • Fitur penting: berbagi layar, mengobrol selama panggilan
  • Paling cocok untuk tim dari berbagai ukuran

Zoom adalah platform konferensi video yang benar-benar berkembang. Aplikasi ini menyediakan sejumlah alat kolaborasi, seperti platform pertemuan, sistem telepon, platform webinar, dan sistem konferensi video. Platform menjamin privasi pengguna dengan menambahkan kode ke rapat. Ada juga fitur Lobby yang memungkinkan penyelenggara rapat menerima peserta di awal sesi.

Langganan gratis membatasi panggilan hingga 100 menit untuk 100 peserta. Untuk menambah panjang dan daftar peserta, Anda harus meningkatkan ke paket premium, tersedia mulai dari $149,90 / tahun.

3. Microsoft Teams

  • Peringkat: 4.4 / 5
  • Fitur utama: kolaborasi waktu nyata
  • Sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah

Microsoft Teams adalah aplikasi kerja tim yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video, mengobrol, dan mengedit file dari satu tempat.

Dengan paket aplikasi gratis, Anda dapat melakukan panggilan video 60 menit dengan maksimal 100 peserta. Selain itu, Microsoft Teams menawarkan penjadwalan rapat, peralihan latar belakang, dan berbagi layar untuk presentasi. Microsoft Teams menawarkan penyimpanan 10GB untuk tim dan penyimpanan 2GB untuk obrolan.

Anda perlu meningkatkan ke paket premium untuk merekam rapat dan meningkatkan penyimpanan. Harga untuk paket ini mulai dari $5 per pengguna per bulan.

4. TypeTalk

  • Fitur penting: integrasi dengan aplikasi Nulab
  • Sangat cocok untuk tim kecil hingga menengah

TypeTalk adalah aplikasi obrolan grup yang menawarkan integrasi dengan aplikasi produktivitas lainnya di jaringan Nulab. Aplikasi ini dapat digunakan dengan Cacoo yang merupakan aplikasi charting berbasis cloud, dan Backlog yang merupakan aplikasi manajemen proyek. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan notifikasi Cacoo dan Backlog, mendiskusikan grafik Cacoo, dan membuat masalah lag di TypeTalk.

Selain itu, TypeTalk menawarkan API dan Webhook terbuka untuk otomatisasi dan integrasi dengan perangkat lunak lain. Namun, penyesuaian khusus perlu dilakukan agar fitur ini berfungsi.

Versi gratis dari aplikasi manajemen proyek membatasi jumlah pengguna hingga 10 dan memiliki penyimpanan 1 GB. Versi premium mulai dari $ 10 per bulan untuk lima pengguna dan menawarkan penyimpanan 50GB.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat seluler Android, iOS, dan komputer Windows dan Mac.

5. Flock

  • Peringkat: 4,5 / 5
  • Fitur penting: saluran pesan publik
  • Sangat cocok untuk tim kecil dan menengah

Flock adalah aplikasi obrolan online dan alat kolaborasi tim yang menyediakan pesan obrolan pribadi dan grup 1: 1 tanpa batas.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan tim Anda membuat hingga 10 saluran perpesanan publik. Flock juga memiliki fitur konferensi video bawaan, tetapi jika Anda menggunakan paket gratis, ini hanya tersedia untuk panggilan 1: 1.

Jika tim Anda memiliki lebih dari 20 anggota atau membutuhkan lebih banyak fitur kolaborasi, Anda perlu membeli paket premium. Flock Pro tersedia dengan harga $4,50 per bulan.

6Trello

  • Peringkat: 4,5 / 5
  • Fitur penting: antarmuka pengguna yang intuitif, otomatisasi tugas
  • Sangat cocok untuk: manajemen proyek visual

Sebagai aplikasi manajemen proyek dan alat kolaborasi, Trello adalah salah satu solusi terbaik. Sistem itu sendiri didasarkan pada daftar kartu pekerjaan yang ditempatkan di papan tulis. Fitur seret dan lepasnya menyederhanakan manajemen tugas.

Anda dapat mengundang rekan kerja untuk bergabung dengan forum dengan memasukkan nama pengguna, alamat email, atau tautan undangan Anda. Ada beberapa opsi untuk mengatur izin akses untuk tabel: pribadi, grup, organisasi, dan publik. Anda juga dapat mengubah latar belakang dan warna papan Trello. Kartu Trello dapat diberikan ke anggota tim, diberi label, dan memiliki daftar periksa, tenggat waktu, dan lampiran. Bahkan lebih menarik untuk menambahkan peningkatan kinerja atau add-on seperti Dropbox, Google Drive, Slack, dan banyak lagi.

Dengan Trello versi gratis, manajer proyek dapat membuat hingga 10 tabel per bulan dan mengotomatiskan 50 proses.

Untuk alat tambahan, Anda dapat membeli paket premium seharga $10 per bulan. Trello juga menawarkan aplikasi seluler untuk iOS dan Android.

7Asana

  • Peringkat: 4.4 / 5
  • Fitur penting: otomatisasi, opsi tampilan
  • Sangat cocok untuk: kolaborasi proyek

Asana adalah salah satu aplikasi kolaborasi dan manajemen proyek yang paling banyak digunakan. Alat ini hadir dengan antarmuka yang elegan dan tersedia dalam versi premium namun gratis. Ada juga fungsi drag-and-drop yang membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Anda dapat memilih dari enam opsi untuk melihat kemajuan proyek dan tim Anda: tabel, daftar, garis waktu, proses, formulir, dan kalender untuk membantu Anda mengatur data dengan cepat dan mengidentifikasi potensi masalah.

Dengan Asana Anda dapat membuat aturan otomatis untuk mengoptimalkan proses manajemen bisnis perusahaan Anda. Anda juga dapat membuat daftar periksa standar, seperti untuk orientasi karyawan dan perencanaan acara.

Paket gratis tidak membatasi jumlah proyek, tetapi jumlah anggota hingga 15. Jika Anda memiliki banyak karyawan, belilah keanggotaan premium seharga $10,99 / bulan per pengguna.

8. Wrike

  • Peringkat: 4.2 / 5
  • Fitur penting: integrasi penyimpanan berbasis cloud
  • Yang terbaik: kolaborasi waktu nyata

Wrike adalah aplikasi manajemen proyek yang menyediakan tampilan tabel Kanban dan pembaruan aktivitas secara real time.

Tabel yang disediakan oleh aplikasi memungkinkan Anda untuk menarik dan melepas untuk menyederhanakan proses manajemen tugas. Wrike juga menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive untuk memastikan data Anda selalu aman.

Versi gratisnya memungkinkan hingga 5 pengguna dan memiliki penyimpanan 2GB. Jika Anda ingin bekerja dengan banyak karyawan dan mengakses banyak perangkat, Anda harus meningkatkan ke paket premium mulai dari $9,80 per bulan per pengguna.

Kesimpulan

Tujuan umum alat manajemen proyek, aplikasi manajemen proyek, dan alat kolaborasi adalah untuk meningkatkan efisiensi alur kerja bisnis dan meningkatkan produktivitas. Namun, karena banyaknya pilihan, penting untuk memilih aplikasi peningkatan efisiensi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dua aplikasi yang direkomendasikan untuk manajemen proyek adalah Slack dan Zoom jika Anda memerlukan alat kolaborasi yang menawarkan berbagi layar, obrolan, dan panggilan video.

Untuk manajer proyek, Samepage dan Smartsheet menyertakan kemampuan pelacakan tugas dan proses, jadi tidak ada tugas yang terlewatkan.

Namun, jika Anda membutuhkan layanan yang lebih komprehensif, Anda mungkin dapat menggunakan lebih dari satu alat manajemen proyek. Dengan cara ini, Anda dapat lebih fleksibel dalam mengelola tugas di lain waktu dan ini juga dapat meningkatkan efisiensi komunikasi tim. Misalnya, Slack dan Miro menyediakan integrasi dengan perangkat lain agar alur kerja Anda tetap berjalan lancar.

Jadi jika Anda memiliki pertanyaan atau saran lebih lanjut, jangan ragu untuk berkomentar pada kolom di bawah ini. Semoga beruntung!