4 Instagram Analytics Terbaik 2022

Instagram Analytics Terbaik — Satu miliar orang secara aktif menggunakan Instagram setiap bulan, menjadikannya salah satu media sosial paling populer di dunia. Karena popularitasnya, Instagram menjadi salah satu target pemasaran yang paling potensial bagi para pebisnis. Dalam pemasaran Instagram, kita membutuhkan data untuk menganalisis strategi pemasaran. Alat Instagram Analytics membantu Anda melakukan polling terhadap konten dan profil Instagram Anda. Bagi mereka yang tampak bingung tentang alat Instagram Analytics terbaik, jangan khawatir. Kami telah mengumpulkan rekomendasi untuk alat analisis Instagram terbaik untuk tahun 2022.

Apa Itu Instagram Analytics

Instagram Analytics adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja keseluruhan profil dan konten Instagram Anda. Alat analisis Instagram melacak berbagai metrik dan menampilkannya sebagai data untuk mendukung kebutuhan pengguna.

Instagram Analytics Terbaik
Instagram Analytics Terbaik

Terlepas dari apakah Instagram analytics gratis atau berbayar, alat ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

Mengetahui target audiens

Alat analisis Instagram memungkinkan Anda menemukan data tertentu seperti lokasi, jenis kelamin, usia, dan bahasa. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi audiens target Anda dan memutuskan konten apa yang akan diposting.

Menghemat waktu dan sumber daya

Bagi mereka yang tidak tahu apa yang harus dilakukan saat menjalankan pemasaran Instagram, alat analisis Instagram dapat membantu. Berbagai analitik meminimalkan kesalahan dan menghemat waktu dalam pengembangan Instagram.

Evaluasi strategi pemasaran

Anda dapat menggunakan alat analisis Instagram untuk melihat kemajuan Instagram Anda dari waktu ke waktu. Biasanya, alat ini akan memberi tahu Anda apa yang perlu diperbaiki atau dirawat. Dengan cara ini, Anda dapat mengonfigurasi pengaturan yang tepat agar Instagram Anda berfungsi dengan baik.

Perhatikan bahwa pengguna pribadi Instagram perlu mengubah profil mereka di Instagram Business untuk mengakses fitur Instagram Business. Ini termasuk Instagram Insights, alat analisis bawaan Instagram.

Namun, karena keterbatasan metrik Instagram Insights, Anda dapat menggunakan alat analisis Instagram yang tersedia. Beberapa di antaranya bahkan gratis.

Rekomendasi Tools Instagram Analytics Terbaik

Berikut adalah rekomendasi tools analisis Instagram terbaik untuk mendukung kinerja Anda.

1. Squarelovin

tools social media analytics
tools social media analytics

Tidak mudah untuk mendapatkan tool gratis yang menyediakan layanan lengkap seperti Squarelovin. Squarelovin adalah analisis Instagram gratis yang menyediakan hampir semua informasi yang Anda butuhkan untuk menganalisis kinerja Instagram.

Alat ini menyediakan analisis bulanan instan dari konten dan pertumbuhan akun Anda, dan Anda dapat menentukan peringkat riwayat konten Anda berdasarkan tahun, bulan, hari, atau bahkan sekarang! Untuk lebih jelasnya, analisis bulanan Squarelovin menyajikan berikut ini.

Pertama, bagian tentang jumlah foto yang diposkan dalam sebulan terakhir, filter dan tagar yang paling sering digunakan, ikhtisar dari enam pos terbaru dan sepuluh orang teratas yang menyukai dan mengomentari pos Anda

Kedua, menunjukkan jumlah total komentar / suka yang diposting dalam sebulan terakhir, rata-rata jumlah komentar / suka

Ketiga, menunjukkan peningkatan jumlah pengikut selama sebulan terakhir

Semua informasi yang ditawarkan Squarelovin memudahkan untuk mendapatkan engagement yang lebih baik. Mulai dari insight hingga hal-hal menarik dan favorit bagi followers, hingga rekomendasi postingan terbaik dan terburuk hingga rekomendasi hashtag terbaik.

Kelebihan: gratis untuk Basic

Kekurangan: Analisis bulanan dilakukan hanya satu bulan setelah digunakan

Harga:

  • Dasar: gratis
  • Influencer: $9,90 / bulan
  • Bisnis: $ 14,90 per bulan

2. Pixlee

tools social media analytics
tools social media analytics

Pixlee adalah alat analisis Instagram yang digunakan oleh Levi’s, Kenneth Cole, Sonos, dan merek lainnya. Pixlee menawarkan beragam fitur yang dapat memantau kinerja akun Instagram Anda.

Tools ini memiliki laporan mingguan yang dapat Anda bagikan dengan seluruh tim pemasaran. Ini termasuk statistik dan pelacakan hashtag, pertumbuhan pengikut, dan data yang diperlukan untuk mengidentifikasi entri yang paling menarik. Tools ini juga menganalisis metrik untuk melihat bagaimana Anda dapat meningkatkan keterlibatan akun Anda.

Untuk lebih jelasnya, Pixlee memiliki set fitur yang cukup keren. Misalnya, pelacakan item terkait merek. Fitur ini membantu Anda tetap terhubung dengan percakapan yang melibatkan merek Anda selama periode waktu tertentu. Anda dapat melihat apa yang diposkan orang lain, mengidentifikasi konten terbaik, dan merencanakan strategi Anda untuk beberapa minggu ke depan berdasarkan perilaku pengguna.

Lalu ada posting penggemar paling populer. Widget ini menampilkan foto dan video terpopuler yang diposting oleh pengikut tentang merek Anda. Lalu ada influencer dari merek terbaik. Laporan ini mengidentifikasi apa yang dikatakan influencer tentang merek tersebut Sayangnya, harga Pixlee cukup mahal. Namun, Pixlee menyediakan demo gratis bagi yang ingin mencoba alat ini.

Kelebihan: Integrasi instalasi yang mudah

Kekurangan: Harga berlangganan cukup mahal

Harga:

  • Demo gratis
  • $ 399,00 / bulan

3. Crowdfire

Dengan Crowdfire Instagram Analytics, Anda dapat merencanakan tanggal rilis, melihat kinerja postingan, dan memantau branding.

Alat ini juga memilih konten yang terkait dengan bisnis Anda dari seluruh penjuru internet. Crowdfire akan mengirimi Anda artikel dan gambar yang direkomendasikan dari situs web lain untuk membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran Instagram Anda.

Crowdfire memberikan tampilan mendetail tentang kinerja Anda di Instagram selama periode waktu yang dapat dipilih. Misalnya 90 hari, 30 hari, 7 hari atau kemarin. Anda dapat menyesuaikan waktu hingga 90 hari. Produk ini memungkinkan Anda untuk memilih metrik yang ingin Anda bandingkan, termasuk posting, suka, tampilan profil, pengikut, komentar, dan klik pada pesan teks. Memang, Crowdfire mampu melihat data Instagram dengan cara yang ramah. Ini memudahkan mereka yang tidak terbiasa dengan statistik.

Namun, saat ia menangani beberapa informasi pada saat yang sama, penampilan Crowdfire terlihat membingungkan dan penuh. Butuh waktu bagi pengguna untuk terbiasa dengan antarmuka perangkat ini.

Kelebihan: Saran fitur untuk mengembangkan strategi

Kekurangan: Penglihatan kabur dan lengkap

Harga:

  • Mode percobaan: gratis
  • Plus: $7,48 / bulan
  • Premium: $37,48 / bulan
  • VIP: $74,98 / bulan

4. Minter.io

Tool analisis Instagram ini memberikan analisis yang jelas dan mendalam. Anda bisa mendapatkan data dari berbagai data yang dibutuhkan untuk mengembangkan strategi pemasaran Instagram.

Misalnya, Minter.io dapat mengidentifikasi filter foto dan video terbaik untuk audiens Anda. Identifikasi ini akan mempermudah penentuan input filter kedepannya.

Minter.io juga memungkinkan Anda untuk melacak penyebutan merek dalam deskripsi posting atau komentar di media sosial. Dengan mengintegrasikan berbagai platform Minter.io, Anda dapat langsung menanggapi umpan balik merek. Salah satu fitur hebat Minter.io adalah kemampuan untuk mengekspor data dalam format PDF, XLS, atau .pptx. Selain itu, alat ini memungkinkan Anda menjadwalkan ekspor berbagai metrik dalam rentang tanggal yang diinginkan. Setelah ekspor selesai, data akan secara otomatis dikirim ke alamat email Anda.

Minter.io mulai dari $9 per bulan. Kabar baiknya adalah Minter.io menawarkan uji coba gratis selama 14 hari bagi mereka yang ingin mencoba alat ini.

Kelebihan: Ekspor data ke PDF, XLS, .pptx,

Kekurangan : Proses export data terkadang lambat

Harga:

  • Uji coba gratis selama 14 hari
  • Silver: USD 9 / bulan
  • Gold: $19 / bulan
  • Platinum: $39 / bulan