Ragam Nutrisi Makanan untuk Mengurangi Rambut Rontok

Ragam Nutrisi Makanan untuk Mengurangi Rambut Rontok–Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab kerontokan rambut yang tidak banyak dipikirkan orang adalah gizi buruk? Nah, Anda bisa mengatasi kerusakan rambut ini dengan memperbanyak asupan nutrisi tertentu dalam makanan untuk mengurangi kerontokan rambut.

Makanan untuk rambut rontok, apa saja nutrisinya?

Rambut sehat biasanya membutuhkan 50-100 helai rambut per hari. Jika melebihi jumlah tersebut, Anda bisa mengalami kerontokan rambut yang berlebihan, yang memerlukan penanganan yang cukup berat dan khusus.

Pasalnya, kerontokan rambut yang tidak segera ditangani bisa berujung pada kebotakan permanen. Untungnya, ada banyak cara untuk menyembuhkan rambut rontok dan salah satunya adalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Lantas nutrisi apa saja yang perlu ditambahkan pada makanan untuk mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menyembuhkan rambut rontok?

1. Zat besi

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari kerontokan rambut. Ini karena kekurangan zat besi dikaitkan dengan anemia, yang dapat ditandai dengan kerontokan rambut.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dermatologis praktis dan konseptual. Studi tersebut melaporkan bahwa kadar feritin yang rendah lebih sering terjadi pada wanita yang mengalami kerontokan rambut. Kadar feritin adalah protein yang menunjukkan jumlah total simpanan zat besi dalam tubuh. Meski begitu, para ahli masih mencoba mencari tahu apa hubungannya menyetrika dengan rambut rontok.

Namun, Anda masih harus menemukan zat besi untuk mengurangi kerontokan rambut melalui makanan di bawah ini.

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam
  • Kacang kacangan
  • Daging dan unggas
  • Suplemen zat besi yang direkomendasikan oleh dokter

2. Protein

Selain zat besi, protein juga merupakan nutrisi penting untuk mengurangi kerontokan rambut. Secara umum, kekurangan protein dapat membuat rambut kering dan mudah patah, yang dapat membuat rambut lebih mudah rontok.

Soalnya, protein merupakan nutrisi yang menjadi sumber energi untuk pertumbuhan rambut. Nutrisi yang terdapat pada masakan daging dipercaya dapat memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Berikut adalah berbagai sumber protein yang dapat Anda obati dari dalam ke luar untuk rambut rontok.

  • Daging
  • telur
  • Produk susu
  • Ikan
  • Kacang kacangan

3. Zinc

Seng merupakan mineral penting yang membutuhkan tubuh untuk mengatur sintesis protein dan pembelahan sel, termasuk proses pertumbuhan rambut. Inilah sebabnya mengapa seng merupakan salah satu nutrisi dalam makanan yang dapat menggunakan untuk mengurangi kerontokan rambut.

Kekurangan zinc biasanya terjadi pada orang yang mengikuti diet vegetarian. Ini karena mereka lebih banyak makan kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung fitat. Fitat ini mengikat seng dan menghambat penyerapannya.

Beberapa penelitian melaporkan bahwa orang dengan kadar seng rendah lebih rentan terhadap kerontokan rambut. Namun, suplemen seng oral memperbaiki kondisi mereka dan mengurangi jumlah rambut.

Namun, penelitian lebih lanjut memperlukan untuk melihat efektivitas suplemen ini pada orang sehat yang menderita kerontokan rambut.

4. Vitamin B kompleks

Vitamin B, termasuk biotin (vitamin B7) dan vitamin B6, meyakini sebagai nutrisi penting dalam perawatan rambut rontok. Ini mungkin karena kedua vitamin ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan meremajakan folikel rambut.

Sementara itu, vitamin B5 (asam pantotenat) juga dapat mengurangi kerontokan dan penipisan rambut.

Vitamin B kompleks dapat memperoleh dalam banyak makanan, seperti:

  • alpukat, pisang dan apel,
  • bayam, kangkung, brokoli dan kembang kol,
  • daging dan ikan,
  • juga kenari
  • telur dan produk susu.

Anda juga dapat mengonsumsi 100 mg suplemen vitamin B setiap hari untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Namun, cara ini sebaiknya melakukan dengan saran dari dokter kulit yang Anda kunjungi.

5. Vitamin E

Sumber antioksidan yang terkenal adalah vitamin E. Hal ini karena antioksidan yang mengandungnya dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh.

Kandungan vitamin E sering menggunakan untuk mencegah penuaan kulit, peradangan dan kerusakan akibat sinar matahari. Baru-baru ini, bagaimanapun, fungsi anti-rambut rontok telah memperluas dan meRagam Nutrisi Makanan gubah menjadi rambut sehat.

Penelitian dari Tropical Life Sciences Research membuktikan hal ini. Para ahli menemukan bahwa suplemen vitamin E merangsang pertumbuhan rambut pada orang dengan rambut rontok.

Ini mungkin karena sifat antioksidan yang meRagam Nutrisi Makanan gandungnya membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit kepala, yang merupakan penyebab kerontokan rambut. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin E, Anda bisa menyingkirkan kerontokan rambut.

Ă—