Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad untuk Pemula

Cara Menggunakan Aplikasi Wattpad untuk Pemula–Setiap orang memiliki hobi dan ketertarikan pada bidang tertentu. Jika kamu adalah orang yang suka menulis, Wattpad bisa menjadi platform yang harus kamu coba. Anda bebas menulis dan berbagi dengan pengguna lain melalui Wattpad. Peluang mendapatkan banyak pembaca juga cukup tinggi. Karena Wattpad merupakan platform yang cukup populer dan memiliki jutaan pengguna aktif.

Pantas saja Wattpad melahirkan penulis-penulis baru. Nah, jika tulisan Wattpad kamu mendapat respon yang baik, tidak menutup kemungkinan tulisan kamu akan diterbitkan. Bisa juga dibuat film, mengikuti jejak Dear Nathan, SIN, atau yang lebih baru Dignitate.

Selain menjadi tempat untuk karya tulis Anda, Anda juga bisa menjadi pembaca. Ada ribuan novel di Wattpad yang bisa kamu baca untuk iseng atau sekedar iseng. Kamu juga bisa memilih genre novel yang kamu suka. Namun jika hanya ingin mencoba Wattpad, berikut cara menggunakan Wattpad Pemula yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Akses Wattpad melalui PC atau Smartphone

cara menggunakan aplikasi wattpad
cara menggunakan aplikasi wattpad

Wattpad dapat diakses melalui situs web dan aplikasi. Jika Anda menggunakan smartphone, unduh dan instal aplikasi Wattpad. Namun, jika Anda ingin mengaksesnya dari komputer, klik https://wattpad.com

2. Daftar dan pilih kategori di Wattpad

cara menggunakan aplikasi wattpad
cara menggunakan aplikasi wattpad

Apabila ini kali pertamamu menggunakan Wattpad, maka kamu perlu mendaftar terlebih dahulu, bisa menggunakan akun gmail atau facebook. Selanjutnya kamu bisa memilih kategori di Wattpad, yakni Pembaca atau Penulis. Apabila memilih menjadi komunitas Pembaca, maka kamu bisa bebas membaca banyak tulisan dari para penulis Wattpad maupun novel-novel yang disediakan. Sedangkan jika kamu memilih kategori Penulis, maka kamu bisa mempublikasikan tulisanmu pada para pembaca.

3. Pembaca di Wattpad

Ketika Anda bergabung sebagai pembaca, Anda dapat langsung masuk ke menu Discover dan memilih genre yang Anda inginkan, mulai dari petualangan, romansa, aksi, dan lainnya. Kamu juga bisa melihat novel apa saja yang dikumpulkan di Wattpad. Jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda cari dan baca, tulis di kolom Search. Wattpad juga menawarkan rekomendasi bacaan yang kamu suka. Kemudian klik tombol Baca untuk mulai membaca. Daftar bacaan Anda akan ada di Perpustakaan.

4. Penulis di Wattpad

Untuk menulis di Wattpad, klik “Buat Cerita Baru” lalu “Edit Cerita Lain” untuk mengeditnya. Jika Anda menggunakan ponsel cerdas, klik ikon pensil di bagian bawah layar. Anda kemudian akan diarahkan ke kolom yang Anda ketik. Jadi pastikan Anda memilih genre yang sesuai dengan cerita Anda. Ini penting untuk menjaga audiens target Anda jelas dan relevan. Nah, mulailah dengan mendeskripsikan judul, deskripsi dan deskripsi cover. Pastikan Anda menggambarkan cerita Anda dengan cara yang paling menarik untuk menarik minat pembaca.

5. Gabung dan aktif di komunitas

Sebagai permulaan, ada baiknya bergabung dengan komunitas pembaca dan penulis di Wattpad. Cobalah untuk aktif, karena di sana Anda dapat memperoleh banyak pengetahuan baru. Mereka bisa saling membantu dan mendiskusikan bacaan favorit Anda. Dengan berinteraksi dengan orang-orang dengan minat yang sama, Anda dapat bersenang-senang dan betah di komunitas.

6. Tips agar tulisanmu di Wattpad banyak dibaca

Nah, setelah kamu terbiasa menggunakan wattpad, kamu pasti ingin tulisanmu mendapat banyak pembaca bukan? Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

– Buatlah judul yang jelas dan mudah diingat. Beberapa orang memilih judul yang terkadang terlihat bagus dan panjang. Sebenarnya ini tidak masalah, tapi sebaiknya pilih judul yang jelas dan mencerminkan cerita Anda. Dengan begitu, pembaca juga akan mudah mengingatnya

– Dapatkan banyak pengikut dengan membagikan kiriman Anda di media sosial. Tidak mudah untuk mendapatkan pengikut dalam waktu singkat, tetapi Anda tidak bisa berhenti berusaha. Cobalah rajin membagikan akun Wattpad Anda dengan postingan media sosial Anda.

– Berikan umpan balik aktif kepada pengguna lain. Jika Anda ingin tulisan Anda mendapat umpan balik dari pembaca, cobalah memberikan umpan balik kepada penulis lain juga. Siapa tahu, penulis juga akan membaca cerita Anda dan mendatangkan pembaca lainnya.

– Penulisan yang konsisten. Penting juga untuk menunjukkan secara serius di Wattpad bahwa Anda adalah seorang penulis. Yang udah baca jangan kecewa karena nunggu part selanjutnya terlalu lama.

Ini adalah tips agar tulisan Wattpad kamu membaca banyak orang. Beberapa poin di atas merangkum berdasarkan saran dari para penulis Wattpad yang telah berhasil menerbitkan bukunya. Semoga membantu!

√ó