Cara Cek IP Komputer dan Handphone

Cara Cek IP Komputer dan Handphone — Setiap perangkat yang terhubung ke internet, baik itu komputer, laptop, tablet, Android dan sejenisnya, harus memiliki alamat IP. Alamat IP (IP) setiap perangkat berbeda; alamat IP tidak dapat digunakan oleh 2 perangkat atau lebih secara bersamaan. Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui IP address atau IP address masing-masing perangkat, namun saat Anda membutuhkannya pasti bingung bagaimana cara mengecek IP address tersebut?

Alamat IP biasanya terdiri dari empat kelompok angka yang dipisahkan oleh titik, di mana setiap kelompok dapat berisi satu hingga tiga angka. Sekarang kita akan membahas pengertian IP address, jenis IP address, dan pengecekan nomor IP address untuk lebih jelasnya. Berikut pembahasannya:

Pengertian IP Address

Alamat IP adalah pengidentifikasi numerik yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain. Angka-angka dalam alamat IP adalah kode biner yang telah diterjemahkan ke dalam angka agar lebih mudah dibaca.

Menurut Wikipedia, alamat IP adalah serangkaian angka biner mulai dari 32 hingga 128 bit dan berfungsi sebagai alamat pengenal untuk perangkat apa pun yang terhubung ke Internet. Alamat IP ini seperti nomor rumah, jadi tidak semua IP dengan alamat IP lain bisa sama.

Berdasarkan alamat IP penerima dalam proses pengiriman ke jaringan. Sebuah alamat IP terdiri dari dua bagian yang berbeda, yaitu alamat jaringan (network address) dan alamat komputer (host address).

Cara Cek IP Komputer dan Handphone
Cara Cek IP Komputer dan Handphone

Jenis IP Address

Ada banyak jenis alamat IP saat ini, jadi Anda tidak perlu bingung memeriksa IP termasuk jenis jenis IP, berikut adalah jenis-jenis alamat IP:

  • IP Address Publik

Jenis alamat IP yang pertama adalah IP, yang banyak digunakan oleh komputer yang terhubung ke internet publik.

  • IP Address Private

Alamat IP pribadi, juga dikenal sebagai alamat IP lokal, adalah alamat IP yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi komputer yang terhubung ke jaringan tertutup atau lokal. Misalnya pada jaringan lokal di kantor, di gedung, dan lain sebagainya.

  • IP Address Dinamis

Alamat IP selalu berubah tergantung pada internet publik. Perangkat yang menyediakan alamat IP untuk semua pengguna disebut Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).

  • IP Address Statis

Alamat IP statis atau tidak terlihat adalah kebalikan dari alamat IP dinamis. Jenis koreksi alamat IP ini hanya dapat diubah jika Anda mengubahnya secara manual di menu pengaturan.

  • IP Address Versi 4 (IPv4)

IP versi 4 merupakan IP yang paling banyak digunakan saat ini. IP ini terdiri dari 4 grup yang dapat menampung hingga 4.228.250.625 host yang terhubung.

  • IP Address Versi 6 (IPv6)

Sekarang jenis alamat IP terakhir adalah alamat IP 6. Ini adalah versi IPv4 yang lebih besar yang dapat menampung hingga 3,4 triliun host yang terhubung.

Cek IP Komputer

Setelah mengetahui penjelasan dan jenis-jenis IP address, kini Anda bisa melakukan pengecekan IP pada komputer yang Anda gunakan. Ada beberapa cara mudah untuk menggunakannya, berikut pembahasannya:

  • Melalui Command Prompt

cek ip komputer
cek ip komputer

Periksa alamat IP pertama menggunakan baris perintah. Caranya cukup sederhana, buka command prompt, jika belum tahu buka menu Search dan ketik “cmd”. Jika benar, dialog prompt perintah akan muncul, ketik saja “ipconfig” dan masukkan. Anda akan melihat informasi rinci tentang alamat IP yang Anda gunakan selanjutnya.

  • Melalui Network Dan Internet Setting

Jika Anda menggunakan laptop, klik ikon Wi-Fi di pojok bawah. Ketika jendela pop-up muncul, pilih Properties.

cek ip komputer
cek ip komputer

Jika benar maka akan muncul dashboard wifi, scroll ke bawah dan temukan alamat IP yang Anda gunakan.

  • Melalui Control Panel

Periksa nomor IP komputer ketiga melalui Panel Kontrol Windows. Caranya klik menu Start dan pilih Control Panel. Jika Control Panel Control Panel muncul, pilih Network and Internet. Pilih Jaringan dan Pusat Berbagi.

Kemudian pilih jaringan WiFi yang saat ini terhubung ke laptop Anda. Setelah dasbor status WiFi muncul, pilih detailnya dan temukan alamat IP yang Anda gunakan.

  • Melalui Website

Nah langkah terakhir adalah menggunakan website, syaratnya harus terkoneksi dengan internet. Buka browser yang Anda gunakan dan masukkan “periksa ip saya”. Alamat IP yang digunakan di komputer akan ditampilkan nanti. Berikut ini contohnya:

Cek IP HP Android

Selain memeriksa IP dengan komputer Anda, Anda juga dapat mengetahui alamat IP dari ponsel Android yang Anda gunakan. Bagaimana? Lihat pembahasan di bawah ini:

  • Melalui Setting Wi-Fi

Bagi mereka yang menggunakan ponsel Android, mudah untuk memverifikasi alamat IP HP mereka. Pertama, buka menu Pengaturan> Koneksi> WiFi dan pilih jaringan tempat Anda terhubung saat ini. Kemudian klik pada jaringan dan alamat IP akan ditampilkan.

  • Menggunakan Aplikasi

Cara memeriksa alamat IP Android kedua menggunakan aplikasi Anda harus mengunduh aplikasi yang Anda gunakan terlebih dahulu. Temukan nama aplikasi “Alamat IP Saya”. Ada banyak aplikasi untuk memeriksa alamat IP di Google Play, silakan pilih salah satu dan coba gunakan.

  • Menggunakan Website

Sekarang yang terakhir adalah menggunakan situs web, seperti memeriksa alamat IP di komputer Anda. Cukup buka browser Anda dan masukkan “periksa ip saya” dan alamat IP yang Anda gunakan akan ditampilkan.

Nah itulah pembahasan mengenai cara cek ip di komputer dan handphone yang paling mudah, selain kedua cara diatas anda bisa menggunakan cara di atas untuk cek ip address printer yang anda gunakan. Jika ada cara lain yang lebih simpel dan sederhana, silahkan tambahkan pada kotak komentar di bawah.