8 Tool Gratis untuk Cek Kecepatan Website

Tool Gratis untuk Cek Kecepatan Website — Pemuatan situs web yang lambat adalah sesuatu yang dihindari oleh sebagian besar pemilik situs web. Tidak hanya peringkat situs yang akan terpengaruh, tetapi juga kepuasan pengunjung. Oleh karena itu, Anda harus selalu memeriksa kecepatan situs Anda dengan memantau dan mengoptimalkan kinerjanya secara keseluruhan. Ada banyak alat gratis yang tersedia untuk menguji kecepatan blog atau situs web Anda. Dengan tool ini Anda bisa mengetahui seberapa cepat kecepatan loading, serta hal-hal apa saja yang masih kurang dan perlu ditingkatkan.

Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang 20 alat gratis untuk mengontrol kecepatan memuat situs Anda. Kami juga menjelaskan beberapa alasan mengapa waktu pemuatan merupakan faktor penting dan kunci dalam kinerja situs Anda.

Mengapa Kecepatan Penting Bagi Website?

Anda sering harus membuka beberapa website bukan? Bagaimana rasanya memiliki website atau website dengan waktu loading lebih dari lima detik? Apakah Anda bersedia menunggu situs web dimuat dengan sempurna? Jika demikian, Anda harus menjadi orang yang sangat sabar.

Tool Gratis untuk Cek Kecepatan Website
Tool Gratis untuk Cek Kecepatan Website

Menurut data yang dimiliki Kissmetrics, 40% pengunjung meninggalkan situs web jika waktu pemuatan melebihi tiga detik. Jika demikian, apakah Anda masih ingin situs yang memuat lambat? Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa waktu pemuatan sangat penting untuk sebuah situs:

  • Mempengaruhi Peringkat Mesin Pencari (SERP) – Mesin pencari, seperti Google, mengumpulkan data dari hasil pencarian dalam waktu yang sangat singkat. Jika halaman di situs Anda tidak terbuka sempurna dalam waktu singkat, posisi Anda akan berada di bawah halaman pertama Google, atau bahkan mungkin tidak muncul di halaman pertama.
  • Dampak pada Lalu Lintas Situs – Seperti yang disebutkan, 40% orang meninggalkan situs yang memuat lebih dari tiga detik. Akibatnya, Anda kehilangan pengunjung (atau bahkan calon pelanggan).
  • Dampak pada SEO – Reputasi harus dijaga. Pemuatan situs yang berkepanjangan memengaruhi pengalaman pengguna mesin pencari.

Sebagai pemilik website, Anda dituntut untuk memantau dan menjaga performa website demi kepuasan pengunjung. Salah satu caranya adalah dengan rutin memeriksa kecepatan situs Anda dengan alat Uji Kecepatan Situs. Jika Anda ingin mempelajari tentang pengoptimalan situs, baca salah satu tutorial kami.

8 Tool Gratis untuk Cek Kecepatan Website

Dari sekian banyak tool yang ada, kami telah merangkum tool gratis dan terbaik untuk mengecek kecepatan website.

1. GTmetrix

website tester
website tester

Saat memeriksa kecepatan situs Anda, GTmetrix selalu ada dalam daftar. Alat ini dilengkapi dengan sejumlah fitur hebat untuk membantu Anda memantau dan mengoptimalkan kinerja situs Anda.

Tes kecepatan web dapat dijalankan dari berbagai lokasi, dan hasilnya adalah ringkasan metrik yang menjelaskan kinerja situs Anda. Semua ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

Anda juga dapat menjalankan tes koneksi yang lambat. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui kinerja situs Anda saat memuat pada kecepatan koneksi yang berbeda.

2. WebPagetest

website tester
website tester

Dengan WebPagetest, Anda dapat menguji kecepatan web secara gratis dari mana saja di dunia melalui Internet Explorer dan Chrome.

Beberapa fitur hebatnya adalah pengujian transaksi multi-langkah, perekaman video, dan pemblokiran konten.

Hasil pemeriksaan kecepatan situs dengan WebPagest ditampilkan dalam bentuk grafik pemuatan sumber daya, pemeriksaan pengoptimalan kecepatan halaman, dan tip untuk mempercepat situs Anda.

3. Google PageSpeed Insights

Alat pengujian kecepatan halaman ini dikembangkan oleh Google. Oleh karena itu, analisis metrik UX didasarkan pada kinerja situs dalam laporan Chrome UX, baik di perangkat seluler maupun komputer.

Ada dua jenis data, yaitu data sistem (data laboratorium) dan data lapangan. Data sistem terkait dengan kinerja situs, sedangkan data lapangan lebih banyak tentang pengalaman real-time pengunjung situs.

Pemantau kecepatan situs ini sering digunakan oleh usaha kecil menengah dan pemilik situs web yang ingin mengelola kinerja situs mereka dengan mudah.

4. Site Speed (Google Analytics)

Sebagai bagian dari Google Analytics, Kecepatan Situs Web mengevaluasi kinerja web berdasarkan tiga kriteria, yaitu waktu buka halaman, kecepatan (misalnya kecepatan memuat gambar, waktu respons, dll.) dan waktu analisis.

Hasil blog dan tes kecepatan situs melalui kecepatan situs web juga tercermin dalam laporan analitik, kinerja sumber daya, dan tip pengoptimalan setiap situs web.

5. Google Test My Site

Penggunaan perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet, semakin meluas. Hal ini menandakan bahwa website versi mobile juga perlu dioptimalkan. Bukan hanya situs versi desktop.

Selain memantau kecepatan pemuatan situs Anda, Google Uji Situs Saya mengevaluasi tolok ukur pesaing Anda dan memberikan laporan serta kiat untuk meningkatkan kinerja situs Anda.

6. YSlow

YSlow adalah alat pemantau kecepatan situs web sumber terbuka dan gratis. Analisis yang dilakukan oleh alat ini dilakukan oleh Yahoo! Hal ini didasarkan pada 23 aturan. (dari total 34 aturan) mengenai kualitas kinerja situs web. Untuk browser web, plugin YSlow tersedia dalam format. Untuk server Node.js dan PhantomJS, alat ini hadir dalam bentuk skrip baris perintah.

YSlow adalah perangkat lunak default untuk Firefox. Kemudian web browser ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tentang komponen halaman melalui Firebug Net Panel.

7. Pingdom

Selain menganalisis kinerja situs secara keseluruhan, Pingdom juga memantau waktu henti.

Pemeriksa kecepatan web ini dapat digunakan untuk menguji halaman web dari 70 posisi. Anda akan menerima laporan nanti dalam bentuk wawasan tentang kinerja internet dan faktor-faktor yang memperlambat kecepatan halaman situs Anda.

Jika Anda menginginkan lebih banyak fleksibilitas dalam melacak situs Anda, Anda perlu mendaftar untuk paket berbayar yang disediakan oleh Pingdom. Paket ini menawarkan berbagai fitur dan layanan, seperti pemantauan uptime, pemantauan kecepatan halaman, pemantauan transaksi, wawasan pengunjung, dan pemantauan server. Jika terjadi masalah, fungsi alarm akan segera memberi tahu Anda.

8. KeyCDN Website Speed Test

website tester
website tester

KeyCDN adalah alat pemantau kecepatan situs yang dikenal sangat praktis dan mudah digunakan. Anda dapat menguji kecepatan blog dan situs web Anda dari 14 tempat berbeda.

Selain pengujian kecepatan halaman penuh dan pemindaian berbasis geolokasi, KeyCDN juga mengaktifkan penguji serangan SSL FREAK untuk memastikan keamanan SSL/TLS situs.

Kesimpulan

Kinerja situs web merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik situs web. Tidak semua pengunjung web mau bersabar dan menunggu situs terbuka dengan sempurna. Oleh karena itu, sangat perlu untuk menjaga kualitas waktu pemuatan, karena ini sangat mempengaruhi pengalaman pengguna.

Waktu pemuatan yang lambat juga memengaruhi peringkat situs web di SERP (mesin pencari) dan jumlah lalu lintas. Anda pasti tidak ingin semuanya terjadi di situs Anda, bukan?

Meskipun ada banyak alat pengujian kecepatan halaman yang tersebar di seluruh web, pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda mencari kemudahan penggunaan, Google menawarkan sejumlah alat pemantau kecepatan situs, seperti Wawasan PageSpeed ​​dan Uji Situs Saya. Kedua perangkat gratis dan disertakan dalam Google Chrome secara default. Setiap orang memiliki akses langsung.

Jika Anda memiliki banyak gambar di situs Anda, Anda dapat menggunakan alat analisis gambar untuk memeriksa kualitas dan resolusi gambar. Ini akan mengurangi waktu pemuatan.

Pingdom dan Monitis adalah solusi untuk opsi pelacakan pengujian tambahan dan metode pengoptimalan. Kedua monitor kecepatan di tempat ini banyak digunakan oleh perusahaan terkemuka. Selain memeriksa kinerja situs, Pingdom dan Monitis juga menemukan penyebab lambatnya situs.

Jadi, Tool Gratis untuk Cek Kecepatan Website mana yang Anda pilih? Jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.