10 Tips Menggunakan WordPress Bagi Pemula

Tips Menggunakan WordPress Bagi Pemula — WordPress adalah alat yang hebat untuk blogger pemula. Sangat mudah untuk menginstal dan menyediakan cara mudah untuk mempublikasikan konten secara instan. Platform blogging paling populer di dunia telah menjadi sistem manajemen konten (CMS) paling populer dalam lebih dari 10 tahun pengembangan. WordPress bisa dibilang platform paling populer untuk membangun situs web pada tahun 2022. Lebih dari 43% situs web menggunakan WordPress karena kemudahan penggunaan, fleksibilitas, keterjangkauan, kekuatan inti, dan banyak fitur lainnya.

Bantu kami dengan dasar-dasar menyiapkan dan menjalankan situs Anda. Artikel ini menunjukkan kepada Anda tips WordPress terbaik dan cara memulai dengan halaman dan postingan Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi ragu saat menggunakan WordPress untuk meluncurkan situs web Anda.

Mengenal Apa Itu WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten gratis yang digunakan untuk membuat dan memelihara situs web. Kemudahan penggunaan dan fitur bloggingnya yang unik menjadikannya alat blogging paling populer di web. WordPress menyediakan antarmuka pengguna berbasis web untuk merancang, menerbitkan, dan memperbarui situs web. Alih-alih menulis HTML, Anda cukup memilih salah satu dari banyak templat atau tema situs berbeda yang memiliki desain bagus. Anda kemudian dapat mengubah tata letak dan membuat bilah navigasi khusus. Setelah tata letak situs Anda selesai, Anda dapat menggunakan antarmuka online WordPress untuk membuat halaman khusus. Setiap halaman dapat berisi teks berformat, tautan, gambar, dan media lainnya. Anda dapat mempublikasikan halaman web lengkap atau pembaruan blog hanya dengan mengklik tombol Publikasikan.

Tips Menggunakan WordPress Bagi Pemula
Tips Menggunakan WordPress Bagi Pemula

Antarmuka WordPress memudahkan siapa saja yang tidak memiliki pengalaman pengembangan web untuk membuat dan menerbitkan situs web. Alat blogging terintegrasi ini menyediakan cara mudah untuk melacak setiap posting, pengunjung, dan komentar pengguna. Jika fitur bawaan WordPress tidak cukup untuk kebutuhan Anda, Anda dapat menginstal berbagai ekstensi yang menyediakan fungsionalitas tambahan. Contohnya termasuk tombol media sosial, galeri gambar, dan alat forum web.

Meskipun ada ribuan template dan plugin WordPress yang tersedia, WordPress tetap memiliki keterbatasan. Karena ini adalah layanan berbasis template, ada baiknya untuk memulai dengan halaman web default daripada membuat halaman dari awal. Selain itu, Anda tidak dapat membuat skrip atau mengelola database dengan tingkat kontrol yang ditawarkan oleh situs web individual. Oleh karena itu, sebagian besar perusahaan dan organisasi besar terus menggunakan situs web yang dikodekan secara manual atau mengembangkannya dengan editor WYSIWYG seperti Dreamweaver.

Namun, bagi banyak orang, WordPress menawarkan sistem blogging gratis dan nyaman yang hebat. Tidak ada biaya untuk mendaftar ke WordPress atau menggunakan layanan ini. Misalnya, memposting situs web atau blog khusus di domain wordpress.com gratis; nama-kustom.wordpress.com. Namun, jika Anda menginginkan alamat situs web khusus atau memerlukan fitur tambahan, seperti lebih banyak ruang disk atau tema premium, WordPress menawarkan layanan premium dan bisnis dengan biaya tahunan.

10 Tips Terbaik wordpress developers 2022 Bagi Pengguna Pemula

Berikut adalah 10 tips wordpress developers terbaik tahun ini bagi mereka yang merupakan pengguna yang tidak berpengalaman dan ingin menghasilkan lalu lintas melalui situs web mereka.

  • Dapatkan nama domain

Sebelum Anda mempelajari cara membuat situs WordPress pemula, Anda memerlukan nama domain untuk situs Anda. Jika Anda tidak tahu, nama domain pada dasarnya adalah alamat situs web Anda di Internet. Bantu pengguna Internet menemukan situs Anda di Internet. Saat Anda membuka google.com di browser, Google menggunakan nama domain Anda untuk menelusuri situs. Jika Anda belum mengetahui informasi domain, Anda dapat mengunjungi halaman berlangganan domain IdCloudHost.

  • Mendapatkan web hosting

Sekarang setelah Anda menyiapkan nama domain, Anda dapat melanjutkan ke langkah kedua, yaitu hosting web. Jika nama domain seperti alamat situs web, hosting adalah tempat situs itu sebenarnya. Pada dasarnya, web host adalah repositori yang menyimpan semua file di situs Anda. Setelah disimpan, pengunjung dapat mengakses situs Anda. Oleh karena itu, memilih web host yang baik adalah langkah yang sangat penting dalam membuat situs WordPress. Kabar baiknya adalah IdCloudHost menyediakan hosting khusus untuk WordPress dengan harga yang terjangkau.

  • Dapatkan informasi tentang plugin WordPress

Plugin WordPress dilihat sebagai solusi terpisah dari WordPress yang membantu Anda mendesain situs WordPress Anda terlebih dahulu. WordPress.org berisi 58.164 plugin gratis dan profesional di perpustakaannya menurut wiki WordPress terbaru. Selain itu, banyak vendor pihak ketiga membuat plugin premium yang membantu Anda membangun situs web lebih cepat di WordPress. Cari dan pelajari tutorial WordPress untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang memenuhi harapan Anda.

  • Instal WordPress di akun hosting

Setelah mengatur nama domain dan hosting, Anda akhirnya dapat mulai menginstal perangkat lunak WordPress. Ini adalah langkah utama dalam membuat situs WordPress. Jika Anda bertanya-tanya apakah ini langkah yang sulit, jangan khawatir. Jika Anda memilih layanan hosting seperti IdCloudHost, semuanya sangat sederhana.

  • Pelajari semua informasi tentang tema WordPress

Tema adalah fondasi yang Anda butuhkan untuk mendesain situs WordPress. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan tampilan situs Anda dengan sedikit perubahan. Seperti yang sudah Anda ketahui tentang plugin, ribuan tema tersedia dalam versi gratis, profesional, atau profesional saja dari penyedia solusi WordPress eksternal. Anda dapat dengan mudah mendapatkan tema-tema ini di repositori WordPress Anda. Anda dapat mengubah tampilan situs Anda sesuka Anda. Tidak ada pengkodean. Juga, jika Anda perlu mengubah apa pun pada tema WordPress Anda kapan saja, Anda dapat menggunakan tema utama atau menambahkan kode apa pun sebelumnya jika Anda merasa perlu.

  • Menambah pengetahuan tentang WordPress di WPDeveloper

WPDeveloper adalah organisasi berbasis produk WordPress yang terkenal dan populer. Pertimbangan utama mereka adalah untuk mengembangkan basis pengguna WordPress yang besar yang menawarkan solusi WordPress yang lengkap dan efektif. Anda dapat menemukan dokumentasi terperinci atau blog tentang topik teknis WordPress atau masalah dasar apa pun. Anda dapat membacanya dan, sebagai pemula, mencari tahu dari mana harus memulai, dan ini sepenuhnya gratis.

  • Instal plugin SEO

SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk keberhasilan situs web apa pun. Tanpa SEO, situs Anda tidak akan mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian dan tidak ideal untuk menumbuhkan audiens Anda. Kecuali Anda benar-benar paham teknologi, dan bahkan jika Anda melakukannya, Anda mungkin masih memerlukan bantuan plugin SEO. Memasang plugin SEO dapat membuat hidup Anda lebih mudah dan membuat situs Anda lebih efektif. Plugin ini menganalisis konten dan kata kunci Anda serta mengelola semua materi teknis, seperti peta situs dan robots.txt.

  • Instal Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang terkenal untuk melacak kinerja, mencatat data, dan memberikan wawasan tentang cara orang berinteraksi dengan situs Anda. Ini menjadikannya alat yang berharga untuk mengukur keberhasilan situs web Anda. Cara terbaik dan termudah untuk menginstal Google Analytics adalah dengan plugin MonsterInsights. Baik Google Analytics dan MonsterInsights hadir dengan versi gratis. Anda akan memerlukan kode pelacakan yang Anda terima saat membuat akun Google Analytics dan MonsterInsights akan memandu Anda melalui proses instalasi.

  • Kompres gambar

Kompres gambar atau kurangi ukuran file, bantu situs Anda berjalan lebih cepat dan hemat ruang penyimpanan yang berharga. Kecepatan situs yang tinggi sangat penting untuk menjalankan situs Anda. Mempercepat waktu pemuatan dapat berdampak besar pada situs, dan pengunjung serta mesin pencari sama-sama menyukai situs yang memuat cepat. Karena itu, Anda harus selalu mengompres gambar dan video Anda. Ada beberapa alat online yang dapat Anda gunakan untuk mengompresi gambar Anda secara gratis, seperti Kraken.io, ImageResize, dan Optimizilla. Yang harus Anda lakukan adalah mengunggah gambar yang ingin Anda kompres dan kemudian mengunduh versi final setelah pengoptimalan. Cepat, mudah, dan Anda bahkan tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun.

  • Tetap diperbaharui

Anda mungkin pernah mendengar tentang pembaruan WordPress. Pembaruan perangkat lunak reguler dapat melindungi platform Anda. Pembaruan kecil terjadi kira-kira setiap dua minggu, sementara pembaruan yang lebih besar terjadi kira-kira sebulan sekali. Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang pembaruan kecil karena WordPress hanya membuat dan memperbaiki bug kecil. Tetapi Anda harus memeriksa pembaruan secara teratur untuk memastikan Anda tidak melewatkan sesuatu yang baru.

Jika tidak, situs Anda mungkin ketinggalan zaman dan rentan terhadap kesalahan yang salah. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka dasbor WordPress, yang memberi tahu Anda jika Anda perlu memperbarui plugin, tema, atau versi WordPress Anda. Akan ada tombol “Perbarui Sekarang” yang berguna untuk menjaga semuanya tetap bagus dan sederhana. Tapi selalu buat cadangan situs Anda sebelum memperbarui.

 

Demikian artikel tentnag 10 Tips Menggunakan WordPress Bagi Pemula, semoga bermanfaat ya gaiss!!